Tips Hidup Sederhana Ala Desi Anwar

0
Foto intsagram/desianwar

KabarUang.com, Jakarta – Seorang reporter sekaligus penulis buku “Hidup Sederhana” membagikan kisah hidupnya melalui buku tersebut. Dalam buku ini dia menjelaskan bahwa setiap manusia berpikir secara rumit yang membuat hidup mereka semakin rumit.

Melalui buku ini dengan beberapa sub bab yang disajikan, Desi Anwar mengajak kita untuk tidak berpikir bahwa hidup ini rumit. Berkut ini beberapa poin penting yang bisa kita petik dari buku “Hidup Sederhana” :

1. Belajar lebih santai dalam menyikapi hidup

Ilustrasi via Gramedia

Tuntutan hidup yang ruwet membuat kita seakan lupa untuk tetap santai dalam menyikapi hidup. Melalui buku ini, Desi Anwar mengatakan bahwa ada banyak hal penting yang tidak kita lakukan karena kita terlalu sibuk menghadapi hidup. Dia seakan menyayangkan bahwa sebenarnya ada hal lain yang harus kita kerjakan dibanding hanya mengejar kesibukan saja.

“Pada kenyataannya, kita tidak hanya terlalu sibuk untuk mengerjakan apapun, tapi juga sering kali menggunakan kesibukan kita sebagai dalih untuk tidak mengerjakan sesuatu yang benar-benar bernilai…”

Baca Juga  3 Cara Memulai Investasi Saham Bagi Pemula

2. Definisi sukses kita yang tentukan sendiri

Banyak orang yang mendefinisikan sukses dengan pencapaian materi. Namun, hal itulah yang membuat diri kita tidak pernah merasa sukses karena kita selalu merasa kurang. Terlebih saat kita terlalu sering membandingkan sukses diri kita dengan suksesnya orang lain.

Ketika melihat tetangga punya motor, kita tidak merasa sukses karena kita hanya punya sepeda. Padahal, tetangga yang lain sudah punya mobil dan lainnya. Melalui buku ini, Desi berpesan bahwa sebenarnya kesuksesan kita tidaklah sama dengan orang lain. Kita harus menciptakan definisi sukses untuk diri kita sendiri.

“Membandingkan diri dengan mereka dan menginginkan menjadi seperti mereka adalah cara yang bagus untuk memotivasi kita agar bekerja lebih keras, tetapi sebaiknya hal itu tidak dijadikan tolak ukur kesuksesan kita, sebab ukuran itu akan selalu berubah dan luput dari jangkauan kita.”

Baca Juga  Tips Atur Keuangan Bagi yang Baru Merintis Usaha

“Bila Anda sudah terbebas dari kungkungan rasa iri, sukses tidak lagi perlu Anda kejar, melainkan akan menjadi sahabat baik Anda yang mengikuti kemana pun Anda pergi.”

3. Sederhanakan pikiran dan hiduplah untuk saat ini

Seringkali kita tidak bisa mengendalikan pikiran kita. Misalnya saja ketika kita sedang melakukan suatu hal, katakanlah hal itu adalah menulis. Seringkali apa yang kita tulis berbeda dengan pikiran kita. Boleh jadi, saat menulis pikiran kita sedang tidak memikirkan hal yang sama dengan apa yang kita tulis.

Untuk itu, Desi mengajak bahwa kita perlu menyederhanakan pikiran kita. Kita harus hadir sepenuhnya untuk apa-apa yang sedang kita kerjakan.

“Yang lucu tentang pikiran itu adalah bahwa ia selalu bekerja. Ia seperti mesin yang tidak pernah mati, bahkan tanpa seorang pun yang menjalankannya. Walau ketika tubuh sudah lelah dan kita sudah kehabisan obrolan, pikiran masih saja berputar-putar, merencanakan, memikirkan, dan mengomentari ini itu.”

Baca Juga  Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri dalam Menjalani Hari Esok!

“Jika kita hadir di sini dan saat ini ketika melakukan sesuatu, bahkan hal yang paling sepele sekalipun, maka kualitas segala yang kita lakukan akan semakin baik, sebagaimana kondisi jiwa dan kualitas pikiran-pikiran kita. Suka cita dan rasa syukur pun akan menjadi fitrah alami keberadaan kita…

Itulah beberapa tips menjadikan hidup kita sederhana ala Desi Anwar.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here