Terlalu Banyak Makan Makanan Manis ? Ini Dampaknya!

0

KabarUang.com, Jakarta – Rasa manis hadir di setiap makanan sebagai pelengkap. Rasa manis juga menjadi salah satu rasa yang ada pada minuman. Gula dalam minuman sendiri diklaim sebagai pengganti energi yang membuat tubuhmu menjadi bertenaga lagi saat anda merasa lemas.

Namun, perlu anda ketahui bahwa terlalu banyak mengonsumsi gula memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Seorang ketua Ikatan Dokter Online di Treated.com, Dr. Wayne Osborne mengatakan bahwa efek yang ditimbulkan dari mengonsumsi gula tidaklah semanis rasanya.

Ilustrasi via Hello Sehat

“Minuman atau makanan manis kemasan mengandung kadar gula yang tinggi.

Meskipun hanya dikonsumsi sesekali, tetap saja gula bisa membuat sistem tubuh menjadi kacau. “Asupan gula harian yang direkomendasikan adalah 90 gram. Jumlah gula yang ada dalam makanan pokok, seperti nasi, buah bahkan sayur mayur.”

Baca Juga  Punya Penyakit Asam Urat? Coba Redakan Dengan 7 Makanan Ini

Dengan begitu, asupan gula yang boleh dikonsumsi dalam bentuk lain, seperti minuman atau cemilan yang manis hanya boleh dikonsumsi sebanyak dua sendok saja. Jadi, apabila anda sudah mengonsumsi segelas teh manis dengan gula dua sendok, maka anda harus menghindari makanan atau minuman manis agar sistem tubuh anda berjalan dengan baik.

Sebagai gambaran untuk anda, sekaleng minuman soda manis mengandung sekitar 35 gram gula untuk ukuran 300 ml. Sedangkan dalam satu botol minuman manis kemasan 500 ml terdapat gula sebanyak 40 gram.

Baca Juga  Biji-bijian Kecil Chia Seed, Ternyata Bisa Turunkan Bobot Gula Darah

Dalam satu batang cokelat, gula yang terkandung sebanyak 30 gram. Jadi ketika anda mengonsumsi kedua makanan tadi, tandanya tubuh anda sudah kelebihan gula.

Berikut ini yang akan terjadi kepada anda setelah satu jam anda mengonsumsi gula berlebih :

1. 0-15 menit

Pada waktu ini gula yang masuk kedalam tubuh akan bercampur dengan bakteri dalam dan membentuk asam yang bisa mengikis enalmel gigi.

2. 15-30 menit

Setelah itu, gula akan melewati lambug dan mencapai usus kecil untuk dipercah dalam aliran darah. Lalu, pankreas akan melepas insulin untuk mengantisipasi masukanya gula untuk diubah menjadi energi.

Baca Juga  Marak Soal Penyebaran Corona, Ini Dampaknya ke Ekonomi

3. 30-40 menit

Tingginya gula yang masuk kedalam tubuh membuat pelasapan dopamin pada otak menjadi tidak seimbang. Padahal, dopamin sendiri memiliki peran yang penting dalam tubuh.

4. 45 menit

Langkah terakhir yang terjadi dalam tubuh ketika gula berlebih adalah ketidakstabilan hormon. Hal ini diakibatkan oleh oleh konsumsi gula berlebih.

Itulah proses terjadi pada tubuh manusia ketika kelebihan gula.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here