Tips Jaga Kesehatan Untuk Anak Rantau

0

KabarUang.com, Jakarta – Banyak lulusan SMA/SMK yang memutuskan untuk merantau. Entah itu untuk melanjutkan pendidikan atau bahkan bekerja. Beragam alasan yang mereka anut, mulai dari kualitas pendidikan yang lebih baik hingga tunjangan gaji yang lebih besar.

Ilustrasi via HarianHaluan

Menjadi anak rantau banyak sekali tantangannya, terutama masalah kesehatan yang seringkali diabaikan. Jauh dari orangtua adalah faktor yang membuat kebanyakan anak rantau tidak bisa mengurus diri sendiri dengan baik. Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan bagi anak rantau :

1. Lakukan olahraga ringan

Dimanapun tempat tinggalnya, salah satu yang tidak bleh dilupakan adalah olahraga. Olahraga yang bisa dilakukan oleh anak rantau misalnya saja olahraga ringan seperti workout di dalam kosan. Apabila memungkinkan kamu juga bisa olahraga lari setiap hari libur atau minimal 2 kali seminggu. Jika memungkinkan kamu bisa mengikut member gym.

Olahraga menjaga tubuhmu agar tetap segar dan bugar. Dengan olahraga juga kita melatih tubuh untuk tetap aktif bergerak.

Baca Juga  Menteri PUPR Katakan Masa Kuliah adalah Masa yang Harus Dinikmati

2. Konsumsi vitamin

Banyak aktivitas yang dilakukan membuat tubuhmu butuh lebih banyak energi. Minum vitamin untuk kesehatan bisa dikatakan sebagai investasi kesehatan. Dengan mengkonsumsi vitamin, kamu akan terhindar dari virus penyakit.

Hal ini karena kamu akan memiliki daya tahan tubuh yang baik. Terlebih kamu tinggal di kota orang dimana kamu harus beradaptasi dengan cuacanya. Saat ini, sudah banyak vitamin yang harganya cukup terjangau untuk kalangan mahasiswa.

3. Sedia P3K di Kosan

Selanjutnya, untuk antisipasi hal-hal yang tidka diinginkan, selalu sediakan P3K di dalam kosan. Tidak harus menggunakan kotak P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan), kamu juga bisa menggunakan dompet atau pouch yang kamu miliki.

Baca Juga  Jangan Lagi Bilang I'm So Happy, Gunakan Idioms Ini Biar Gak Mainstream!

Kamu bisa mengisinya dengan beragam obat yang mungkin suatu saat akan kamu butuhkan. Seperti cairan pembersih luka, kapas, plester luka dan jangan lupa juga siapkan obat domestik. Misalnya obat sakit kepala, obat tetes mata, obat demam, obat flu dan lainnya. Jadi, ketika suatu saat kamu merasa tidak enak badan, kamu hanya perlu mengambil obatnya dan tidak lagi harus pergi ke apotek untuk membelinya.

4. Konsumsi air putih yang cukup

Hal penting yang terkadang dilupakan oleh anak kosan adalah konsumsi air putih yang cukup. Hal ini karena biasanya mereka sangat merasa keberatan untuk membeli air galon. Dengan banyak alasan, mereka memilih membeli air botol minum kecil, dimana mereka membutuhkan lebih dari itu atau bahkan lebih memilih minuman berasa ketika haus.

Padahal, air putih yang sangat dibutuhkan tubuh. Konsumsi air putih yang cukup membantu kamu terhindar dari dehidrasi, melancarkan peredaran darah, membantu melancarkan pencernaan bahkan membuat kulitmu sehat.

Baca Juga  Toxic Kerja? Ini Dia Tips Untuk Menghadapinya

5. Kurangi konsumsi mie instan

Terakhir, hal yang paling disukai oleh anak rantau adalah mengonsumsi mie instan. Dengan berbagai alasan, mie instan dipilih karena snagat praktis. Namun, untuk jaga kesehatan, kurangi konsumsi mie instan di kosan. Kamu harus membatasi diri untuk mengonsumsi mie. Usahakan untuk masak makananmu sendiri atau membeli nasi dan lauknya di warteg.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan oleh anak rantau untuk menjaga kesehatannya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here