Laporan Keuangan Perusahaan Jasa, Pengertian, Jenis dan Komponen

0
Laporan Keuangan Perusahaan Jasa, Pengertian, Jenis dan Komponen
Ilustrasi laporan keuangan via unsplash/craftedbygc

Laporan Keuangan Perusahaan Jasa adalah salah satu laporan yang terbilang cukup penting karena laporan keuangan pasti selalu dibutuhkan baik oleh perusahaan profit maupun non profit.

Beberapa contoh perusahaan jasa yaitu; Perusahaan Jasa Transportasi Penumpang : Gojek, Grab, Maxim, Perusahaan Jasa Properti : Agung Podomoro Land, Alam Sutera Reality Tbk, Bakrieland Develpoment Tbk, Sentul City Tbk, Perusahaan Jasa Komunikasi dan utilitas: Indosat Tbk , Telkomsel, Perusahaan jasa bidang keuangan : Bank Mandiri , BRI , BCA, Perusahaan jasa Kesehatan : Indofarma Tbk, Perusahaan Jasa pengiriman barang : FedEX , TIKI , Pos Indonesia.

Agar lebih jelas lagi mengenai Laporan Keuangan Perusahaan Jasa ini simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal Pengertian Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Keuangan merupakan sumber sekaligus bagian yang bisa dikatakan rawan. Kenapa begitu? Hal ini karena berkembang atau tidaknya sebuah perusahaan juga dipengaruhi oleh faktor keuangan. Ketika sebuah perusahaan memiliki sumber keuangan yang besar namun management keuangannya buruk, maka kondisi finansial perusahaan tersebut bisa saja ambruk.

Sebaliknya, sebuah perusahaan yang memiliki keuangan terbatas namun dalam pengelolaan keuangan tersebut baik maka tidak menutup kemungkinan jika pada akhirnya akan menjadi sebuah perusahaan yang maju dan berkembang pesat.

Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk memperhatikan bagian keuangan terutama untuk perusahaan – perusahaan besar baik itu yang tujuannya mencari keuntungan ataupun tidak keduanya harus memiliki laporan keuangan yang tepat agar nantinya bisa menciptakan kondisi keuangan yang stabil sehingga segala sesuatunya bisa terpenuhi dengan baik.

Berdasarkan sedikit penjelasan diatas maka sudah bisa ditarik kesimpulan bahwa setiap perusahaan, apapun bidangnya memang sangat perlu untuk memiliki seseorang yang berkompeten dalam bidang keuangan agar segala arus keuangan yang masuk dalam perusahaan tetap terstruktur dengan baik.

Jika memang terlalu sulit untuk mempercayai seseorang yang bertugas untuk mengelola hal tersebut, maka salah satu cara yang bisa digunakan adalah menggunakan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa.

Jenis Laporan seperti ini sudah cukup banyak dan memang menjadi solusi termudah dan terpraktis karena tanpa harus memiliki kemampuan pengelolaan laporan keuangan terlebih dahulu, perusahaan akan tetap bisa memiliki laporan keuangan yang benar karena sudah ada Laporan yang akan membantu dalam menyelesaikan hal tersebut.

Baca Juga  Kinerja Freeport Semakin Melemah di Tahun 2019 Hasilkan Laporan Keuangan Anjlok

Fungsi Dan manfaat Dari Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Pada dasarnya setiap perusahaan memang membutuhkan laporan keuangan. Meskipun sebuah perusahaan tidak selalu bertujuan komersial atau profit, namun tetap saja bahwa memiliki laporan keuangan merupakan sebuah hal yang wajib untuk dilakukan.

Karena dengan laporan keuangan itulah nantinya kondisi keuangan akan terpantau sehingga segala bentuk aktivitas di dalam perusahaan tersebut, terutama yang berkaitan dengan pendanaan akan tercukupi.

Dengan kata lain, perusahaan bisa memantau laju perkembangan perusahaan yang dikelola apakah berjalan dengan baik atau tidak bisa dilihat dari bagaimana kondisi laporan keuangannya.

Lagipula bisa dikatakan bahwa laporan keuangan tak hanya bermanfaat bagi perusahaan atau instansi itu sendiri melainkan juga bisa dimanfaatkan oleh beberapa pihak lain diluar perusahaan tersebut misalnya para investor, kolega atau relasi maupun masyarakat luas yang ingin melakukan kerjasama dengan perusahaan tersebut.

Dengan begitu rasanya tak heran jika mengenai keuangan perusahaan memang harus memiliki laporan yang rapi dan jelas. Jika tidak ada seseorang yang berkompeten untuk menangani hal tersebut maka bisa menggunakan Laporan Keuangan ini.

Dengan adanya Laporan Keuangan inilah anda sebagai pelaku bisnis atau perusahaan tak harus pusing memikirkan bagaimana membuat laporan keuangankarena semuanya akan di handle dengan baik oleh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa ini.

Jenis – jenis Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Perlu diketahui bahwa untuk menjadi seseorang yang handal dalam bidang pengelolaan laporan keuangan perusahaan, ada banyak hal yang perlu dipahami karena ternyata memang laporan keuangan perusahaan tidak sesederhana yang dibayangkan.

