Pemerintah Indonesia Tutup Penerbangan ke China, Ini Kata Dubes China!

0

KabarUang.com, Jakarta – Maraknya virus corona membuat pemerintah Indonesia mengambil tindakan untuk menghentikan sementara penerbangan ke China. Rupanya hal ini ditanggapi langsung oleh Duta Besar China.

Virus corona yang penyebarannya sangat cepat membuat pemerintah RI mengambil langkah untuk menyelamatkan warganya. Salah satunya dengan cara menutup penerbangan dari dan ke China.

Ilustrasi via CNNIndonesia

Bukan hanya itu, pemerintah RI juga mengehntkan sementara pemberian bebas visa kunjungan dan visa on arrival untuk warga negara China. Terlebih, saat ini pemerintah melarang seluruh impor hewan hidup dari China. Langkah ini ternyata sangat disesalkan oleh pihak China.

Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao mengaku tidak senang dengan keputusan pemerintah RI ini. Dia sangat menyayangkan sikap pemerintah ini.

Baca Juga  Dampak Corona : Pemesanan Tiket, Industri Hotel dan Restoran Anjlok

“Menurut saya kalau ambil pembatasan seperti terhadap penukaran personal penerbangan dan perdagangan kami sangat tidak berharap itu dampaknya. Itu sebenarnya juga akan merugikan ekonomi perdagangan dan pariwisata Indonesia sendiri,”ungkap Xiao di kantor Kedutaan Besar China di Jakarta, pada Selasa (4/1) dilansir detikfinance.com.

Dubes China Menyayangkan keputusan pemerintah RI

Pasalnya Xiao mengatakan bahwa kerjasama yang dilakukan antara Indonesia dan China itu sudah berlangsung baik selama 8 tahun belakangan. Selain itu juga, turis China sudah memberikan banyak kontribusi kepada Indonesia.

Baca Juga  Setelah Adanya Pertemuan Bank Sentral Eropa, Dolar AS Menguat

“Saya pikir Tiongkok sudah 7 tahun atau 8 tahun berturut-turut menjadi mitra perdagangan terbesar di Indonesia dan Tiongkok sudah. Seminimalnya tingkat negara kedua terbesar sumber wisatawan asing setiap tahun ada 2 juta lebih turis dari China yang datang ke Indonesia. Dan Tiongkok juga adalah salah satu sumber investasi terbesar kepada Indonesia,”ungkapnya.

Selain itu, dia juga keberatan dengan diberhentikannya impor pangan karena virus corona belum terbukti bisa menular melalui pangan.

“Sekarang masih belum ada bukti yang bisa membuktikan Coronavirus bisa ditularkan lewat barang-barang impor, dan WHO sudah menyatakan bahwa mereka tidak setuju bahkan keberatan pada tindakan pembatasan perdagangan terhdap Tiongkok. Kami pikir bahwa kalau Indonesia benar-benar mengambil tindakan seperti itu akan mengakibatkan dampak negatif,”tutupnya.

Baca Juga  IMF Bantu Ikut Suntikan Dana ke Negara Angola Akibat Kondisi Perekonomiannya

Pemerintah Indonesia sendiri, menanggapi hal ini dengan tidak serius. Presiden Jokowi mengatakan bahwa ini yang bisa dilakukan oleh pemerintah RI.

“Ya apa pun, saya sampaikan bahwa kepentingan nasional kita tetap nomor 1,”ungkap Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here