Tips Simple agar Belanja Bulanan Terkontrol

0

KabarUang.com, Jakarta – Awal bulan adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh pekerja kantoran. Pasalnya di awal bulan biasanya dompet mereka tebal karena baru saja menerima gaji bulanan. Setelah itu, biasanya mereka akan melakukan rutinas yakni belanja bulanan.

Ilustrasi via Balytra

Namun, seringkali banyak yang kalap ketika belanja. Diskonan yang menggoda selalu berhasil membuat belanja bulanan jadi jebol. Padahal, banyak sekali kebutuhan yang harus anda penuhi. Mulai dari membayar tagihan dan menyisihkan uang untuk kehidupan satu bulan kedepan.

Untuk itu, anda perlu mengatasi hal ini dengan trik berikut :

1. Cek kebutuhan bulanan

Hal pertama yang perlu anda lakukan sebelum berbelanja adalah cek kebutuhan bulanan anda. Anda perlu mengecek apa-apa yang sudah habis dan masih ada. Hal ini penting karena menentukan apa-apa yang harus anda beli dan pending dahulu untuk membelinya.

Baca Juga  Jaga Kesehatan Bibir Agar Tetap Lembap Dengan Tips Ini

Misalnya saja ketika persediaan minyak dan gula masih banyak di lemari, anda tidak perlu membelinya. Ingat, beli apa-apa yang sudah habis saja. Hal ini akan menghemat uang bulanan anda. Jika memang masih ada, anda bisa membelinya di lain hari atau bahkan di bulan depan jika masih tersedia.

2. Buat shopping list

Setelah anda mengecek belanjaan yang anda butuhkan, langkah selanjutnya anda harus membuat shopping list. Shopping list atau daftar belanjaan ini berguna untuk mengatur keuangan bulananmu. Jadi, anda bisa fokus pada daftar belanjaan anda. Jangan sampai anda tergoda dengan diskonan belanja yang tidak ada di daftar belanjaan. Tetap fokus pada daftar belanjaan, dan belilah apa yang anda butuhkan.

Baca Juga  Hadapi Cuaca Panas dengan Tips Berikut!

3. Disiplin dalam belanja

Setelah anda membuat daftar belanjaan, anda dituntut untuk disiplin dalam berbelanja. Artinya, ketika anda menemukan barang bagus yang tidak ada dalam daftar belanjaan, anda tidak boleh membelinya. Anda harus menahan nafus belanja anda ketika menemukan barang yang sedang diskon jika memang itu tidak ada dalam daftar belanjaan. Beruntunglah jika barang belanjaan yang ada di daftar belanjaanmu sedang diskon.

Baca Juga  Tips Jadi Content Creator Ala Raden Rauf!

Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan agar belanja bulanan anda bisa terkontrol.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here