Persamaan Dasar Akuntansi, Pengertian, Rumus, 3 Komponen & Penerapan

0
Ilustrasi persamaan akuntansi sederhana via unsplash/austindistel

Persamaan dasar akuntansi disebut pula sebagai persamaan akuntansi, yaitu hubungan antara Aset, Ekuitas dan Liabilitas yang menjadi komponen penting pembentuk dasar dalam segala sistem akuntansi. Bisa dikatakan, seluruh konsep akuntansi entri ganda pada dasarnya berpedoman pada persamaan akuntansi.

Persamaan akuntansi sederhana akan menjelaskan dua fakta penting mengenai operasional suatu perusahaan, baik apa yang dimiliki perusahaan serta berapa besaran hutang perusahaan tersebut. Persamaan akuntansi akan menyamakan jumlah aset perusahaan dengan jumlah liabilitas serta ekuitas yang dimiliki perusahaan bersangkutan.

Persamaan tersebut menunjukkan dengan jelas semua aset perusahaan yang didapatkan melalui pembiayaan ekuitas maupun hutang. Misal, saat membangun suatu perusahaan asetnya pertama kali dibiayai menggunakan kas yang didapatkan dari pendanaan oleh investor.

Maka dari itu, semua aset perusahaan bersangkutan diperoleh dari investor atau kreditor, termasuk dalam hal kewajiban maupun ekuitas perusahaan. Sebagai informasi tambahan, berikut ini detail informasi mengenai persamaan akuntansi yang berhasil kami rangkum.

Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

Aset = Liabilitas + Ekuitas

Persamaan akuntansi juga sering disebut persamaan neraca. Persamaan ini akan menjelaskan hubungan antara aset, kewajiban dan ekuitas dari sebuah perusahaan. Dalam sebuah perusahaan, ekuitas merupakan modal pemegang saham, sedangkan liabilitas merupakan kewajiban atau hutang.

Dari persamaan di atas, Anda bisa mengetahui jika aset sama dengan jumlah liabilitas dan ekuitas. Itulah gambaran awal yang akan Anda temukan saat mempelajari persamaan akuntansi. Perlu diketahui pula, pada dasarnya liabilitas dan ekuitas hanyalah sumber pendanaan perusahaan untuk membeli sebuah aset. 

Secara umum, penulisan persamaan dasar akuntansi dilakukan dengan liabilitas yang muncul sebelum ekuitas perusahaan. Hal ini menjelaskan jika kreditor harus melunasi hutangnya terlebih dahulu sebelum investor mengalami kebangkrutan atau rugi.

Menunjukkan pula jika kewajiban atau liabilitas jauh lebih lancar dibandingkan ekuitas. Dalam penyusunan laporan keuangan, hal seperti ini harus dilakukan secara konsisten di mana aset dan kewajiban  lancar dilaporkan sebelum aset dan kewajiban jangka panjang.

Baca Juga  4 Jenis Passive Income Modal Uang

Persamaan ini berlaku untuk semua jenis transaksi atau kegiatan bisnis. Apabila jumlah aset meningkat, maka ekuitas dan liabilitas perusahaan harus meningkat pula untuk menyeimbangkan persamaan akuntansi. Sebaliknya, jika aset menurun maka liabilitas dan ekuitas harus menurun pula untuk menyeimbangkan persamaan.

Komponen Dalam Persamaan Dasar Akuntansi

Berikut beberapa komponen penting dalam persamaan akuntansi yang harus dipahami:1.

1. Aset

Aset atau aktiva merupakan sumber daya yang dikendalikan sebuah perusahaan. Aset akan digunakan untuk pemanfaatan jangka panjang. Dalam ranah akuntansi terdapat dua jenis aset, yaitu aset berwujud seperti uang tunai dan aset tidak berwujud seperti goodwill atau hak cipta. Aset umum lainnya yang ada dalam pencatatan akuntansi ialah piutang.

Piutang merupakan janji yang harus dibayar oleh pihak yang berhutang. Dalam sebuah transaksi, piutang akan timbul saat perusahaan menawarkan layanan atau menjual produk pada konsumen secara kredit. Perlu diketahui, semua aset perusahaan tersebut ialah sumber daya yang nantinya bisa dimanfaatkan perusahaan untuk memperoleh keuntungan di masa depan.Berikut ini beberapa contoh aset:

  1. Aset lancar, yang terdiri dari kas, piutang dan biaya dibayar dimuka
  2. Aset tetap, terdiri dari kendaraan, bangunan dan lainnya
  3. Aset tak berwujud, berupa hak cipta, paten, goodwill atau nama baik perusahaan dan sebagainya

2. Liabilitas

Dalam persamaan dasar akuntansi juga terdapat komponen liabilitas atau kewajiban. Dalam istilah sederhana, kewajiban ialah sejumlah uang yang terhutang pada pihak lainnya. Kewajiban juga sering disebut sebagai klaim kreditor atas aset perusahaan karena dianggap sebagai aset yang akan dimiliki kreditor jika perusahaan mengalami likuidasi.

