Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur, Pengertian dan Cara Membuat Laporan

0
Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur, Pengertian dan Cara Membuat Laporan
Ilustrasi laporan keuangan perusahaan manufaktur via unsplash/cowomen

Laporan keuangan perusahaan manufaktur adalah suatu catatan terkait informasi keuangan suatu perusahaa manufaktur dalam periode akuntansi tertentu.

Perusahaan manufaktur merupakan sebuah perusahaan industri yang mengolah bahan baku (raw material) menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi.

Contoh beberapa perusahaan manufaktur di Indonesia yang sering di cari untuk didownload dan dipelajari sebagai bahan referensi bersama laporan keuangannya baik dalam bentuk excel maupun pdf diantaranya yaitu;

Perusahaan Manufaktur Indonesia Sektor Perusahaan Industri Dasar & Kimia

1. Sub sektor Semen: PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP), PT Semen Indonesia Tbk (SMBR)

2. Sub sektor Kimia: PT Barito Pasific Tbk (BRPT), PT Duta Pertiwi Nusantara Tbk (DPNS)

3. Sub sektor Pakan Ternak: PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN), PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) 4. Sub Sektor Pul & Kertas: PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP), PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM), PT Kertas Basuki Rachmat Indonesia Tbk (KBRI)

Perusahaan Manufaktur Indonesia Sektor Industri Barang Konsumsi

1. Sub sektor Makanan & Minuman: PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Davomas Abadi Tbk (DLTA), PT Akasha Wira International Tbk (ADES)

2. Sub sektor Rokok: PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP), PT Bentoel International Investama Tbk (RMBA)

3. Sub sektor Farmasi: PT Kimia Farma Tbk (KAEF), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) 4. Sub Sektor Kosmetik: PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), PT Martina Berto Tbk (MBTO), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR)

Perusahaan Manufaktur Indonesia Sektor Aneka Industri

1. Sub sektor Otomotif: PT Astra International Tbk (ASII), PT Astra Otopart Tbk (AUTO), PT Goodyear Indonesia Tbk (GDYR), PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL)

2. Sub sektor Teksil & Garment: PT Asia Pasific Fibers Tbk (POLY), PT Argo Pantes Tbk (ARGO), PT Eratex Djaya Tbk (ERTX)

3. Sub sektor Elektronika: PT Sat Nusa Persada Tbk (PSTN)

Menguak Perusahaan dan Membuat Laporan keuangan Perusahaan Manufaktur

Tiap perusahaan manufaktur memiliki ciri dan karakteristik masing-masing. Lebih lengkapnya lagi berikut ini akan membahas laporan keuangan perusahaan manufaktur. Mulai dari laporan keuangan, perusahaan manufaktur, pembuatan laporan manufaktur, tujuan pembuatan dan lain sebagainya.

Baca Juga  Laporan Keuangan Perusahaan, Pengertian, 4 Contoh, Tujuan, Fungsi, Sifat dan Jenis

– Laporan Keuangan

Dalam sebuah perusahaan akan ada financial statement di mana di situ tertulis semua catatan yang menggambarkan posisi dan situasi bisnis Anda dalam hal keuangan.

Seluruh aktivitas bisnis Anda akan tercatat di dalam dokumen, mencakup laporan neraca, laporan arus kas, perubahan modal sampai laba rugi perusahaan. Karena hal tersebut, Laporan keuangan perusahaan ini merupakan dokumen penting yang wajib dibuat oleh setiap pemilik usaha kecil, menengah, dan besar.

Pada umumnya, pembuatan laporan keuangan dilakukan supaya Anda bisa menggambarkan atau memvisualisasikan keadaan keuangan bisnis.

Tak hanya itu, laporan keuangan manufaktur dapat Anda gunakan untuk mengukur keberhasilan strategi pemasaran dalam satu priode sebelumnya. Hal ini bisa dilihat dari seberapa banyak keuntungan yang diperoleh.

Jika periode tersebut keuntungannya sangat besar maka strategi tim marketing perusahaan Anda telah berhasil dilakukan. Namun, apabila rencana tim marketing tidak berjalan dengan baik dan keuntungan yang didapat pun kecil.

Di saat seperti ini laporan keuangan perusahaan manufaktur yang akan memegang kendali dan segera membuat strategi yang tepat untuk dijalankan pada tahap selanjutnya.

– Perusahaan Manufaktur

Sebetulnya Anda telah menggunakan barang dari hasil produk manufaktur, meski Anda tidak membelinya dari berbagai tempat yang berbeda-beda sampai Anda tidak menduga kesemua itu buatan perusahaan manufaktur.

Contohnya pada ponsel pintar yang Anda miliki, spare part, atau jam tangan. Ke semua benda ini dihasilkan oleh perusahaan manufaktur. Dari contoh-contoh ini pastinya Anda telah memahami apa yang dimaksud perusahaan ini.

Biasa dikatakan kalau perusahaan manufaktur ialah suatu usaha yang dibuat setengah jadi ataupun mentah. Dari hasil tersebut akan dikirim ke para penjual untuk pelengkap bahan baku utama produk buatannya.

Dalam hal ini biasanya berupa moda transportasi baik itu kendaraan roda dua ataupun lebih. Perusahaan otomotif pembuatan motor misalnya, pastinya mereka tidak membuat semua bagian-bagian kendaraan sendiri.

Umumnya mereka akan membeli bagian-bagian tertentu dari pihak perusahaan manufaktur. Begitupun pada produk smartphone yang bahan bakunya casing berasal dari perusahaan manufaktur lainnya.

Baca Juga  √ Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang, 12 Tahapan Lengkap dan Penjelasannya

Jika manufaktur berhenti produksi akan berpengaruh pada persediaan produk dan juga laporan keuangan pada perusahaan manufaktur itu sendiri.

