Tips Belajar Efektif Ala Clarin Hayes

0

KabarUang.com, Jakarta – Sering ga sih kamu merasa udah baca buku berjam-jam tapi ga ada materi yang masuk sama sekali? Tapi jangan khawatir, seorang dokter cantik, sekaligus Youtubers Clarin Hayes punya tips menarik agar belajar jadi efektif.

Ilustrasi via unsplash/hannaholinger

Tips belajar efektif ala Clarin Hayes :

1. Kenali Tipe Belajar Kamu

Hal paling dasar yang harus kamu ketahui adalah tipe belajar. Dengan mengetahui tipe belajar apa yang kamu suka, kamu akan lebih cepat paham ketika membaca materi.

Jika kamu adalah tipe visual artinya kamu adalah orang yang suka belajar dengan cara melihat atau membaca. Jadi ketika kamu membaca kamu akan ingat apa yang sudah kamu baca. Lebih mudah mengerti jika ada gambar dan penjelasannya. Jadi cara belajar yang efektif adalah dengan membaca.

Tipe kedua adalah auditori. Tipe ini berbanding terbalik dengan tipe visual. Tipe auditori lebih bisa menangkap pelajaran jika orang lain menjelaskan. Dia bisa mengingat dengan tepat dan detail apa yang diucapkan oleh dosen, guru atau bahkan temannya. Jadi, metode yang tepat adalah dengan belajar bersama sambil berdiskusi sambil mendengarkan orang lain.

Baca Juga  Tips Jaga Kesehatan Untuk Anak Rantau

Tipe ketiga adalah kinestetik. Tipe ini adalah orang yang suka belajar sambil prakter. Biasanya anak dengan tipe kinestetik belajar dengan menyentuh objeknya atau bahkan ikut field trip agar lebih mudah dipahami. Bahkan, bisa jadi dia belajar sambil berjalan-jalan atau bergerak.

Tipe keempat adalah tipe reading writing. Orang dengan type seperti ini biasanya membaca materi kemudian menulis ulang. Seperti membuat mind mapping.

Setiap orang biasanya memiliki beberapa type belajar yang disukai, namun pasti ada satu yang lebih dominan. Inilah yang harus ditentukan agar belajarmu menjadi lebih efektif.

Baca Juga  Tips Semprot Parfum agar Harum Seharian!

2. Sediakan waktu untuk belajar

Tips selanjutnya adalah menyediakan waktu untuk belajar. Belajar yang efektif tidak bisa kamu raih ketika kamu belajar dengan sistem kebut semalam. Perlu diingat, kamu harus belajar untuk memahami bukan belajar untuk menghafal. Belajar ini harus terus diulang, jadi kamu harus menyediakan waktu untuk belajar.

3. Pomodoro Teknik

Tips ketiga agar belajarmu lebih efektif adalah dengan pomodoro teknik. Jadi, dalam waktu 25 menit kamu harus fokus belajar. Entah itu dengan membaca, menulis, atau mendengarkan tanpa terganggu oleh apapun. Setelah 25 menit kamu boleh istirahat selama 5 menit. Setelah itu pasang kembali alarm selama 25 menit dan lakukan hal yang sama. Jadi, ini dilakukan selama 4 siklus.

4. Teknik Feynman

Selanjutnya agar belajarmu lebih efektif kamu bisa melakukan teknik feynman. Teknik ini mengharuskan kamu menjelaskan apa yang sudah kamu pelajari ke orang awam atau ke orang baru sampai dia mengerti.

Baca Juga  Tips Hadapi Musim Hujan, Atasi Kulit Kering Dengan Minyak Ini

5. Latihan Soal

Tips terakhir adalah latihan soal. Latihan soal ini memicu rasa ingin tahu kita. Ketika kita menemukan soal yang tidak kita ketahui jawabannya, kita akan cenderung mencari jawaban itu. Jadi, latihan soal ini efektif membuat kamu mempelajari bagian yang belum kamu ketahui jawabannya.

Itulah beberapa tips belajar yang efektif ala Clarin Hayes. Selamat mencoba.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here