Baca Juga  Mulai Bulan November, Twitter Resmi Larang Iklan Politik di Social Medianya

Secara umum bentuk dari kewajiban ialah hutang perusahaan. Hutang ialah kebalikan dari piutang, di mana jika perusahaan membeli barang atau jasa dari pihak lain secara kredit maka hutan akan dicatat sebagai bukti jika perusahaan harus membayarnya pada pihak pemberi piutang. Terdapat beberapa contoh akun kewajiban yang paling umum digunakan dalam pencatatan akuntansi, antara lain:

  1. Akun hutang,
  2. Kredit permanen
  3. Pinjaman bank
  4. Pinjaman pribadi
  5. Pinjaman karyawan
  6. Pendapatan diterima dimuka

3. Ekuitas

Ekuitas ialah porsi aset sebuah perusahaan yang dikendalikan oleh pemegang saham atau mitra. Singkatnya, pemegang saham atau mitra mempunyai sisa aset saat jumlah kewajiban telah dilunasi nantinya. Pemilik ekuitas bisa meningkatkan bagian kepemilikannya dengan menyumbang uang untuk perusahaan lain atau melalui pengurangan ekuitas dengan cara menarik dana perusahaan.

Secara umum, pendapatan akan meningkatkan total ekuitas sedangkan biaya akan menurunkan jumlah ekuitas dalam sebuah perusahaan. Terdapat beberapa akun ekuitas yang umumnya ada dalam pencataan akuntasi, antara lain:

  1. Modal pemilik
  2. Pinjaman karyawan
  3. Penarikan dana pemilik
  4. Pendapatan diterima dimuka
  5. Modal disetor
  6. Saham biasa

Penerapan Persamaan Dasar Akuntansi 

Contoh tabel persamaan dasar akuntansi Jasa Angkut Jaya Espres
Ilustrasi Contoh Tabel Persamaan Dasar Akuntansi via akuntansipendidikcom

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, persamaan dasar akuntansi merupakan dasar dalam praktik pembukuan berpasangan atau entri ganda. Sebagai informasi tambahan, berikut ini beberapa penerapan persamaan akuntansi:

Laporan keuangan

Penerapan dasar akuntansi yang tidak pernah dihilangkan ialah dalam laporan keuangan. Laporan ini meliputi banyak hal dan bukan sekedar dalam laporan perusahaan saja. Laporan keuangan meliputi jumlah saldo masuk dan saldo keluar.

Kedua ini poin ini harus sama sehingga sesuai dengan prinsip dasar persamaan akuntansi. Penerapan laporan keuangan sendiri digunakan untuk ragam kebutuhan dan oleh berbagai kalangan seperti sekolah, toko hingga rumah tangga. 

Baca Juga  Laporan Keuangan Perusahaan Dagang, 5 Elemen Penting Menyusun Laporan Keuangan

Pembukuan

Persamaan dasar akuntansi juga digunakan dalam pembukuan. Pembukuan sendiri selalu dimiliki setiap perusahaan guna memperoleh keseimbangan laporan rekening perusahaan antara pengeluaran dan pemasukan pada periode tertentu.

Dengan pembukuan yang tepat, perusahaan akan mengetahui detail data-data yang nantinya digunakan untuk mempertanggung jawabkan apa yang telah dilakukan perusahaan dalam periode yang dimaksudkan. Biasanya, bentuknya berupa laporan pertanggung jawaban untuk memastikan debit kredit yang jelas.

Laba atau keuntungan

Penerapan sistem persamaan dasar akuntansi juga digunakan dalam laporan laba atau keuntungan perusahaan. Laba yang diperoleh perusahaan merupakan suatu hal yang dinantikan. Hanya saja, menghitung total keuntungan perusahaan bukanlah perkara yang mudah. Laba perusahaan baru bisa dihitung menggunakan layanan penerapan persamaan akuntansi.

Persamaan dasar ini memudahkan perusahaan menghitung total keuntungan yang seharusnya diperoleh. Apabila jumlah keuntungan tidak sesuai dengan perkiraan maka hal ini patut dipertanyakan. Apakah ada kesalahan dalam pencatatan atau pembukuan, atau malah ada pihak yang melakukan penyelewengan.

Investasi

Terakhir, persamaan akuntansi juga sangat dibutuhkan dalam urusan investasi. Investasi merupakan sebuah proses untuk penanaman modal dan memperoleh keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Dalam melakukan investasi juga sangat dibutuhkan penerapaan persamaan dasar ini untuk perhitungan jumlah keuntungan dari hasil investasi.

Jumlah keuntungan diharapkan bisa melebihi jumlah modal yang ditanamkan saat melakukan investasi. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa persamaan dasar akuntansi menawarkan manfaat yang begitu besar.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here