Pemerintah Berikan Santunan Kepada Tenaga Medis Corona, Sebagai Garda Terdepan Penanggulangan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, telah menyiapkan anggaran senilai Rp6,1 triliun khusus bagi tenaga medis di Indonesia. Insentif tersebut disiapkan karena mereka merupakan garda paling terdapan menanggulangi wabah virus corona Covid-19.

0
ilustrasi via news detik com
ilustrasi via news detik com

KabarUang.com , Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, telah menyiapkan anggaran senilai Rp6,1 triliun khusus bagi tenaga medis di Indonesia. Insentif tersebut disiapkan karena mereka merupakan garda paling terdapan menanggulangi wabah virus corona Covid-19.

Sri mengatakan, dana itu akan diberikan dalam bentuk asuransi dan dana santunan. Sebab, menurutnya, tenaga medis, baik perawat, dokter umum, dokter spesialis yang terus bekerja saat ini memiliki risiko terbesar di tengah mewabahnya Covid-19.

“Ada Rp6,1 triliun untuk asuransi dan santunan kepada tenaga medis yang sekarang ada di depan, hadapi risiko paling besar. Kita berikan asuransi, santunan pada tenaga medis yang tangani covid ini,” tegas dia saat telekonferensi, Jumat, 20 Maret 2020.

Baca Juga  Bisnis Waralaba Atau Franchise Kini Semakin Melesat Usai Pemilu 2019

Hingga saat ini, Sri mengaku masih mematangkan skema pemberian insentif tersebut. Namun, dipastikannya, dana tersebut telah dia cadangkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2020.

“Kita cadangkan hingga antara Rp3,1 triliun hingga Rp6,1 triliun. Kita sedang penghitungkan segera bisa diberikan kepastian kepada seluruh tenaga medis baik dokter, dokter spesialis, dokter biasa, ataupun perawat,” paparnya.

Selain itu, Sri melanjutkan, akan juga menambah anggaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku gugus tugas penanganan Covid-19 senilai Rp3,3 triliun. Dipastikannya, penambahan anggaran BNPB akan menjadi prioritasnya supaya berbagai bentuk kebutuhan dana mendesak bisa cepat diperoleh.

Baca Juga  Pengidap Penyakit Corona Bisa Sembuh Karena Minum Rebusan Bawang Hingga Alkohol? Cek Fakta Tipsnya Disini

“Kita berikan anggaran Rp3,3 triliun yang sedang kita evaluasi dalam kemampuan BNPB lakukan tugas tersebut. Ini prioritas kita untuk bisa BNPB melakukan berbagai kegiatan urgensi yang sedang dilakukan,” tutur Sri.

Pemerintah saat ini masih mematangkan skema pemberian asuransi dan santunan kepada tenaga medis tersebut. Sri Mulyani bilang pihaknya juga akan memperhitungkan lebih detail dana yang dibutuhkan untuk memberikan asuransi dan santunan kepada pihak medis.

Baca Juga  Wall Street Dinyatakan Melemah Setelah Libur Paskah

Jokowi meminta agar ada perlindungan maksimal untuk semua tenaga medis yang melayani pasien virus corona di rumah sakit. Pasalnya, mereka kini menjadi pihak-pihak yang paling dekat dengan pasien yang terinfeksi virus corona, sehingga rentan tertular.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here