Matematika Bisnis, Rumus, Konsep Dasar Dalam Ekonomi dan Bisnis

0
Matematika Bisnis, Rumus, Konsep Dasar Dalam Ekonomi dan Bisnis
Ilustrasi mengenal matematika bisnis, pengertian, rumus, konsep dasar, ruang lingkup via unsplash/huntersrace

Mengenal Matematika Bisnis

Matematika bisnis digunakan oleh perusahaan komersial untuk merekam dan mengelola operasi bisnis. Organisasi komersial menggunakan matematika dalam bidang akuntansi, manajemen persediaan, pemasaran, perkiraan penjualan, dan analisis keuangan.

Matematika adalah bagian penting dari mengelola bisnis. Bisnis dan matematika berjalan beriringan, ini karena transaksi bisnis dengan uang dan uang mencakup semuanya dengan sendirinya. Ada kebutuhan bagi setiap orang untuk mengelola uang karena beberapa titik atau yang lain untuk mengambil keputusan yang mengharuskan semua orang untuk mengetahui matematika.

Ini membantu Anda mengetahui formula keuangan, fraksi; pengukuran yang terlibat dalam perhitungan bunga, tarif sewa, perhitungan gaji, perhitungan pajak dll. yang membantu menyelesaikan tugas bisnis secara efisien. Matematika bisnis juga mencakup statistik dan memberikan solusi untuk masalah bisnis.

Matematika biasanya digunakan dalam perdagangan termasuk aritmatika dasar, aljabar dasar, statistik dan probabilitas. Manajemen bisnis dapat dilakukan secara lebih efektif dalam beberapa kasus dengan menggunakan matematika yang lebih maju seperti kalkulus, aljabar matriks dan pemrograman linier.

Bisnis selalu dikelilingi oleh tantangan yang perlu ditangani dengan cara yang tepat sehingga mereka tidak muncul di masa depan. Masalah-masalah ini yang terjadi setiap hari dapat diselesaikan secara efektif dengan bantuan model matematika.

Oleh karena itu matematika tidak hanya membantu menghitung tetapi juga menganalisis masalah bisnis dan mengerjakannya. Mempelajari dan menggunakan Matematika bisnis memungkinkan seseorang untuk berpikir di luar kebiasaan, mempertajam pemikiran seseorang dan membantu dalam merumuskan dan menyusun hubungan secara tepat.

Penggunaan Matematika Bisnis dalam bisnis 

Untuk mengenal bisnis, ini membutuhkan keterampilan lebih dari mengembangkan produk atau menyediakan layanan. Jika sebuah bisnis harus selamat dari iklan agar berhasil, ia perlu menjaga keuangan dan membuat pengaturan yang diperlukan agar bisnis itu juga berhasil.

Memahami Matematika bisnis adalah penting untuk menjaga operasi yang menguntungkan dan menjaga pencatatan yang akurat. Diperlukan sejak awal untuk menentukan harga produk / layanan sampai akhir ketika kita perlu memeriksa apakah anggaran telah dipenuhi.

Baca Juga  Tingkatkan Daya Saing, Industri Keuangan Indonesia Harus Berkolaborasi Dan Terintegrasi

Mari kita lihat situasi di mana Matematika bisnis diperlukan: Perhitungan biaya produksi Sebelum seseorang secara resmi memulai produksi dan membangun bisnisnya, sangat penting untuk memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan sehubungan dengan pembuatan seperti biaya bahan baku, mesin, sewa, biaya administrasi dll.

Selain biaya-biaya dasar ini ada biaya terkait lainnya seperti pemasaran, pergudangan, bunga dan pembayaran pinjaman, dll. Begitu semua biaya yang terkait dengan produksi dimasukkan, anda akan dengan mudah memperkirakan laba darinya untuk mempertahankan dan tetap kompetitif di pasar. Menentukan biaya yang terkait dengan setiap item secara akurat akan membuat dasar bisnis menjadi kuat.

Penentuan harga Ketika Anda telah berhasil menentukan biaya, tugas selanjutnya adalah memberi harga produk dengan benar sehingga menghasilkan jumlah arus kas yang tepat untuk kebutuhan bisnis di masa depan. Matematika bisnis juga berperan dalam pengisian harga jual yang benar akan memastikan bahwa produk tetap menguntungkan.

Pengukuran Keuntungan Ini memerlukan penentuan laba bersih dengan mengurangi biaya operasi dari jumlah total penjualan / pendapatan selama periode waktu tertentu. Yang juga perlu dikurangkan adalah pajak, depresiasi, potongan harga.

Ini membantu untuk mengetahui apakah produk diberi cukup biaya untuk melanjutkan operasi bisnis dan berkembang. Analisa keuangan Anda perlu memproyeksikan pendapatan dan pengeluaran bisnis jika kami perlu menganalisis kesehatan keuangan suatu bisnis. Kita perlu melakukan analisis sensitivitas tentang bagaimana kenaikan atau penurunan angka penjualan atau harga dapat mempengaruhi bisnis.

Ini membantu dalam menentukan bagaimana setiap karyawan berkontribusi pada bisnis dan bagaimana saya akan mempengaruhi. Menggunakan Matematika bisnis membantu membuat interpretasi iklan ini membawa bisnis ke tingkat yang lebih tinggi.

