5 Fakta Soal Kelemahan Virus Corona!

0

KabarUang.com, Jakarta – Virus corona yang dikenal ganas selama ini ternyata punya beberapa kelemahan. Bukan hanya dia yang akan mati ketika kita cuci tangan menggunakan sabun saja seperti imbauan yang ada, namun corona juga punya kelemahan lainnya.

Ilustrasi via AyoBandung

Sejauh ini, para ilmuwan, peneliti dan petugas kesehatan sudah menyususn dan mencegah penularan Covid-19 dengan kelemahan-kelemahannya.

Berikut ini fakta kelemahan Virus Covid-19 :

1. Mudah hancur degan sabun

Anjuran yang selama ini beredar bahwa kita harus sering cuci tangan dengan sabun benar adanya. Hal ini karena virus corona akan hancur ketika dia terkena sabun.

Lalu? mengapa sabun ini efektif membunuh virus corona ? Jawabannya adalah pada susunan virus covid- 19 sendiri. Covid-19 terdiri dari tiga baian yakni DNA/RNA yang menjadi inti dari virus, protein yang merupakan bahan baku virus memperbanyak diri serta lapisan lemak sebagai pelindung luarnya.

Baca Juga  Tingkatkan Penjualan Kurban Lewat Digital, Dompet Dhuafa Gandeng E-Commerce

Seperti yang kita ketahui, kita bisa menghilangkan lemak dengan sabun. Itulah mengapa kita diimbau untuk selalu cuci tangan dengan sabun. Ketika lapisan lemak itu hancur, otomatis jaringan protein dan DNA didalam virus corona akan hancur.

2. Bisa dikalahkan oleh antibodi

Kelemahan selanjutnya adalah virus corona tidak akan menyerang orang dengan atibodi yang baik. Sebuah penelitian di Astralia yang menemukan pasien terinfeksi Covid-19 bisa sehat hanya dalam beberapa hari ketika antibodi pasien itu baik.

Jadi, tubuh kita akan berperang melawan virus yang masuk. Ketika kita memiliki antibodi yang baik dengan menjaga pola hidup sehat maka virus yang masuk akan hancur termasuk Covid-19.

Baca Juga  Jokowi Naikkan Iuran BPJS Ditengah Pandemi Covid-19

3. Bisa dibunuh dengan desinfektan

Menurut penelitian virus corona ini bisa nonaktif dengan bahan disinfektan seperti alkohol dengan kadar 60 hingga 70 %, hidrogen peroksida 0,5% atau sodium hipoklorit 0,1% dalam waktu hanya 1 menit. Jadi, rajin-rajinlah membersihkan barang yang anda gunakan seperti handphone, gagang pintu dan meja kerja atau barang lainnya dengan menggunakan baha dedinfktan agar terhindar dari virus.

4. Melemah di suhu panas

Selanjutnya fakta soal kelemahan virus corona ini adalah melemah di suhu yang panas. Seperti virus corona penyebab SARS yang bisa melemah di suhu yang panas. Data WHO (World Health Organization) sendiri mengatakan bahwa virus penyebab SARS bisa terbunuh dengan suhu 56 derajat Celcius. Virus covid-19 sendiri akan melemah terhadap suhu yang panas.

Baca Juga  Jangan Lagi Bilang I'm So Happy, Gunakan Idioms Ini Biar Gak Mainstream!

5. Tidak akan bertahan lama dipermukaan

Terakhir, fakta soal kelemahan virus Covid-19 ini dia tidak bisa bertahan lama di permukaan. Untuk itu, pemerintah memang tidak melarang untuk tetap menerima paket. Hal ini, karena virus corona tidak bisa bertahan lama di permukaan.

Kelima kelemahan virus corona ini patut kit aketahui agar kita memahami cara mencegah virus ini.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here