Dalam hal ini artinya laporan keuangan ini dibagi kedalam beberapa hal meskipun memang laporan keuangan tersebut tetap disesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan.

Baca Juga  Akibat Belum Lapor, Spekulasi Kinerja BUMN Mencuat

Namun siapapun yang melakukan pengelolaan laporan keuangan, entah itu oleh seseorang yang ditugaskan untuk membuat laporan keuangan dalam sebuah perusahaan maupun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa tetap saja ada beberapa jenis laporan dasar yang wajib untuk dilakukan. Kelima jenis laporan tersebut antara lain:

1. Laporan Laba dan Rugi

Contoh laporan keuangan laba rugi perusahan jasa
Contoh laporan laba rugi perusahaan jasa via pinterestcom

Laporan Keuangan Perusahaan Jasa yang pertama adalah mengenai keuntungan dan kerugian. Bentuk laporan perusahaan jasa yang satu ini memiliki banyak manfaat terutama bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi perusahaan atas segala aktifitas yang terjadi selama satu periode berlangsung.

Selain itu dengan adanya laporan laba rugi ini, perusahaan juga bisa terbantu ketika akan memutuskan beberapa hal yang berkaitan dengan pendanaan misalnya saja dalam hal membayar pajak.

Untuk Laporan Perusahaan Jasa laba rugi ini, terdiri dari beberapa hal misalnya saja :

  • Biaya produksi
  • Biaya pajak
  • Profit atau keuntungan perusahaan

Serta biaya – biaya lain yang berkaitan dengan pendapatan maupun kerugian perusahaan.

  • Arus Kas

2. Laporan Keuangan Arus Kas

Kemudian untuk Laporan Keuangan Perusahaan Jasa yaitu laporan mengenai arus kas. Dalam sebuah perusahaan, entah itu yang tujuannya adalah komersil maupun tidak tetap saja bahwa laporan arus kas harus jelas. Untuk itulah alasan mengapa Laporan Perusahaan Jasa ini harus dibuat.

Laporan Perusahaan Jasa mengenai arus kas perusahaan ini sangat penting karena bisa mendeteksi keuangan yang masuk dan keluar. Hal ini bisa dijadikan sebagai patokan baik mengenai arus keuangan yang sedang berjalan maupun yang akan datang. Untuk Laporan yang satu ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu :

  • Operasional perusahaan
  • Penjualan dan pembelian
  • Pendanaan perusahaan
  • Neraca

3. Laporan Keuangan Neraca

Laporan Keuangan Perusahaan Jasa  berikutnya adalah neraca dan neraca ini akan memberikan seperti apakah kondisi perusahaan. Umumnya neraca ini akan menampilkan informasi secara detail dan lengkap berupa :

  • Aset perusahaan
  • Modal perusahaan
  • Kewajiban perusahaan
  • Perubahan Modal

Laju atau perkembangan perusahaan memang tidak bisa diprediksi. Ada kalanya modal akan ditambah dan ada kalanya modal akan berkurang. Semua itu tergantung pada sedikit banyaknya kendala yang ditemui selama perusahaan berjalan. Dan Laporan Perusahaan Jasa inilah yang akan merangkum mengenai perubahan modal dalam sebuah perusahaan.

Baca Juga  Wall Street Ditutup Flat Dan Menanti Keputusan Suku Bunga The Fed

4. Catatan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Untuk jenis Laporan Keuangan Perusahaan Jasa yang satu ini umumnya hanya dilakukan oleh perusahaan – perusahaan saja. Sehingga bisa dikatakan tidak semua perusahaan membuat jenis laporan yang satu ini.

Umumnya laporan ini merupakan penjelasan rinci mengenai laporan – laporan lainnya sehingga tentunya akan diletakkan pada bagian belakang. Dan bisa dikatakan bahwa jenis laporan ini jumlahnya akan lebih banyak karena merangkum berbagai jenis laporan.

Solusi Terbaik Dalam Mengatur Keuangan Perusahaan Jasa

Mungkin masih banyak yang belum menyadari pentingnya sebuah laporan keuangan perusahaan padahal peran dari laporan ini cukup penting untuk memantau perkembangan perusahaan itu sendiri.

Lalu bagaimana solusinya? Sebenarnya cukup mudah, anda hanya perlu mempercayakan satu pihak untuk mengelola laporan keuangan tersebut. Jika memang tidak ada, maka solusinya adalah dengan memanfaatkan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa.

Melalui Laporan Keuangan ini bisa membantu sebuah perusahaan jasa dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang tepat yaitu berupa catatan yang dibukukan sehingga segala aktivitas keuangan perusahaan jasa tercatat secara detail dan lengkap.

Umumnya salah satu Laporan Perusahaan Jasa ini sudah memiliki pihak – pihak yang memang sudah sangat berkompeten dalam menangani masalah laporan sehingga segala hal yang berkaitan dengan keuangan perusahaan dapat terpantau.

Namun pastikan bahwa anda memilih Laporan Keuangan yang tepat yaitu Laporan Keuangan Perusahaan Jasa yang profesional, berpengalaman dan juga memiliki sertifikasi yang dapat dipertanggungjawabkan agar nantinya mampu mendukung perkembangan dari perusahaan anda tersebut.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here