Cara Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

Dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan manufaktur, Anda membutuhkan catatan Neraca, HPP atau Harga Pokok Produksi Laba Rugi, dan juga Perubahan Modal atau Ekuitas.

Pada artikel ini akan membahas perihal semua catatan laporan tersebut di mana akan sangat mempengaruhi Laporan Manufaktur dibuat.

1. Harga Pokok Produksi  atau HPP

Contoh laporan keuangan harga pokok produksi (HPP) perusahaan manufaktur
Contoh laporan keuangan harga pokok produksi (HPP) perusahaan manufaktur via zahiraccountingcom

HPP menjadi pembeda dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan manufaktur, HPP menjadi pembeda untuk membandingkannya dengan Perusahaan Jasa dan Perusahaan Dagang.

Dengan laporan harga pokok produksi ini Anda dapat memakainya untuk melihat berapa banyak jumlah sisa persediaan yang mana stok atau persediaan barang digunakan untuk proses produksi pada satu periode.

Jadi pada laporan keuangan manufaktur harga pokok produksi ini menjadi penentu harga awal produk sebelum masuk pada harga jual umumnya di pasaran.

Adapun faktor-faktor yang penentu HPP yaitu nilai jual suatu produk bagi konsumen. Makin banyak yang menginginkan atau mencari produk makin besar pula harga produknya.

2. Laporan Keuangan Laba Rugi

Laporan keuangan perusahaan jasa atau perusahaan dagang tidak jauh beda dengan laporan keuangan perusahaan manufaktur pada laporan laba rugi.

Pembuatan laporan ini memang dibuat untuk melihat kondisi finansial sebuah usaha yang terlihat pada produk yang terjual serta beban atau  pengeluaran yang dilakukan perusahaan.

Nantinya, akan terlihat perbandingan tiap periode apakah memberikan rencana pemasaran memiliki dampak keuntungan atausebaliknya malah member kerugian dalam satu periode.

3. Laporan Keuangan Neraca

Contoh laporan keuangan neraca perusahaan manufaktur
Contoh laporan keuangan neraca perusahaan manufaktur via zahiraccountingcom

Laporan keuangan manufaktur pada laporan neraca ini Anda dapat melihat keadaan keuangan dalam bisnis yang Anda kelola. Selain itu, Anda pun bisa mengetahui seluruh data mengenai pasiva atau kewajiban berupa hutang, harta atau aktiva dan perubahan modal atau ekuitas. Baik itu tetap atau berjalan lancar.

4. Laporan Keuangan Perubahan Modal

Hal terakhir yang tak kalah penting dalam catatan laporan keuangan perusahaan manufaktur ialah laporan perubahan modal. Hal ini dikarenakan, Anda dapat mengetahui perihal fluktuasi atau penurunan atau peningkatan pada aset kekayaan harta atau Aktiva pada perusahaan Anda.

Kelak, hal tersebut akan berpengaruh pada modal produksi yang akan Anda buat untuk periode selanjutnya.

Baca Juga  Laporan Keuangan Perusahaan Jasa, Pengertian, Jenis dan Komponen

Tujuan Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

Sebetulnya apa tujuan dari pembuatan laporan keuangan ini? Singkatnya, tujuan dari laporan keuangan ini ialah untuk menyediakan informasi mengenai aktivitas perusahaan semasa tahap pembukuan ini untuk:

– Bagian manajemen perusahaan

– Pemilik perusahaan manufaktur

– Investor perusahaan manufaktur

– Pemerintah atau dinas perpajakan

Dari laporan keuangan perusahaan manufaktur ini Anda akan mengetahui berbagai informasi penting perusahaan, di antaranya:

– Kondisi kas perusahaan dan jumlah hutang piutang,

– Persediaan barang,

– Aset-aset milik perusahaan,

– Penjualan perusahaan tersebut, biaya-biaya

– Terlihat aliran kas atau cashflow.

Dari laporan keuangan manufaktur ini para investor akan membaca dan melakukan analisa pada laporan tersebut secara tahunan.

Dalam publikasi laporan keuangannya, perusahaan manufaktur biasanya memberi akses ke publik termasuk investor untuk membaca laporan ini dari tahun sebelumnya hingga tahun terakhir (tahun 2016, tahun 2017, tahun 2018, tahun 2019, dan selanjutnya tahun 2020).

Dengan begitu mereka dapat menaksir waktu, jumlah, serta ketidak pastian dari penerimaan uang untuk masa depan. Penerimaan kas tersebut berasal dari bunga dan hasil penjualan, jatuh tempo, ataupun dari pelunasan.

Dan laporan keuangan perusahaan ini akan memperlihatkan sumber-sumber ekonomi pada suatu perusahaan. Setelah itu, pengaruh dari kejadian, keadaan, maupun transaksi keuangan berpengaruh pada sumber-sumber serta pengklaiman atas sumber-sember itu,

Terdapat 2 tujuan perusahaan manufaktur dalam laporan keuangannya, yakni tujuan umum dan tujuan kualitatif.

Tujuan Umum Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

– Informasi keuangan yang bisa dipercaya

– Informasi yang diberikan membantu para pemakai laporan keuangan ini memperkirakan potensi perusahaan menghasilkan keuntungan.

– Mengungkap hubungan informasi lain pada laporan keuangan, seperti aktivitas penanaman dan pembelanjaan.

Tujuan Kualitatif Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

– Relevan dan dapat dimengerti

– Memiliki daya uji.netral, dan tepat waktu

– Mempunyai daya banding serta lengkap

Dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan manufaktur ini yang perlu Anda perhatikan ialah catatan pada semua laporan seperti yang dijelaskan di atas. Agar tak ada kesalahan dalam pembukuan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here