Tips Menjaga Pola Hidup Sehat pada Anak

0

KabarUang.com, Jakarta – Sebagai orangtua, pastilah menginginkan anaknya sehat. Namun, tak jarang orangtua lupa bahwa perannya adalah menjaga pola hidup anak agar sehat.

Ilustrasi via suarasurabaya

Good Doctor bekerjasama dengan IDNTimes untuk mengadakan event #GoodParentingSeries dengan tema “Gizi Seimbang, Pertumbuhan Cemerlang”. Materi ini dibawakan oleh dr. Shanty Handayani yang mengatakan bahwa ada beberapa tips menjaga pola hidup sehat pada anak :

1. Memperhatihan gizi yang diberikan pada anak

Peran orangtua dalam tumbuh kembang anak sangatlah besar. Anda dituntut untuk memenuhi kebutuhan gizi pada anak. Ketika anda memberikan makan pada anak, tugas anda bukan hanya membuat perutnya kenyang. Lebih dari itu, makanan yang anda berikan haruslah memenuhi kebutuhan gizi harian anak.

Baca Juga  Membaca Buku bisa Semenyenangkan Main Games ? Berikut Tipsnya!

Berikanlah makanan sehat yang mengandung sumber protein yang baik. Mengandung karbohidrat yang cukup, vitamin, lemak dan unsur penting lainnya yang dibutuhkan tubuh anak.

2. Buatkan hidangan sehat yang enak

Bukan hanya membahas tentang pentingnya gizi seimbang, event #GoodParentingSeries juga mengadakan demo masak. Acara ini dipandu oleh Kushandari Arfanidewi, seorang pemilik akun instagram @kelincitertidur. Dalam acara ini, dia memberikan resep masakan ‘misoa nugget’ yang enak namun tetap sehat untuk anak-anak.

Dalam akun instagramnya itu, beliau selalu membagikan resep makanan untuk anak-anak. Bukan hanya sehat, tetapi juga enak dengan tampilan yang menarik. Sehingga ini bisa menjadi solusi bagi anak anda yang sulit makan.

3. Ajarkan untuk rutin minum air putih

Selanjutnya, tugas para orangtua agar anak sehat adalah mengajarkan anak untuk rutin minum air putih. Tanamkan pada dirinya bahwa air putih sangatlah baik untuk tubuh. Biasakan agar anak agar selalu cukup minum air putih.

Baca Juga  Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri dalam Menjalani Hari Esok!

4. Ajak anak untuk beraktivitas

Pada masa-masa pertumbuhan, biasanya anak sangat aktif. Untuk itu, anda sebagai orangtua harus mengajak anak untuk beraktivitas karena bisa membantu meningkatkan motorik anak. Selain itu, ajarkan anak untuk rutin berolahraga, meski hanya sekedar berjalan-jalan.

5. Berikan waktu tidur yang cukup

Selanjutya, tips dalam menjaga pola hidup sehat adalah memberikan waktu tidur yang cukup. Hal ini karena mendapatkan waktu tidur yang cukup penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Bukan hanya memberikan energi pada anak, tidur yang cukup juga membantu kinerja otak bekerja dengan baik.

Baca Juga  Tips Hidup Sederhana Ala Desi Anwar

6. Rutin cek dan konsultasikan kesehatan anak

Tips terakhir dalam menjaga pola hidup sehat pada anak adalah dengan rutin mengecek serta mengonsultasikan kesehatan pada anak. Dengan begini, orangtua bisa mengetahui kondisi kesehatan serta tumbuh kembang anak.

Itulah beberapa tips yang bisa anda tempuh sebagai orangtua dalam menjaga pola hidup sehat pada anak.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here