Baca Juga  Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) Dibuka Untuk Umum Hari Ini, Coba Yuk Mumpung Gratis

Karir Dalam Matematika Bisnis

Karir Dalam Matematika Bisnis
Ilustrasi karir dalam matematika bisnis unsplash/campaign_creators

Selain pengetahuan matematika setiap orang yang ingin membuat karir mereka dalam Matematika bisnis seseorang perlu juga memiliki pengetahuan tentang mata pelajaran seperti ekonomi, keuangan dan manajemen bisnis untuk membuka banyak pintu di bidang yang menantang ini.

Sejauh keterampilan berjalan, seseorang harus memiliki keterampilan komunikasi lisan dan tulisan yang baik karena matematikawan bisnis perlu bekerja dalam tim, menyusun penelitian, dan berhubungan dengan klien. Karena semua perusahaan memerlukan pengelolaan uang dan bisnis mereka, banyak ahli matematika menemukan pekerjaan di bidang ini.

Matematikawan mengikuti pemikiran logis, mengikuti pendekatan pemecahan masalah untuk bisnis. Perusahaan mempekerjakan ahli matematika untuk bekerja sebagai berikut: 

  • Aktuaris
  • Analis keuangan 
  • Penjamin asuransi 
  • Analis Anggaran 
  • Analis Riset Pasar
  • Analis Efek

Keterampilan Matematika Bisnis Yang Akan Mempersiapkan Anda untuk Memulai Bisnis 

Jika Anda memutuskan bahwa kursus Matematika bisnis akan membantu memajukan karir Anda atau jika Anda hanya ingin menjadi lebih mengerti secara finansial, pemahaman yang kuat tentang konsep-konsep matematika berikut akan membantu mempersiapkan Anda untuk menambah skill Anda ini. 

1. Integer 

  • Jadilah nyaman membaca, menulis, dan membuat perkiraan untuk bilangan bulat hingga 1.000.000. 
  • Mampu menambah, mengurangi, mengalikan, dan membagi bilangan bulat apa saja (menggunakan kalkulator jika diperlukan).

2. Fraksi, Desimal, dan Persentase

  • Dapat menambah, mengurangi, mengalikan, dan membagi pecahan, menyederhanakan sesuai kebutuhan. 
  • Mampu menghitung persentase. 
  • Mampu mengkonversi antara pecahan, desimal, dan persentase. 

3. Aljabar Dasar

  • Mampu memecahkan persamaan dengan satu atau lebih variabel. 
  • Mampu menghitung proporsi. 
  • Mampu memecahkan persamaan multi-operasional.

4. Formula

  • Mampu menerapkan nilai dan variabel dengan benar ke rumus apa pun yang diberikan (misalnya ketika diberi rumus untuk menghitung minat sederhana, I = Prt, dapat memasukkan nilai yang benar untuk P = pokok, r = suku bunga, dan t = waktu dalam tahun untuk menyelesaikan untuk I = bunga). Formula ini tidak perlu dihafal.
Baca Juga  Menteri Keuangan Sri Mulyani Bongkar Kasus Jiwasraya Melalui Jalur Hukum

5. Statistik

  • Mampu menyelesaikan untuk rata-rata, median dan mode dari set data 
  • Mampu menyelesaikan dan memecahkan berarti, median, dan mode.

6. Grafik

  • Mampu menafsirkan berbagai jenis grafik dan bagan seperti grafik batang dan garis, sebar plot, dan diagram lingkaran untuk memahami hubungan antara variabel yang berbeda.

Topik yang Dicakup dalam Matematika Bisnis 

Topik yang Dicakup dalam Matematika Bisnis (Ekonomi, akuntansi, dan mata pelajaran matematika konsumen)
Ilustrasi topik dalam lingkup matematika bisnis via novinarcom

Ekonomi, akuntansi, dan mata pelajaran matematika konsumen lainnya yang mungkin diajarkan dalam kursus Matematika bisnis meliputi: 

  1. Anuitas 
  2. Kredit 
  3. Penyusutan 
  4. Faktor diskon 
  5. Laporan Keuangan (pribadi atau bisnis) 
  6. Nilai Masa Depan dan Sekarang 
  7. Pertanggungan 
  8. Suku bunga 
  9. Investasi dan Manajemen Kekayaan 
  10. Pinjaman 
  11. Markup dan Markdown 
  12. Keuangan Hipotek dan Amortisasi 
  13. Persediaan produk 
  14. Pajak dan Hukum Pajak 
  15. Statistik Bunga Sederhana dan Majemuk.

Ketika datang ke profesi yang lebih banyak berurusan dengan alokasi modal, seperti konsultasi investasi dan stockbroking, memahami pertumbuhan dan kerugian investasi dan membuat prediksi keuangan jangka panjang adalah bagian mendasar dari pekerjaan sehari-hari.

Tanpa Matematika bisnis, tak satupun dari pekerjaan ini bisa berfungsi. Ini mengajarkan mereka bagaimana menyulap diskon, markup, overhead, laba, manajemen inventaris, penggajian, pendapatan, dan semua kompleksitas lainnya dalam menjalankan bisnis sehingga karier dan keuangan mereka dapat berkembang.

Bagi mereka yang memiliki bisnis, Matematika bisnis bahkan lebih penting. Matematika ini dapat membantu orang-orang ini untuk menjadi sukses dengan memberi mereka pemahaman yang kuat tentang bagaimana mengelola barang dan jasa untuk menghasilkan keuntungan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here