Berikut Nasihat Jeff Bezos Untuk Pembisnis Pemula

0
ilustrasi via foreignpolicy com
ilustrasi via foreignpolicy com

KabarUang.com , Jakarta – Pengalaman adalah guru terbaik memang benar adanya. Maka, tak salah ketika kita mendengarkan nasihat bagi mereka yang sudah memiliki banyak pengalaman seperti miliarder terkaya di dunia yakni Jeff Bezos. Ia pun memiliki pesan bagi pengusaha pemula. Pesannya adalah bersiap untuk mengambil risiko besar dan gagal saat memulai bisnis.

“Ambil risiko. Anda harus mau mengambil risiko. Jika memiliki ide bisnis tanpa risiko, itu mungkin sudah dilakukan, Kamu harus memiliki sesuatu yang mungkin tidak berhasil. Dalam banyak hal, ini akan menjadi eksperimen,” ujar Bezos, seperti melansir laman Enterpreneur.com beberapa waktu lalu.

Baca Juga  Jadi Keluarga Terkaya di Dunia, Walton Hasilkan 1 Milyar Tiap Menit

Menurutnya, ketika memulai menapaki bisnis akan banyak uji coba di awal bisnis yang gagal. Namun kegagalan besar dikatakan adalah bagian penting dari perjalanan menuju kesuksesan.

“Kami mengambil risiko setiap saat, kami berbicara tentang kegagalan, Kita perlu kegagalan besar untuk menggerakkan jarum. Jika tidak, kita tidak cukup berayun. Kamu benar-benar harus berayun keras, dan kamu akan gagal, tapi tidak apa-apa,” ujarnya.

Ia pun mengenang kisahnya saat mendirikan Amazon pada tahun 1995. Saat itu ia hanya memiliki 10 karyawan. Namun lihatlah sekarang, kini ia mampu mengubahnya menjadi salah satu perusahaan publik paling berharga di dunia.

Baca Juga  96% Bisnis Gagal Setelah Menempuh Jangka Waktu 10 Tahun, Kenali Step Untuk Mempertahankannya

Bahkan Amazon memiliki nilai kapitalisasi pasar hampir USD860 miliar atau Rp11,7 kuadriliun (USD 1= Rp 13.608).

Pesan lain dari sosok idola banyak orang ini adalah selain berani mengambil risiko dan gagal, pengusaha juga harus bersemangat. Karena, dalam mendirikan bisnis tentunya akan mengalami persaingan. “Kamu akan bersaing dengan mereka yang bersemangat,” tambahnya.

Tak hanya itu, seorang pengusaha juga harus terobsesi dengan pelanggan. Yakni hal yang paling penting adalah memuaskan pelanggan dengan menyenangkannya.

Baca Juga  Green Financing Menjadi Salah Satu Strategi OCBC NISP Tahun Depan

Selain itu, Jeff Bozz juga berpesan kepada entrepreneur pemula untuk tidak memikirkan uang yang akan di terimanya. Seperti yang ia katakana bahwa ia pada tahun pertama di amazon bias di bilang gagal atau belum bias menghasilkan pendapatan. Dia membuat kesalahan dan menempatkan banyak produk di bagian atas raknya, hal itu menyebabkan para pekerjanya tidak bias membawa barang yang cukup cepat untuk memenuhi kebutuhannya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here