Jawaban dari Banyak Pertanyaan Soal Corona Virus!

0

KabarUang.com, Jakarta – Novel corona virus adalah keluarga baru virus yang selama ini hanya enam di antaranya diketahui dapat menginfeksi manusia. Virus lainnya yang berhubungan dengan pernafasan adalah SARS atau MERS. SARS atau sindrom pernapasan akut parah yang muncul di tahun 2020 sedangkan MERS atau sindrom pernapasan Timur Tengah muncul pada tahun 2013 yang disebabkan oleh virus corona.

Ilustrasi via SuaraPapua

Pada Desember akhir 2019, mucul Covid-19, penyakit yang baru ditemukan dan disebabkan oleh kelompok virus yang sama. Namun, diantara ketiganya ada perbedaan gejala, masa inkubasi serta penyebarannya.

Bisa kita ketahui bahwa penularan covid dapat terjadi antar manusia melalui percikan cairan yang keluar saat batuk dan bersin. Penyebaran virus covd-19 saat ini sedang dipantau oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) atau CDC serta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga  Pemerintah Indonesia Tutup Penerbangan ke China, Ini Kata Dubes China!

Berikut ini jawaban dari pertanyaan yang sering muncul tentang corona :

Covid-19 ditemukan di Wuhan

Covid-19 ini muncul pertama kali di Wuhan, Ibu Kota Provinsi Hubei, China. Meski penularan virus ini masih belum menemukan sumber yang pasti, namun hipotesisi awal mengatakan bahwa ini terkait dengan pasar makanan laut di kota tersebut.

Dari pasar ini, beberapa orang yang berkunjung kesana mendrita pneumonia karena infeksi virus corona yang belum pernah ada sebelumnya. Namun, sebuah studi yang rilis pada 25 Januari mencatat bahwa individu dengan kasus yang dilaporkan pertama pada 1 Desember 2019 tidak memiliki hubungan secara langsung dengan pasar itu.

Baca Juga  Marak Soal Penyebaran Corona, Ini Dampaknya ke Ekonomi

Gejala Covid-19

Gejala Covid-19 ini meliputi batuk, demam, sesak napas, sakit tenggorokan, batuk kering serta rasa lelah. Gejala lain yang mengindikasinya adalah sakit kepala, hidung mampet atau pilek, diare dan rasa pusing.

Hidup virus corona

Berdasarkan studi yang sudah ada sebelumnya, virus corona ini bisa bertahan dalam tubuh manusia dalam permukaan suhu normal sampai sembilan hari. Lama atau tidaknya virus ini bertahan tergantung dari beberapa hal. Misalnya seperti virus corona akan lebih lama hidup di permukaan yang keras dan virus corona akan bertahan lama di suhu yang lebih dingin dan kurang lembab.

Baca Juga  Musim Hujan? Ini Dia Minuman Yang Bisa Jadi Rekomendasi

Cara menghindarinya

Cara terbaik untuk menghindari virus corona yakni dengan tidak menyentuh permukaan yang terinfeksi corona. Selain itu juga dengan mencuci tangan dengan benar. Lalu, tidak memegang muka dengan tangan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here