Tips Mengobati Rasa Takut akan Masa Depan

0

KabarUang.com, Jakarta – Masa depan memang satu hal yang tidak bisa diprediksi, untuk itu banyak anak muda yang merasa cemas ketika memikirkannya.

Seberapa sering sih kamu merasakan cemas atau galau karena masa depan? Kamu pasti bertanya-tanya apakah pilihan kamu benar? Hingga kamu terlalu fokus pada hasil hingga lupa menikmati prosesnya.

Ilustrasi via MSN.com

Dilansir dari channel satupersen, ada lima hal peting yang bisa kamu lakukan untuk menangani kecemasan dan ketakutan akan masa depan :

1. Sadari dan Terima bahwa kamu sedang cemas

Perasaan cemas itu wajar, untuk itu kamu harus menerimanya bahwa kamu memang cemas. Coba untuk bertanya kepada dirimu kamu kenapa? Apa yang kamu rasakan? Kenapa kamu bisa merasakan hal ini?

Untuk menangani emosi yang sedang kamu rasakan, ada baiknya kamu rehat sejenak. Sadari bahwa emosi cemas yang sedang kamu alami hanya skenario yang dibuat oleh pikiranmu. Jadi, ini bukanlah sebuah realita.

Baca Juga  Ingin Memulai Bisnis dari Kecil ? Ini Tipsnya

2. Cerita ke orang lain tentang kecemasanmu

Cara lain untuk mengatasi rasa cemas itu bisa dilakukan dengan menceritakan rasa cemasmu kepada orang lain. Berbagi erita membuat kamu merasa lega, seakan kamu sedang berbagi beban kepada orang lain. Sehingga kamu merasa bebanmu menjaid ringan.

Cerita kepada orang lain juga membuka kesempatan untuk menerima perspektif orang lain yang mungkin belum kamu ketahui. Siapa tahu dengan mendegarkan saran dari orang lain, pikiranmu akan lebih terbuka.

3. Evaluasi dan Tentukan arah tujuan hidupmu

Setelah kamu merasakan lega dengan perasaanmu saat ini, hal yang harus kamu lakukan adalah evaluasi diri. Maksudnya adalah pikirkan apa yang harus kamu ubah dari hidupmu agar menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga  Hindari Muka Kusam Mu Dengan Tips Ini

Setelah itu, kamu perlu mengarahkan kembali kepada tujuan hidupmu kedepannya. Tentunya ini harus disesuaikan dengan keadaan serta kenyataan yang ada di depan mata. Kamu harus memanfaatkan peluang yang ada untuk menentukan tujuan hidup kedepan.

4. Kenali diri lebih dalam

Penting untuk diketahui, salah satu cara mengatasi rasa cemas adalah dengan mengenali dirimu lebih dalam. Cari tahu apa yang menjadi prioritas dalam hidupmu, apa pandanganmu, apa yang kamu sukai. Mengenal diri ini bisa melalui cerita, mengerjakan worsheet atau dengan mengikuti tes online yang nanatinya akan memberi interpretasi hasil.

Baca Juga  Ayo Lebih Produktif di Tempat Kerja, Berikut Tipsnya

5. Saat kamu cemas akan suatu hal, tanyakan hal ini kepada dirimu

Tips terakhir dalam mengatasi rasa cemas akan masa depan adalah bertanya kepada diri sendiri. Pertanyaannya adalah “Emang apa sih hal buruk yang akan terjadi di masa depan?” Lalu, kamu definisikan apa hal terburuk yang mungkin saja terjadi. Tentu, disertai dengan solusi untuk menanganinya.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa cemas akan masa depan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here