Tips Bagi UMKM Tingkatkan Bisnis di Tengah Pandemi Corona

0

KabarUang.com, Jakarta – Pandemi corona yang sedang melanda Indonesia ini sangat berdampak bagi kehidupan masyarakat. Tidak terkecuali dunia bisnis. Saat ini banyak masyarakat enggan untuk keluar rumah, terlebih pemerintah menetapkan kebijakan lockdown bagi beberapa tempat.

Saat ini, banyak pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tengah merasa khawatir bisnisnya tidak akan berjalan lancar bahkan cenderung tutup karena daya beli yang rendah akibat covid-19.

Ilustrasi via Bisnis.com

Namun, hal ini ditepis oleh Head of Marketing Facebook Indonesia, Hilda Kitti yang menenagkan para pelaku UMKM dengan memberikan tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan.

Baca Juga  Perkembangan Teknologi Sangat Mempengaruhi Industri Bisnis Makanan dan Minuman Masa Kini

Salah satu tips untuk mengembangkan bisnis ditengah pandemi ini adalah dengan menempatkan bisnis pada posisi yang tepat untuk menghadapi pemulihan. Maksudnya ketika pemerintah menetapkan lockdown, mengharuskan social distancing dan work from home, para UMKM bisa mengalihkan bisnisnya dari rumah, dimana produknya dipasarkan secara online.

“Hadirlah dimana pelanggan Anda menghabiskan sebagian besar waktunya. 96% dari masyarakat Indonesia mengatakan bahwa mereka mengandakan aplikasi-aplikasi Facebook selama Ramadhan, dengan 85% responden mengatakan WhatsApp sebagai aplikasi favorit mereka,”ungkap Hindia.

Gunakan media sosial sebagai alternatif penjualan

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa tips selanjutnya adalah tetap terhubung dengan pelanggan diluar transaksi yang dilakukan. Terlebih ditengah physical distancing ini.

Baca Juga  Deretan Bisnis yang Laris di Masa Pandemi Covid-19

“Menjaga komunikasi tetap berjalan dengan pelanggan adalah hal yang sangat penting di tengah situasi yang penuh dengan ketidakpastian ini,”lanjutnya.

Maksud dari hal itu ialah pelaku UMKM bisa tetap berkomunikasi lewat sosial media. Membuat status di sosial media sebagai bentuk komunikasi adalah hal yang bisa dilakukan.

Selain itu, pelaku UMKM juga bisa memberikan komunikasi dan informasi yang mendidik konsumen tentang langkah-langkah yang mereka ambil untuk memastikan bahwa jasa dan produk yang akan mereka beli aman. Bahkan, anda juga bisa memberikan edukasi soal virus penyebaran virus corona.

Baca Juga  Bisnis Televisi Konvensional Tidak Punya Masa Depan? Begini Penjelasan Pengamat

“Kuasai teknik story telling di mobile. Inti dari story telling adalah berfokus pada tema,”ungkapnya.

Dengan begitu, meskipun orang-orang memberlakukan physical distancing, bisnis tetap bisa berjalan semestinya melalui sosial media. Dengan begini, perputaran modal bisa terus berjalan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here