5 Tips Bisnis Tetap Laku Ditengah Pandemi

0

KabarUang.com, Jakarta – Terjun ke dunia bisnis artinya anda siap menghadapi segala macam tantangan. Entah itu masalah internal perusahaan atau bahkan eksternal. Saat ini mislanya, di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi, banyak usaha yang terguncang dan membuat bisnis merosot.

Ilustrasi via CNNIndonesia

Meski begitu, sang Perencana Keuangan Eko Endarto mengatakan bahwa bisnis yang kuat akan mampu bertahan bahkan dalam keadaan ekonomi yang kurang stabil. Tentunya, ada tips-tips yang harus dijalankan oleh seorang pengusaha.

“Tak boleh cepat berpuas diri, apalagi merasa nyaman. Mereka harus berpikir secara futuristik bahkan melampaui zamannya. Inovasi dijawab dengan realitas,”ungkap Eko saat dihubungi pihak sindonews, Jakarta, Sabtu (04/04).

Berikut ini tips yang disampaikan oleh Perencana Keuangan Eko Endarto :

1. Ikuti perkembangan pasar

Tips pertama yang harus anda lakukan adalah mengikuti perkembangan pasar. Saat ini zaman sudah berubah, begitu pula keadaan pasar. Dalam kondisi seperti ini, pengusaha tidak boleh ketinggalan zaman. Maksudnya, seorang pengusaha harus mencari tahu apa yang tengah konsumen inginnya. Lakukan banyak penyesuaian dengan bisnis yang anda miliki agar bisnis itu tidak menurun.

Baca Juga  Corona Diprediksi Akan Bawa Dampak Global Kembali Menjadi Era Proteksionisme

“Di saat tren naik, pengusaha yang survive biasanya akan mengikuti dengan caranya tersendiri. Cara ini menjadi perpaduan agar jangan sampai bisnis mengalami kematian,”ungkapnya.

2. Ketahui keinginan konsumen

Selanjutnya, agar bisnis anda tetap stabil, anda perlu kemampuan beradaptasi. Dimana anda harus lebih mendengarkan konsumen, siap menerima kritik dan saran yang diberikan konsumen agar bisnis tetap bisa berjalan.

“Terkadang kita harus mengobarkan sudut pandang tertentu yang tidak lain adalah sisi idealis,”tambah Eko.

Baca Juga  Penerbangan Terbesar Kedua di India Menyerah Menerbangkan Penumpang Karena Faktor Finansial

3. Inovasi bisnis

Tips ketiga yakni inovasi dalam berbisnis. Hal ini penting karena tujuannya ialah agar konsumen tidak bosan dengan produk anda yang itu-itu saja. Anda harus melakukan modifikasi pada produk anda untuk meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap produk yang anda jual.

“Harus ada sesuatu yang baru yang bisa membuat konsumen bergairah supaya mau kembali lagi, dan sekaligus mengusir rasa bosan konsumen,”jelasnya.

4. Perkuat relasi bisnis

Selanjutnya tips yang bisa anda lakukan adalah memperkuat relasi bisnis anda. Hal ini sangat berguna disaat bisnis anda sepi. Relasi bisnis ini memberikan anda perbandingan apa yang salah dengan metode bisnis yang anda pakai. Yang paling utama ialah, relasi bisnis ini bisa memberikan anda pengaruh banyak saat pemasaran.

Baca Juga  Kresna Graha Dan Pakuwon Jati Masuk Kedalam 200 Perusahaan Terbaik Di Asia

“Untuk sekelas pengusaha, membangun relasi bisnis dengan konsumen itu wajib hukumnya, meski mungkin saja konsumen tak akan membeli lagi. Bagaimanapun, konsumen faktor penting yang bisa mendukung kesuksesan suatu perusahaan,”tegasnya.

5. Berhemat

Tips terakhir bagi pengusaha di tengah pandemi Covid-19 adalah berhemat. Maksudnya anda harus berhemat agar arus kas tidak bobol.

“Misalnya dengan lebih selektif saat membuat promosi atau memiliki segmetasi target, yang intinya bisa meredukasi penggunaan biaya. Ini harus dilakukan dmei menjaga stabilitas kas,”tutupnya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here