Punya Penyakit Kista Ovarium ? Ini Makanan yang Wajib Dihindari

0

KabarUang.com, Jakarta – Kista ovarium adalah penyakit yang paling ditakutkan para wanita. Kista ovarium sendiri adalah penyakit dimana tumbuh kantong berisi cairan di dalam ovarium.

Biasanya kista yang berukuran kecil tidak menimbulkan gejala dan masih bisa diembuhkan dengan obat dokter. Namun, lain cerita dengan kista yang berukuran besar.

Ilustrasi via Liputan6

Penyakit kista ovarium sendiri sangat erat kaitannya dengan siklus menstruasi. Hal ini bisa disebabkan oleh pola makan yang salah. Untuk kamu penderita kista ovarium, berikut makanan yang harus kamu hindari :

1. Makanan cepat saji dan pengawet

Siapa yang tidak suka makanan cepat saji? Biasanya makanan cepat saji adalah makanan favorit dikalangan masyarakat. Namun, sayangnya makanan ini harus kamu hindari karena beresiko meningkatkan kanker ovarium. Selain itu, perlu kamu hindari juga makanan berpengawet seperti mie instan, ikan asin dan makanan kaleng. Bahan pengawet yang terkandung di dalamnya bisa memperbesar ukuran kista didalam tubuh.

Baca Juga  4 Produk Skincare Keluaran Jepang Terbaik di Tahun 2020

2. Makanan laut

Selanjutnya makanan yang harus dihindari untuk penderita kista ovarium adalah makanan laut. Hal ini karena makanan laut mengandung kolestrol yang sangat tinggi. Kolestrol sangat tidak baik untuk penderita kista. Untuk itu, mulai saat ini, kurangi konsumsi makanan laut ya.

3. Buah – buahan

Buah-buahan pada dasarnya baik untk tubuh. Namun, bagi kamu penderita kista ovarium wajib menghindari buah-buahan tertentu. Diantaranya seperti nanas, durian, anggur, lengkeng dan nangka. Meskipun mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh, buah-buahan tersebut malah berbahaya bagi penderita kista. Nangka dan lengkeng mengandung zat yang tidak baik untuk penderita kista. Sedangkan nanas, durian dan anggur mengandung alkohol yang dapat memicu kista berkembang.

Baca Juga  Memasuki Usia 20, Ini Skincare yang Wajib Dicoba

4. Sayuran

Sama halnya dengan buah-buahan, ada beberapa sayuran yang juga dilarang untuk dikonsumsi penderita kista. Diantaranya seperti sawi putih, kangkung, tauge dan cabai. Sawi putih dan kangkung bisa mengurangi kinerja obat dalam menyembuhkan kista. Tauge tidak baik untuk penderita kista karena dapat mendorong pertumbuhan sel kista. Sedangkan cabai bisa menurunkan kadar oksigen dalam tubuh.

5. Daging unggas

Terakhir adalah daging unggas. Bukan tidak boleh mengkonsumsi, hanya saja penderita kista diharapkan untuk menghindari unggas yang disuntik obat-obatan kimia. Apabila bahan kimia masuk kedalam tubuh, maka bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Baca Juga  Terlalu Banyak Makan Makanan Manis ? Ini Dampaknya!

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari bagi kamu yang mengidap penyakit kista.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here