Tips Membentuk Kedisiplinan untuk Diri Sendiri

0

KabarUang.com, Jakarta – Dewasa ini, seringkali manusia merasa tidak disiplin karena terlalu sering ngaret. Padahal, ngaret sendiri punya banyak dampak buruk. Hal terburuknya adalah kehilangan waktu. Jangka panjangnya kita bisa kehilangan kesempatan yang tidak mungkin terulang. Namun, masalah ini bisa diatasi dengan cara menjadi pribadi yang disiplin.

Ilustrasi via Curup Express

Dilansir dari channel satupersen, disiplin sendiri artinya menahan godaan. Ya, menahan godaan dari rasa malas, menahan nafsu makan yang tidak sehat, dan menahan untuk tidak membeli barang yang tidak penting. Itu untuk jangka pendeknya.

Sedangkan jangka panjangnya adalah disiplin mengejar target dan butuh konsistensi yang tinggi. Misalnya saja seperti target menurunkan berat badan sebanyak 10 kilogram dalam satu tahun.

Lalu? Apasih hal yang bisa mempengaruhi kedisiplinan seseorang? Jawabannya ada dua faktor yang bisa mempengaruhi kedisiplinan. Yakni, pertama faktor internal seperti gen, sulit mengontrol emosi, cemas, marah dan masih banyak lagi. Sedangkan faktor eksternalnya adalah keluarga, lingkungan pergaulan, dan teman dekat.

Baca Juga  Tips Meningkatkan Kosatakata Bahasa Inggris ! Like a Native

Berikut tiga hal untuk melatih kedisiplinan :

1. Selalu berpikir jangka panjang

Hal pertama agar kamu menjadi pribadi yang disiplin adalah selalu berpikir jangka panjang. Misalnya saja ketika kamu punya target untuk menurunkan berat badan sebanyak 10 kilogram dalam jangka waktu tertentu. Lalu, kamu tiba-tiba tergoda untuk makan makanan dengan kalori yang tinggi dan tidak sehat. Tetapi kamu malah memakannya.

Sebelum kamu memakannya, kamu harus pikirkan tindakanmu. Hal ini karena sekecil apapun tindakan kamu saat ini akan berpengaruh terhdap tujuan kamu. Waktu yang kamu butuhkan untuk menurunkan berat badan menjadi semakin lama karena kamu tidak bisa menahan godaan. Untuk itu, selalu berpikir jangka panjang agar kamu bisa melatih kedisiplinan kamu.

Baca Juga  Ikuti Cara Berbisnis Artis Cantik Wulan Guritno

2. The 10 Minute trick

Selanjutnya tips kedua adalah tips yang bisa kamu gunakan di kehidupan sehari-hari. Gunakan trik 10 menit untuk menunda atau menahan hal yang tidak penting. Misalnya saja kamu ingin olahraga, tetapi kamu malas untuk melakukannya karena sibuk dengan gadjet. Lalu yang harus kamu lakukan adalah melakukan olahraga selama 10 menit. Setelah itu, kamu akan lupa bahwa kamu tadi sedang sibuk dengan gadjetmu.

3. Jalani hidup dengan fokus

Tips terkahir dalam meningkatkan kedisiplinan adalah jalani hidup dengan fokus. Hidup yang berfokus itu jauh lebih baik dibandingkan dengan hidup yang penuh distraksi. Ketika kamu masih sering tergda dengan hal-hal yang tidak penting, kemungkinan kamu tidak akan tahu apa hal yang penting dalam hidup. Namun, ketika kamu mengetahui apa yang penting dalam hidup, kamu akan tahu apa hal yang harus kamu lakukan dan apa hal yang tidak harus kamu lakukan.

Baca Juga  Tips Bangkitkan Semangat Para Pencari Kerja!
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here