Kenapa Mengatur Emosi Itu Penting? Begini Caranya!

0

KabarUang.com, Jakarta – Perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya emosi itu tidak bisa kita ubah atau kita atur karena sifatnya otomatis. Tapi, kita harus memutuskan untuk mengontrol perilaku kita.

Karena apa, agar hal yang kamu lakukan tidak berdampak negatif dan emosi yang kamu rasakan bisa kamu tangani dengan baik. Inilah yang dinamakan dengan regulasi emosi. Mengontrol diri untuk melakukan tindakan yang baik untuk kamu dan tidak terlarut dalam emosi yang sedang kamu rasakan.

Ilustrasi via Kompas.com

Lalu, kenapa regulasi emosi itu penting ? Ada beberapa alasannya. Pertama, untuk mengurangi dampak negatif dari emosi yang kamu rasakan. Intinya ketika kamu bertindak mengikuti emosi yang kamu rasakan ada kemungkinan bahwa tindakkan kamu akan berdampak negatif atau bahkan berujung penyesalan.

Baca Juga  5 Tips Menghilangkan Rasa Malas!

Kedua, regulasi emosi itu mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan kamu Di kesehatan mental, hubungan sosial bahkan performa kamu di tempat kerja, sekolah, kampus akan terganggu karena kamu punya regulasi emosi yang buruk.

Dilansir dari satupersen, ini cara yang bisa kamu lakukan untuk meregulasi emosi dengan baik :

Jaga ekspektasi pada kejadian yang akan terjadi

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar bisa meregulasi emosi dengan baik yakni dengan menjaga ekspektasi kamu pada kejadian yang akan terjadi. Pada dasarnya, ketika kita punya ekspektasi yang rendah terhadap sesuatu, maka itu akan membuat kamu lebih tenang dalam menangani potensi-potensi masalah yang akan datang.

Baca Juga  Ini Dia Yang Perlu Kamu Pelajari Sebelum Usia 30-an

Beda halnya ketika kamu punya ekspektasi yang tinggi pada apa yang akan terjadi, kamu akan merasa emosi ketika realitanya tidak sama dengan apa yang kamu harapkan.

Mengontrol interpretasi

Selanjutnya hal yang bisa kamu lakukan adalah mengontrol interpretasi. Maksudnya adalah ketika interpretasi kamu negatif, maka emosi kamu akan cenderung negtif. Sebaliknya, ketikan interpretasi kamu positif, maka ketika kamu sedang sedih, marah atau lainnya, semua emosi negatif itu bisa menghasilkan dampak yang positif untuk kamu.

Baca Juga  Lima Tips Atur Gaji Bulanan Ala Kevin Hendrawan

Mengontrol perilaku

Terakhir yakni ingat bahwa kamu selalu punya pilihan. Dalam keadaan marah, kamu bisamemilih untuk beraksi terhadap kemarahan atau memilih untuk menenangkan diri kamu.

Ingat, bahwa setiap orang punya kapasitas yang berbeda dalam meregulasi emosi, tapi ketika kamu sabar dan terus melatih kemampuan kamu, pasti kamu kan mengalami perkembangan yang positif sehingga bisa meregulasi emosi kamu dengan baik.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here