Bogasari Dorong Pengembangan UMK Bidang Kuliner

0

KabarUang.com, Jakarta – PT Indofood Sukses Makmur Tbk melalui brandnya Bogasari terus berupaya mendorong usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia. Caranya melalui inkubasi bisnis.

Manajer SME dan BBC Bogasari Tike Beatrik Soedibio mengatakan bahwa pihaknya terus mendorong masyarakat agar mereka menjadi pelaku usaha. Bukan hanya menjadi konsumen. Terlebih di kalangan milenial. Hal ini sejalan dengan tren milenial yang kebanyakan menjadi seorang enterpreneurship.

Ilustrasi via Sindonews.com

“Makanya kami dorong agar mereka jadi bagian kita, menjadi enterpreneur. Apalagi mereka membutuhkan apresiasi dan dorongan. Makanya kami wadahi mereka untuk menjadi pengusaha,”jelas Tike di sela sela acara Gelegar Hadiah Bogasari Mitra Card (BMC) Tahap 2 penganugerahan Bogasari SME Award 2019 di Festival Citilnk, Bandung, Minggu (16/2).

Baca Juga  Awal Tahun 2020, Ojek Online Berhasil Beroperasi di Malaysia

Dari beragam acara yang diadakan, salah satu acara yang menjad unggulan adalah inkubasi Bogasari Making Center (BMC). Ajang ini menjadi wadah dimana mereka bisa belajar menjadi seorang pengusaha. Setiap tahunnya inkubasi BMC ini menampung hingga 15.000 orang dari range usia 25 hingga 40 tahun.

Tike mengatakan bahwa dari keseluruhan yang mengikuti ajang ini 15% diantara berhasil menjadi seorang pegusaha.

“Dari ribuan peserta yang ikut pelatihan setiap tahunnya, sekitar 15% berhasil menjadi pengusaha. Mulai dari pengusaha kecil hingga menengah. Kami berharap, jumlahnya akan terus naik menjadi sekitar 20%,”paparnya.

Baca Juga  Pendiri Theranos, Elizabeth Holmes, Akan di Adili 2020 Mendatang

Bukan hanya itu, pihaknya juga mendorong agar milenial berkreasi untuk menghasilkan produk kolaborasi dengan hasil pertanian lokal. Dengan harapan, kolaborasi itu nantinya bisa berkembang dengan keragaman pangan yang menyerap komoditas pertanian lokal.

Bogasari dukung pengembangan UKM dengan banyak program

Senior Vice President Commercial Bogasari Ivo Ariawan sendiri mengatakan bahwa ada banyak kegiatan yang bisa diikuti. Diantaranya yakni kegiatan pembinaan UKM yang meliputi edukasi produk, strategi prmosi, pemasaran serta perijinan usaha. Dimana bentuknya bisa berupa pelatihan, seminar, festival, kuliner dan kunjungan pelanggan.

“Bahkan untuk pengurusan perijinan seperti sertifikasi halal produk yang diwajibkan pemerintah. Bogasari akan memfasilitasi UKM seperti yang sudah diawali di tahun 2019 dengan pembuatan sertifikat halal produk untuk anggota UKM mie yang tergabung dalam Paguyuban Mie Tunggalrasa Garamiro,”jelasnya.

Baca Juga  Upaya Pemenuhan Bahan Baku, Pemerintah Segera Ajukan Impor Gula

Sementara terkait dengan acara Gelegar Hadiah BMC Tahap 2 adalah bentuk dari apresiasi Bogasari atas kemitraannya dengan UKM yang menjadi angoota BMC. Sedangkan penganugerahan Bogasari SME Award adalah program puncak pembinaan Bogasari untuk UKM, dimana digelar setiap tahun mulai dari tahun 2010.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here