Anies Imbau Agar Pengguna Transportasi Umum Menggunakan Masker, Wajib!

0
Ilustrasi via tirtoid

KabarUang.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau agar seluruh masyarakat wilayah DKI Jakarta menggunakan masker ketika bepergian ke luar rumah, terlebih ketika menggunakan sarana transportasi umum.

Hal ini disampaikan melalui Memo Anies pada Sabtu (4/4) untuk operator transportasi umum kelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov DKI Jakarta demi mendorong penumpang menggunakan masker.

Memo itu diberikan kepada para direktur utama pengelolaan kereta Moda Raya Terpadu (MRT), kereta Lintas Rel (LRT) dan bus Transjakarta. Bahkan Anies menekankan bahwa calon penumpang yang tidak menggunakan masker tidak diizinkan untuk menggunakan transportasi umum.

“Bila tanpa masker, maka tidak diizinkan untuk naik kendaraan umum. Sosialisasikan kebijakan ini kepada penumpang atau warga secara masif di semua halte atau bus stasiun atau gerbong, dan lain-lain,”ungkapnya.

Baca Juga  Ini Keuntungan New Normal Menurut Menhub

Anies mengatakan bahwa sosialisasi masif ini masih akan dilakukan pada Senin (6/4) yang nantinya berlanjut kepada penegakkan terhadap pelanggaran yang mulai dilaksanakan pada Minggu (12/4).

Pihak BUMD operator transportasi umum pun sudah mulai merealisasikan amanat dari Memo yang diberikan Anies.

“Bagi pelanggan yang tidak menggunakan masker tidak diperbolehkan memasuki halte maupun menggunakan bus. Selama 6 hari ke depan, Transjakarta menghimbau bagi seluruh pelanggan untuk mempersiapkan masker pribadi,”ungkap Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo.

Penumpang diimbau menggunakan masker ketika menggunakan transportasi umum

Kemudian PT MRT Jakarta pun melakukan hal serupa. Mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker ketika berada atau berkegiatan di luar rumah, tanpa terkecuali. Adapun jenis masker yang bisa digunakan adalah jenis kain minimal dua lapis yang dapat dicuci setiap hari.

Baca Juga  Ganjar Pranowo : Jangan Mudik, Petugas Medis Kasian

Meski begitu, Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin juga mengingatkan agar masyarakat tetap mengutamakan berkegiatan di rumah. Dia mengatakan bahwa bepergian hanya boleh dilakukan ketika keadaannya mendesak serta menerapkan jarak fisik (physical distancing) dalam sehari-hari.

“Sejalan dengan seruan tersebut, PT MRT Jakarta (Perseroda) mengimbau seluruh calon penumpang agar senantiasa menggunakan masker ketika akan memasuki stasiun dan menggunakan layanan MRT Jakarta. Kebijakan ini akan di sosialisasikan mulai tanggal 6 hingga 11 April 2020, dan efektif diberlakukan tanggal 12 April 2020,”ungkapnya.

Baca Juga  Pengamat Minta BI Bantu Atasi Pandemi Covid-19

Hal serupa juga diungkapkan oleh Manajemen PT LRT Jakarta.

“Mulai hari Senin, 6 April menghimbau kepada seluruh penumpang LRT Jakarta untuk menggunakan masker ketika berada atau berkegiatan di luar rumah termasuk menggunakan fasilitas transportasi umum,”imbaunya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here