Peran Enterpreneur Ditengah Covid-19 Menurut Himapindo

0
Peran Enterpreneur Ditengah Covid-19 Menurut Himapindo
Ilustrasi Penasehat Himapindo via hariansinggalang.co.id

KabarUang.com, Jakarta – Dewan Penasihat Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia (Himapindo) Rokhmin Dahuri mengatakan bahwa ada tiga peran yang dipegang oleh seorang enterpreneur dalam menjaga roda perekonomian di masa Covid-19.

Ternyata enterpreneur memiliki tiga peran dalam menjaga roda perekonomian Indonesia di masa pandemi ini. Hal ini disampaikan langsung oleh Dewan Penasihat Himpunan Mahasiswa Muda Indonesia dalam diskusi daring di Jakarta.

Peran enterpreneur dalam menjaga roda perekonomian dimasa Covid-19

Peran yang pertama yakni seorang enterpreneur haruslah menjadi bisnisnya sendiri. Hal ini agar tidak ada karyawan yang harus di PHK.

“Pertama, memperhatikan unit bisnisnya masing-masing supaya tidak mem-PHK karyawannya dan tidak gulung tikar,”ungkapnya Rohkman Dahuri, dilansir antaranews.com.

Baca Juga  Jangan Sepelekan, ini 3 Keuntungan Menggunakan Digital Marketing Dalam Perusahaan

Lanjutnya, yang kedua yakni mengembangkan usaha (bisnis) di sektor-sektor yang dibutuhkan selama pandemi ini berlangsung. Diantaranya yakni seperti sektor pertanian, perikanan, food processing and packaging, kesehatan, ICT (Information and communication technology) and e-commerce.

Lalu, peran yang terakhir yakni berperan untuk ikut aktif memrangi Covid-19 bersama pemerintah. Bukan hanya kontribusi secara finansial tetapi juga pikiran serta networking.

“Dan terakhir, berdonasi. Tidak hanya uang saja, dalam arti pikiran dan networking untuk membantu pemerintah menangani Covid-19,”lanjutnya.

Ia menambahkan bahwa enterpreneur juga memiliki kontribusi yang cukup besar, yakni 80 persen terhadap pergerakan ekonomi nasional, sisalnya dikontribusi oleh pemerintah melalui APBN.

Baca Juga  Bos BTN Yakin Pada Semester II-2019 Lahan Subur Bagi Properti

“Di seluruh dunia yang namanya state budget atau APBN itu minium 20 persen ekonomi negara itu atau PDB. APBN kita pada 2020 sebesar Rp 2.600 triliun kalau tidak ada Covid-19, sementara PDB kita sekitar Rp 19.000 triliun, artinya pergerakan ekonomi negara digerakkan oleh pemerintah rata-rata sekitar 20 persen,”jelasnya.

Maka dari itu, dia mengatakan, enterpreneur harus memiliki sikap optimis. Hal ini karena enterpreneur sejati pasti akan melihat peluang.

“Di masa Covid-19, ada sektor yang menjadi pecundang atau kalah, ada juga sektor yang menjadi pemenang, yakni agrikultur yang mencakup perkebunan, perikanan, peternakan, semua yang berujung hayati. Lalu sektor kesehatan, e-commerce, ICT, makanan dan minuman,”ungkapnya.

Baca Juga  Dua BUMN Perusahaan Pelat Merah, Berburu Untuk Dapatkan LPH

Untuk itu, enterpreneur sejati akan membuka usaha di sektor-sektor yang paling dibutuhkan selama pandemi berlangsung. Inilah yang nantinya bisa menyelamatkan perekonomian Indonesia. Sehingga, roda perekonomian masih bisa berputar meski sedikit lambat.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here