Tips Menjaga Kondisi Mental Ditengah Pandemi Corona

0

KabarUang.com, Jakarta – Virus corona yang mewabah di Indonesia saat ini bukan hanya mengancam fisik manusia seutuhnya, tetapi juga mental. Hal ini karena mental kita pun dapat merasakan dampaknya. Banyak kecemasan yang akhirnya muncul di dalam pikiran kita dan melukai kesehatan mental kita.

Ilustrasi via Indozone

Jika itu terus terjadi, kemungkinan kita akan merasakan akibat kecemasan terhadap corona ini :

1. Panic buying

Hal pertama yang akan kita rasakan ketika kita merasa cemas di tengah pandemi corona ini ialah panic buying. Banyak masyarakat yang akhirnya memborong masker dan hand-sanitizer hingga orang yang lebih membutuhkan tidak kebagian. Banyak juga yang menimbun stok bahan makanan sehingga orang lain tidak bisa mendapatkannya. Hal inilah yang terjadi ketika mental kita terlelu cemas terhadap corona. Padahal, hal ini jelaslah salah.

Baca Juga  Tips Meningkatkan Minat Membaca, Yuk Baca Buku!

2. Bingung dengan ketidakpastian

Selanjutnya pikiran kita dihantui oleh banyak ketidakpastian. Pertanyaan-pertanyaan seperti “Kapan lingkungan kita balik normal?”,”Kapan bumi kita sehat?”,”Kapan kita bisa beraktivitas seperti biasa?” dan pertanyaan kenapa lainnya mulai muncul di pikiran kita dan menjadikan mental kita terganggu.

3. Diskirminasi

Diskriminasi ini terjadi ketika sekelompok orang memperlakukan perlakukan yang buruk kepada orang lain sehingga memperburuk situasi.

Lalu ? Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kondisi mental kita ? Dilansir dari channel Youtube satupersen, Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kondisi mental kita :

1. Tetap menjaga komunikasi dengan orang terdekat

Meskipun saat ini kita sedang mengalami fase “social distancing”, hubungan kekeluargaan tidak boleh terputus hanya karena tidak bertemu. Kita bisa memanfaatkan teknologi untuk tetap menjaga komunikasi dengan orang-orang terdekat.

Baca Juga  Belanja Dapet Cashback? Yuk Manfaatkan Jadi Sumber Penghasilan

2. Take action where you can

Selanjutnya, hal yang bisa kita lakukan adalah melakukan apapun yang membuat kita tenang. Mislanya, kita menjaga diri kita dengan mencuci tangan setiap dua jam sekali, berdoa kepada Tuhan agar kita dijauhkan dari wabah ini atau bahkan hal lain diluar dari ini. Intinya kamu harus segera mengatasi rasa kecemasanmu.

3. Batasi waktu nonton berita

Untuk sementara ini, kamu harus membatasi untuk menonton berita sampai kondisi mentalmu stabil. Berita-berita buruk soal keadaan saat ini hanya akan memperburuk keadaan mentalmu. Kamu hanya akan terus dihantui dengan rasa takut yang tidak pernah ada habisnya.

Baca Juga  Tips Membentuk Kedisiplinan untuk Diri Sendiri

4. Jangan gegabah

Terakhir, tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu adalah dengan tidak bertindak gegabah. Ketika kondisi mental tidak stabil, tahan emosi saat mengambl keputusan penting untuk menghindari masalah baru yang lebih mengkhawatirkan.

Itulah hal yang bisa kamu lakukan ketika kamu merasa kesehatan mentalmu terganggu.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here