Ini Cara Pertamina Cegah Penularan Corona Meski Tetap Beroperasi

0

KabarUang.com, Jakarta – PT Pertamina (Persero) memutuskan untuk tetap beroperasi. Meski begitu, Pertamina punya cara sendiri untuk mencegah penularan corona.

Vice President Corporate Communications Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan bahwa ada upaya-upaya yang dilakukan agar masyarakat merasa aman dan nyaman ketika membeli BBM.

Ilustrasi via Otosia.com

“SPBU merupakan tempat publik di mana banyak orang yang lalu lalang. Sehingga kami menerapkan prosedur tambahan, bukan saja untuk mengantisipasi penyebaran virus, namun juga menjaga operator SPBU sebagai gardu depan kami,”ungkap Fajriyah pada Selasa (17/03).

Upaya Pertamina dalam mencegah penyebaran covid-19

Dirinya menjelaskan bahwa beberapa upaya itu antara lain adalah melakukan pemeriksaan suhu kepada setiap petugas SPBU. Para petugas diwajibkan menggunakan masker serta menjaga jarak dengan konsumen sekitar 1,5 meter. Kebijakan ini dilakukan sebagai upaya Pertamina menghindari pencegahan penyebaran virus.

Baca Juga  Dwi Soetjipto Menyampaikan Bahwa Menteri ESDM Ignasius Jonan Telah Menandatangani Revisi Rencana Pengembangan Blok Masela

Bahkan petugas pertamina pun harus menggunakan sarung tangan khusus agar tidak terjadi sentuhan fisik dengan konsumen.

“Petugas SPBU juga menggunakan sarung tangan berbagan karet saat proses penerimaan dan pengembalian uang serta menghindari menyentuh wajah,”lanjutnya.

Selain itu juga, SPBU menyediakan habd sanitizer atau alkohol lebih dari 60 persen di setiap pompa apabila tingkat interaksinya tinggi. Jadi, para petugas diwajibkan untuk membersihkan tangan usai melakukan tugasnya.

“Petugas SPBU diwajibkan membersihkan tangan setiap kali melayani transaksi,”tegasnya.

Baca Juga  Pembisnis Kuliner di Inggris Siasati Agar Restoran Tetap Buka Di Tengah Issue Covid-19

Sementara itu, SPBU yang menyediakan layanan self service, SPBU juga menyediakan petugas rutin yang membersihkan nozzle dengan disinfektan. Adapun area kantor dan fasilitas yang lain teutama yang paling sering dikunjungi konsumen seperti toilet dan mushala juga dibersihkan secara rutin dengan disinfektan.

Cara lainnya untuk mengurangi penyebaran virus corona di area Pertamina yakni konsumen diimbau untuk menggunakan metode pembayaran cashless.

Upaya-upaya ini juga dilakukan bukan hanya di SPBU namun juga di jaringan distribusi Pertaminan lainnya seperti agen dan pangkalan LPG. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk tidak panik dalam membeli BBM maupun LPG karena pelayanan akan tetap berjalan dengan baik. Pertamina pun akan terus menjaga ketahanan stock BBM maupun LPG.

Baca Juga  Konsumsi Impor Migas Jadi Masalah Utama Defisit Negara

“Pertamina telah menginstruksikan seluruh SPBU dan agen atau pangkalan resmi untuk melakukan langkah-langkah seperti di atas. Apabila ada masyarakat yang merasa ada ketidaksesuaian prosedur atau membutuhkan informasi tambahan mengenai layanan Pertamina, maka dapat menghubungi Pertamina Call Center 135,”tutupnya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here