Pentingnya Komunikasi Asertif dan Tips Praktis Melakukannya!

0

KabarUang.com, Jakarta – Kita adalah makhluk sosial yang hidupnya tidak bisa jauh dari orang lain. Kita dihubungkan oleh komunikasi. Mengapa komunikasi asertif itu penting?

Ilustrasi via Studimu

Kadang kita berpikir bahwa kita merasa kecewa meskipun sudah melakukan kebaikan untuk orang lain. Tapi, anehnya kita tetap saja mendapatkan perlakuan buruk dan tidak berani untuk bicara duluan karena takut menyinggung perasaan orang itu.

Lalu apa sih komunikasi asertif itu ? Menurut Pipas & Jaradat (2010) komunikasi asertif merupakan kemampuan untuk mengekspresikan diri, perasaan dan hak kita dengan tetap menghargai perasaan dan hak orang lain.

Dengan komunikasi asertif kita bisa mendapatkan banyak manfaat. Diantaranya yakni kita jadi lebih efektif dalam menangani masalah dengan orang lain. Kita tidak akan menjadi manusia yang pasif tetapi juga tidak agresif. Selanjutnya, dengan komunikasi asertif juga kita dapat mempertahankan hubungan dengan orang lain dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga  Tips Libas Stress! 3 Cara Ini Ampuh Bantu Kamu Atasi Stress

Namun demikian, ternyata komunikasi asertif juga punya dampak negatif. Seperti misalnya kita akan merasa frustasi, kecewa atau bahkan putus asa karena lawan bicara kita tidak mengerti apa yang kita sampaikan. Dampak lain juga bisa terjadi kesalahpahaman dari penyampaian yang bisa memperburuk hubungan kita.

Lalu? Apa yang harus kita lakukan? Berikut ini Tips praktis komunikasi asertif :

1. Mencari tahu batasan yang nyaman untuk diri kita dan orang lain

Tips pertama yang harus kita ketahui adalah mencari tahu batasan yang nyaman untuk diri kita dan orang lain. Komunikasi asertif adalah komunikasi dua arah dimana bukan hanya kita objeknya tetapi kita juga harus memikirkan orang lain.

Baca Juga  Hindari Perilaku yang Dapat Menghambat Kesuksesan! Yuk, Berubah!

Kita harus paham batasan yang nyaman untuk diri kita sendiri juga batasan yang nyaman untuk orang yang kita ajak komunikasi. Hal ini penting karena setiap orang punya batasannya masing-masing.

Kalau kita sudah tahu batasan dan cara komunikasi dengan tiap orang yang berbeda, akan sangat mudah untuk mengkomunikasikan hal yang kita resahkan.

2. Hati-hati dalam menyampaikan

Hal kedua yang harus kamu perhatikan ketika berkomunikasi adalah hati-hati dalam menyampaikan. Kamu harus tahu kondisi, kapan kamu bisa mengatakan suatu hal kepada orang lain dan kapan kamu tidak bisa melakukannya.

Baca Juga  5 Tips Jadi Rekan Kerja yang Menyenangkan, Buat Suasana Kantor yang Asik!

Ketika kamu ingin menyampaikan apa yang membuatmu resah, harus sesuai fakta atau tidka berlebihan. Kamu juga harus mengurangi bersikap judgmental kepada orang lain.

3. Jangan lupa apresiasi

Tips terakhir adalah jangan lupa apresiasi. Apresiasi adalah bentuk dari menghargai seseorang. Ketika kita memberi tahu apa yang tidak kita suka, jangan lupa untuk apresiasi kebaikan orang lain agar orang itu bisa menghargai kita.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan komunikasi asertif.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here