DANA Telah 100% Tuntaskan Penerapan Quick Response Code Indonesia Standard

Dompet digital DANA resmi menjadi salah satu Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) di Indonesia. DANA telah 100 persen menuntaskan penerapan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

0
ilustrasi via technosightz com
ilustrasi via technosightz com

KabarUang.com , Jakarta – Dompet digital DANA resmi menjadi salah satu Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) di Indonesia. DANA telah 100 persen menuntaskan penerapan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

Chief Legal and Compliance Officer DANA Dina Artarini mengatakan, pencapaian ini merupakan perwujudan keseriusan perusahaan mendorong laju inklusi dan kompetensi ekonomi digital di Indonesia.

“Penerapan QRIS sebagai langkah strategis mendorong ekosistem perekonomian nasional berbasis teknologi, yang akan menyentuh lapisan dan segmen masyarakat,” ujarnya saat konferensi pers Media Briefing Pekan QRIS Nasional 2020 bersama DANA di Jakarta.

Baca Juga  Maraknya Kasus Corona di AS, Para Milyader Ini Sumbangkan Dana Untuk Atasi Virus COVID-19

Menurutnya, sistem QRIS memiliki fondasi kuat dan strategis bagi seluruh ekosistem ekonomi digital Indonesia dalam membangun sinergi. QRIS berperan dalam mengakselarasi kelancaran bertransaksi non tunai digital ke 100ribu mitra bisnis DANA yang berasal dari berbagai skala usaha, UMKM hingga perusahaan besar.

“Penerapan QRIS menjadi jembatan yang efektif dalam mengedukasi masyarakat untuk mengenal konsep dompet digital secara utuh dalam setiap bertransaksi,” ucapnya.

Dina menjelaskan, masyarakat dapat merasakan praktisnya bertransaksi karena cukup melakukan top up saldo. Peace of mind masyarakat juga terbangun karena fitur DANA.

Baca Juga  Sejarah Ragam Inovasi Bank BCA Lahirkan Inovasi Terkemuka

“Kami menyakini, masyarakat pengetahuan terhadap pembayaran berbagai transaksi secra digital akan meningkat pesat dengana danya edukasi,” jelasnya.

Saat ini, penerapan QRIS pada DANA tercatat sebanyak 28 persen transaksi pada merchant-merchant dari pengguna layanan PJSP lain dan angka interoperable ratio Dana sebesar 10 persen untuk off us.

“Kami optimistis, implementasi QRIS dan teknologi DANA dapat menggugah kesadaran seluruh pelaku ekonomi digital di Indonesia dan mewujudkan masyarakat nontunai yang semakin inklusif,” ucapnya.

Baca Juga  Bansos Hingga Akhir Maret 2019 Mencapai Rp36,97 Triliun

Sementara, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Hamid Ponco Wibowo menambahkan, program pekan QRIS serentak diadakan di seluruh kantor perwakilan Bank Indonesia. Saat ini sudah ada 2,7 juta merchant di Indonesia yang sudah menggunakan QRIS.

“Dulu, kita harus bayar cash dan belum terpikir kita harus membayar menggunakan cashless. Dengan satu kode, semua sistem pembayaran bisa menggunakannya, bisa digunakan melalui PJSP seluruh Indonesia. Artinya sekarang tidak usah ribet lagi jadi satu untuk semua,” ucapnya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here