Ada Listrik Gratis Akibat Pandemi Corona, Mulai Hari Ini!

0

KabarUang.com, Jakarta – Presiden Jokowi membuat sebuah kebijakan baru dimana dia akan menggratiskan bayar listrik selama wabah corona sejak 1 April hingga Juni 2020.

Listrik itu diperuntukkan bagi masyarakat pengguna listrik 450 volt amper dan 900 VA di tengah wabah covid-19. Dalam keterangan pers nya melalui video yang disiarkan saluran Youtube Sekretariat Presiden, beliau mengatakan bahwa pengguna listrik 450 VA dan 900 VA yang paling banyak di Indonesia. Kini, para pelanggan listrik itu sedang mengalami masa sulit selama adanya wabah corona.

“Jadi untuk pengguna listrik 450 VA yang jumlahnya sekitar 24 juta orang, akan di gratiskan selama 3 bulan ke depan sejak April, Mei, sampai Juni,”ungkap Pak Jokowi.

Baca Juga  Ririek Adriansyah Sinaga Resmi Diangkat Jadi Dirut Telkom

Sementara untuk pelanggan listri 900 VA yang jumlahnya ada 7 juta orang, akan diberikan diskon sebesar 50 persen. Diskon tersebut berlaku pada periode yang sama, yakni April hingga Juni. Bukan hanya itu, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah juga akan mengawasi serta mengantisipasi pasokan kebutuhan bahan pokok.

“Pemerintah mencadangkan Rp 25 triliun untuk memenuhi kebutuhan pokok serta operasi pasar logistik,”tambahnya.

Disamping itu, Perusahaan Listrik Negara (PLN) juga menyatakan bahwa pihaknya siap mendukung kebijakan penuh pemerintah. Dimana akan ada pembebasan biaya bagi keluarga dengan daya 450 VA dan memberikan diskon bagi keluarga daya listrik 900 VA.

Baca Juga  Sri Mulyani Fokuskan 4 Tahun Ke Depan Ekonomi Nasional Bersistem Syariah

“Kebijakan pembebasan tagihan untuk pelanggan 45VA dan keringanan tarif listrik 50 persen tersebut sudah dibicarakan dan dikoordinasikan dengan PLN. Kami sangat mendukung dan siap melaksanakan kebijakan Pemerintah yang disampaikan oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo,”ungkap Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini di Jakarta, Selasa (31/3) malam.

Dirinya bahkan menambahkan dengan adanya kebijakan saat ini diharapkan meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat covid-19 ini. Dimana banyak keluarga yang ekonominya menjadi lesu.

“Saat ini masyarakat diimbau untuk tetap dirumah. Berkegiatan di rumah. Tujuannya untuk mencegah penularan yang semakin luas. Pembebasan dan diskon tarif listrik ini diharakan mendukung hal tersbeut. Jadi masyarakat, khususnya yang tidak mampu, tidak harus khawatir dalam menggunakan listrik selama musim yang sangat sulit ini,”tambahnya.

Baca Juga  PLN Pertimbangkan Beri Kompensasi Pasca Padamnya Listrik di Sejumlah Daerah

Jadi, program ini diberlakukan untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat ditengah pandemi corona.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here