Pengiriman PC di Seluruh Dunia Tumbuh 2,7% Selama 8 Tahun

Pasar PC di seluruh dunia hanya tumbuh secara konsisten untuk pertama kalinya dalam delapan tahun, menurut perusahaan riset pasar IDC dan Gartner. IDC melaporkan bahwa pengiriman PC di seluruh dunia tumbuh 2,7 persen menjadi 266,7 juta perangkat secara global, sementara Gartner menetapkannya 0,6 persen menjadi 261,2 juta perangkat.

0
ilustrasi via tek id
ilustrasi via tek id

KabarUang.com , Jakarta – Pasar PC di seluruh dunia hanya tumbuh secara konsisten untuk pertama kalinya dalam delapan tahun, menurut perusahaan riset pasar IDC dan Gartner. IDC melaporkan bahwa pengiriman PC di seluruh dunia tumbuh 2,7 persen menjadi 266,7 juta perangkat secara global, sementara Gartner menetapkannya 0,6 persen menjadi 261,2 juta perangkat.

2018 mencatat pertumbuhan kuartal pertama pasar dalam enam tahun, tetapi pada 2019 ini akhirnya mengarah ke pertumbuhan setahun penuh, pasar pertama sejak 2011.

Meskipun Gartner dan IDC secara luas menyetujui arah pasar PC saat ini meningkat, kedua perusahaan menghitung perangkat sedikit berbeda. Kedua perusahaan tersebut mencakup desktop, notebook, dan tablet yang dapat dilepas seperti Surface, tetapi Gartner mengecualikan Chromebook.

Baca Juga  PT KAI Mulai Rambah Bisnis Hotel, Ini Dia Rencananya 2 Tahun Ke Depan

Baik IDC dan Gartner mengutip peningkatan Windows 10 pada titik baliknya ditandai dengan Microsoft mengakhiri dukungan untuk Windows 7 hari ini yang membuat pelaku bisnis di seluruh dunia dipaksa untuk memperbarui perangkat warisan mereka, yang mengarah ke “permintaan bisnis yang dinamis” untuk Windows 10, menurut Gartner.

Windows 10 diinstal pada 900 juta perangkat pada September tahun lalu, menurut Microsoft. Data dari NetMarketShare menunjukkan masih ada jutaan PC yang belum melakukan upgrade dengan Windows 7 masih digunakan pada lebih dari 30 persen desktop.

Baca Juga  13 Perusahaan Berebut Blok Migas RI Karena Lelang Akan Segera Ditutup

IDC mengatakan bahwa manfaat dari kebutuhan untuk meningkatkan ke sistem operasi baru sepertinya tidak akan bertahan lama, dan sementara teknologi baru seperti 5G dan perangkat layar ganda dan layar lipat ini akan membutuhkan waktu untuk tiba.

Akhirnya Microsoft akan harus berhenti mendukung Windows 8, tetapi pangsa pasar sistem operasi sangat kecil dibandingkan dengan Windows 7 sehingga tidak mungkin mengarah pada jumlah peningkatan yang sama.

Baca Juga  MNC dan Trump Organization Bekerja Sama Bangun Proyek Properti, Intip Nilai Investasinya

Tidak semua berita baik untuk pasar PC pada tahun 2019. Gartner menyebut kekurangan CPU Intel sebagai “masalah utama” dan IDC melaporkan bahwa situasinya terbantu dengan penerapan CPU AMD. Kinerja juga bervariasi antar-perusahaan.

Tiga produsen PC teratas yakni Lenovo, HP, dan Dell semuanya melihat pertumbuhan pengiriman, tetapi Apple dan Acer yang berada di urutan keempat dan kelima melihat pengiriman PC menurun antara 2018 dan 2019.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here