Trade Expo Indonesia 2020 Resmi Ditunda Kemendag

0

KabarUang.com, Jakarta – Trade Expo Indonesia (TEI) ke 35 tahun 2020 resmi ditunda oleh Kementrian Perdagangan (Kemendag). Hal ini dilakukan berdasarkan arahan langsung dari Pak Presiden untuk menunda pagelaran TEI demi memutus rantai penyebaran virus Covid-19 yang saat ini menjadi pandemi.

Ilustrasi via Sinar Harapan

Menurut Agus, kebijakan untuk menunda penyelenggaraan TEI tahun ini dilakukan karena mempertimbangkan penyebaran Covid-19 yang semakin meluas. Selain itu juga demi melindungi kesehatan masyarakat Indonesia.

Dengan ini, Kemendag pun menyampaikan permohoan maaf sekaligus rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang memaklumi keputusan ini.

“Kami memohon maaf dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan (skateholder) terkait yaitu Kementrian/Lembaga, Pemerintah Daerah, perwakilan RI di luar negeri, para pelaku usaha, asosiasi, usaha kecil menengah (UKM) dan rekan-rekan media. Kami harap dapat memaklumi keputusan penundaan ini demi kesehatan dan keselamatan semua pihak,”lanjutnya.

Baca Juga  Jelang New Normal, Ini SOP Protokol Kesehatan di Tempat Keramaian

Sebelumnya, penyelenggaraan TEI ke-35 ini direncanakan akan diadakan pada tanggal 30 September hingga 4 Oktober 2020 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Banten.

Dimana TEI ini akan menampilkan berbagai potensi sumber daya terbaik yang ada di alam nusantara Indonesia. Ajang ini juga dijadikan sebagai ajang menampilkan wajah asli Indonesia ke kancah Internasional.

Bukan hanya pameran, TEI ke 35 yang ditunda ini juga mengadakan Trade, Tourism and Investment (TTI) Forum; diskusi regional; gelar wicara; konsultasi bisnis, penjajakan kesmepatan dagang (bussiness matching); forum bisnis terpadu, misi dagang, help desk serta berbagai aktivitas bisnis lainnya.

Baca Juga  Harga Gula Putih Masih Naik, Jokowi Geram!

Meski kegiatan yang diadakan oleh Kementrian Perdagangan bersama PT Debindomulti Adhiswasti ditunda sementara akibat pandemi, saat ini Kemendag belum menentukan tanggal baru untuk melaksanakan TEI ke-35.

Saat ini, Kemendag pun hanya ingin berfokus pada apa yang tengah terjadi. Penundaan kegiatan ini juga dilakukan demi menghemat anggaran yang ada.

“Diutamakan kegiatan yang manfaatnya dapat langsung diterima tenaga medis yang berada di garda terdepan dalam penanganan pandemi COVID-19 dan melindungimasyarakat. Serta program yang digunakan untuk pedagang pasar serta usaha kecil menengah (UMKM) sehingga dapat tetap berusaha dan bangkit dari keterpurukan ini,”tutupnya.

Baca Juga  Jepang Mulai Buka Bioskop Setelah Sekian Lama Tutup Karena Pademi Covid-19

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here