Kementan Gandeng Gojek Untuk Antarkan Kebutuhan Sembako Ditengah Pandemi

0

KabarUang.com, Jakarta – Sektor pertanian saat ini menjadi kebutuhan prioritas dalam menghadapi pandemi covid-19. Terlebih, di bulan ini masyarakat yang beragama muslim akan memasuki Ramadhan dan Idul Fitri.

Presiden Jokowi pun mengarahkan agar semua menteri termasuk pemerintah daerah dan pusat fokus untuk menjamin kebutuhan stok pangan termasuk soal pendistribusiannya.

Untuk itu, Kementrian Pertanian (Kementan) gandeng Gojek agar akses pangan aman bagi masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri ini. Dimana masyarakat bisa belanja pangan tanpa harus keluar rumah.

Ilustras via Katadata

“Ini sesuai dengan arahan Presiden, kami diminta untuk memastikan ketersediaan 11 bahan pangan di tengah pandmei ini hingga Idul Fitri, dan saya mengapresiasi kerja sama dengan Gojek ini, karena untuk menyikapi tantangan saat ini kita tidak bisa menggunakan cara-cara yang lama, kita harus tangani dengan cara-cara sekarang,”jelas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat penandatanganan kerja sama antara Kementan dan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa yang menaungi Gojek di Kantor Pusat Pertanian, Jakarta (03/04).

Baca Juga  Kementan Berhasil Tingkatkan Ekspor Produk Hingga 500 Persen

Lebih lanjut lagi, Syahrul mengatakan ada dua hal penting dalam ketersediaan pangan yakni supply and demand. Maka dari itu, Mentan meminta semua yang terlibat dalam bisang pertanian untuk ikut berperan dalam hal menyediakan stok pangan dan stabilisasi harga.

Sebagai informasi, 11 komoditas angan yang dimaksud yakni beras, daging ayam, daging sapi, telur, minyak, cabai rawit, bawang merah, bawang putih dan gula pasir.

Baca Juga  Petani di Lombok Masih Bergantung pada Tembakau Meski Permintaan Pasar Menurun

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi mengatakan bahwa kerja sama dengan Gojek itu bukan hanya dilakukan karena physical distancing. Ini juga merupakan upaya pemerintah untuk memberikan penghasilan tambahan bagi para mitra ojek online.

Pihaknya mengatakan akan menggratiskan ongkos kirim bagi masyarakat yang membeli pangan di Toko Mitra Tani milik Kementan apabila memesan via Gojek.

Gratis Ongkos Kirim dengan Belanja di Toko Mitra Tani

“Maksudnya di sini biaya Gojek dibebankan ke Kementan. Kami yang akan membayar, sistemnya tentu pihak Gojek sudah ada, dan ini tidak mempengaruhi harga pangan yang dibeli. Jadi tentu driver gojeknya juga mendapatkan bayaran, dan masyarakat diringankan dengan tidak dibebankan biaya antar,”jelas Agung.

Baca Juga  Kini Beli Bahan Pokok Bisa Lewat Blibli, Yuk Buruan Belanja!

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa kerja sama ini akan diberlakukan di Toko Mitra Tani yang ada di seluruh Indonesia. Dimana keseluruhannya mencapai 3.500 unit.

“Jadi, kami harap masyarakat bisa memanfaatkan kerja sama ini. Konsep kami memang melayani kebutuhan pangan masyarakat harian dengan jumlah yang tidak besar, paling tidak untuk kebutuhan tiga hari ke depan. Ini menjadi bagian dari upaya kami juga dalam meminimalisir rush buying,”tambahnya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here