Warren Buffet, Tokoh yang Menginspirasi Milenial untuk Giat Berinvestasi

0

KabarUang.com, Jakarta – Saat ini, investasi bukan lagi istilah asing. Hal ini karena milenial sudah melek investasi. Bahkan, saat ini, investasi sudah menjadi tren sendiri di kalangan milenial.

Ilustrasi via Liputan6.com

Siapa yang tak kenal Warren Buffet? Pria asal Amerika Serikat ini sudah menjadi orang terkaya ketiga versi Forbes 2019. Total kekayaannya mencapai USD86,6 miliar. Hal ini berkat kesabarannya dalam mengelola investasinya, bahkan dia dijuluki investor tersukses dunia.

Warren sudah memiliki tiga lembar saham dari Cities Service Preferred senilai USD38 dalam usia 11 tahun. Prinsipnya adalah berinvestasi dalam jangka panjang bukan dengan jual-beli dalam jangka pendek.

Baca Juga  Mendag Sudah Prediksi Akan Ada Kenaikan 200% Ekspor Kertas RI ke Chili

Kesuksesan Warren ini menjadi inspirasi bagi milenial untuk memulai investasi sebagai tabungan di masa depan. Maka tidak heran, jumlah investor milenial saat ini meningkat setiap tahunnya.

Data dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko (Ditjen PPR) menunjukkan bahwa tingginya kesadaran investasi di kalangan milenial terlihat dari keberhasilan penjualan Saving Bond Ritel (SBR) seri SBR 009. Dimana melebihi target indikatif sebesar Rp 2 triliun, dengan total investasi sebanyak 11.247.

Milenial melek investasi

Bila dihitung, presentase investor milenial sebanyak 50,97% sedangkan generasi X yang lahir tahun 1965-1964 hanya sebanyak 28,03%. Sementara generasi Baby Boomers tahun 1928-1945 sebanyak 1,71%.

Baca Juga  Jokowi Usulkan Pendanaan Special Fund Untuk Perusahaan China Yang Berinvestasi di Indonesia

Ekonom Institure for Development of Economics and Finance (Indef) Bima Yudistira mengatakan ini merupakan progres yang baik. Hal ini karena para milenial sudah diberikan kemudahan akses informasi dan sudah lebih melek investasi bakan sejak duduk di bangku sekolah.

“Meskipun dari kalangan milenial tersebut ada yang uangnya masih pinjam dari orangtua, ada juga yang berinvestasi dari gaji meskipun baru awal kerja,”ungkapnya.

Cara paling mudah saat ini adalah dengan menabung di reksa dana. Dengan reksa dana ini, para milenial bisa memiliki beberapa fortofolio aset tanpa harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar.

Baca Juga  Investasi Dana Pensiun? Ini 3 Hal Yang Harus Diketahui

“Reksa dana pasar uang merupakanproduk investasi yang memiliki resiko paling rendah di antara produk reksa dana lainnya, serta memberikan imbalan hasil lebih tinggi dibandingkan dengan bunga yang didapat dengan menyimpan uang di deposito perbankan,”lanjut Bima.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here