Tips Atur Keuangan Bagi yang Baru Merintis Usaha

0

KabarUang.com, Jakarta – Bagi anda pengusaha kecil yang baru mulai membuka usaha, pengelolaan keuangan menjadi hal yang sangat penting. Hal ini agar anda bisa mengembalikan modal awal yang sudah anda keluarkan. Dengan begitu, nantinya anda bisa mengembangkan usaha anda.

Ilustrasi via Fimela

Berikut ini tips yang bisa anda lakukan untuk membantu mengelola keuangan bagi pengusaha kecil :

1. Investasi teknologi

Dewasa ini, banyak bisnis yang bisa menjadi besar karena kecanggihan teknologi. Begitu juga untuk pengusaha kecil, mereka harus memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan pasar. Hal ini karena banyak pengusaha kecil yang sukses memasarkan produknya lewat platform digital.

Bukan hanya untuk kebutuhan promosi, anda juga bisa menggunakan aplikasi untuk megelola keuangan. Hal ini berfungsi agar anda bisa mengecek keuangan bisnis anda.

Baca Juga  Tips Seimbangkan Karir, Keluarga dan Diri Sendiri bagi Ibu Pekerja

2. Siapkan dana darurat

Dalam semua aspek kehidupan, dana darurat sangatlah penting. Dana darurat berfungsi untuk menyediakan keamanan finansial di waktu darurat. Misalnya saja ketika bisnis yang sedang anda jalani mengalami kerugian.

Jadi, mulailah untuk membangun dana darurat agar anda selalu siap menghadapi apapun yang akan terjadi. Hal ini karena kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan.

3. Hindari kredit mahal

Membangun sebuah bisnis pastilah membutuhkan kredit. Terutama di bulan-bulan pertama bisnis anda beroperasi. Pasalnya di masa ini boleh jadi anda belum bisa mencapai keuntungan. Namun, hindari kredit yang mahal. Sesuaikanlah dengan biaya yang sanggup anda bayar.

Baca Juga  Tips Cara Menyembuhkan Holistik dan Gangguan Mental!

Jadi, usahakan untuk menetapkan pembiayaan dengan menjaga biaya bunga minimal. Hal ini akan membantu anda mengurangi biaya dan mendapatkan keuntungan di awal-awal bisnis.

4. Simpan uang bisnis di rekening terpisah

Selanjutnya, anda harus memisahkan antara uang pribadi dan uang bisnis. Usahakan untuk memiliki rekening yang berbeda. Dengan memisahkan uang pribadi dan uang bisnis akan menghindari anda untuk mengambil keuntungan bisnis demi kepentingan pribadi. Usahakan gunakan keuntungan bisnis untuk mengembangkan bisnis anda.

5. Rencanakan pengeluaran besar

Terakhir, tips bagi anda yang baru memulai bisnis adalah rencanakan pengeluaran besar. Hal ini karena pemilik usah akecil harus hemat dalam membelanjakan uangnya. Dengan perencanaan yang matang, anda akan lebih mudah untuk mengetahui berapa jumlah yang anda butuhkan. Ini juga berfungsi untuk membantu mengurangi beban keuangan serta memastikan posisi arus kas anda tetap kuat.

Baca Juga  Yuk Simak Tips Ini , Agar Tidak Kebablasan Pinjaman Online

Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk keuangan bisnis anda.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here