Pengertian Laporan Keuangan, Arti, Fungsi, Tujuan, Jenis, Contoh dan Karakter

0
Pengertian Laporan Keuangan, Arti, Fungsi, Tujuan, Jenis, Contoh dan Karakter Laporan
Ilustrasi Laporan Keuangan via unsplash/firmbee

Pengertian laporan keuangan adalah salah satu bentuk dari laporan manajemen yang berupa hasil dan laporan pertanggungjawaban mengenai pengelolaan keuangan. Laporan keuangan ini biasanya dibentuk berdasarkan periode-periode tertentu yang telah disepakati oleh bagian dari perusahaan tersebut.

Sehingga, setiap perusahaan wajib untuk membuat laporan keuangan agar mereka mengetahui pengeluaran dan pendapatan yang didapatkan dari perusahaan mereka melalui informasi yang Anda dapatkan dari laporan keuangan.

Ketika Anda melakukan suatu kegiatan, bisnis, ataupun usaha, Anda pasti membutuhkan laporan keuangan. Lalu, apa sebenarnya laporan keuangan dan apa pentingnya laporan keuangan bagi Anda? Berikut beberapa informasi yang Anda perlu ketahui tentang pengertian laporan keuangan.

Beberapa Pengertian Laporan Keuangan

Selain pengertian diatas, ada beberapa pengertian mengenai yang perlu Anda ketahui. Ketika Anda mengetahui tentang arti, fungsi, jenis serta karakteristik laporan keuangan, maka hal tersebut akan memudahkan Anda untuk lebih mudah belajar mengenai laporan keuangan. Berikut beberapa pengertian tentang laporan keuangan yang perlu Anda ketahui:

Pengertian Laporan Keuangan Menurut Ikatan Akuntan Indonesia

Berdasarkan pendapat dari Ikatan Akuntan Indonesia, pengertian laporan keuangan merupakan suatu proses pelaporan keuangan yang mana laporan keuangan tersebut terdiri dari beberapa jenis. Jenis- jenis laporan tersebut antara lain adalah laporan neraca, laporan laba rugi, perubahan ekuitas, posisi keuangan, dan juga memuat mengenai laporan dan materi penjelasan yang berkaitan dengan laporan keuangan. 

Pengertian Laporan Keuangan Menurut PSAK No.1

Berdasarkan PSAK No. 1, pengertian laporan keuangan merupakan suatu proses penyajian yang dilakukan secara terstruktur. Penyajian tersebut dilakukan mulai dari posisi keuangan yang ada hingga kinerja keuangan yang bersifat ekuitas.

Pengertian Laporan Keuangan Menurut Birgham dan Houston

Sedangkan menurut Birgham dan Houston, menyatakan bahwa laporan keuangan merupakan suatu lembaran kertas yang mana kertas tersebut menyajikan angka- angka. Angka tersebut sangatlah penting dikarenakan mampu memikirkan dan menyajikan aset- aset yang nyata dibalik angka yang telah dihasilkan.

Baca Juga  6 Cara Membuat Laporan Keuangan Bagi Pemula

Pengertian Laporan Keuangan Menurut Farid dan Susanto

Farid dan Susanto menjelaskan bahwa laporan keuangan merupakan sebuah laporan yang mana laporan tersebut menyajikan gagasan- gagasan yang sangat penting. Gagasan yang ada di laporan tersebut menyajikan suatu informasi yang mampu memberikan keputusan ekonomi di suatu institusi yang berkaitan dengan keputusan yang bersifat finansial. 

Pengertian Laporan Keuangan Menurut Gitman

Menurut Gitman, pengertian laporan keuangan merupakan laporan tahunan yang dimiliki oleh suatu perusahaan dan stakeholder yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Laporan tersebut disimpulkan untuk mengetahui pendapatan atau kegiatan selama akhir tahun. 

Fungsi Laporan Keuangan

Fungsi suatu laporan keuangan
Ilustrasi laporan via unsplash/mbaumi

Fungsi laporan keuangan adalah untuk memberitahukan suatu perusahaan mengenai kondisi keuangan yang ada di perusahaan mereka sehingga mereka dapat melakukan prediksi mengenai pengeluaran dan pendapatan yang akan mereka dapatkan di tahun depan. 

Contoh Fungsi Laporan Keuangan

Salah satu contoh dari fungsi laporan keuangan yang akan Anda temukan jika Anda bekerja sebagai staf kredit di suatu bank adalah Anda diharuskan untuk menggunakan dan mengetahui laporan keuangan perusahaan dan pengertian laporan keuangan. Laporan keuangan tersebut bertujuan untuk memutuskan suatu perusahaan apakah suatu perusahaan yang membutuhkan pinjaman uang tersebut layak untuk diberikan pinjaman atau tidak. 

Ketika Anda memberikan pinjaman, maka Anda harus memastikan bahwa pihak peminjam akan bersedia untuk mempertahankan rasio kewajiban angka yang harus dibayarkan. Hal ini sangatlah penting mengingat laporan keuangan sangat penting untuk tidak merugikan salah satu pihak. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui mengenai pentingnya laporan keuangan.

Baca Juga  Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur, Pengertian dan Cara Membuat Laporan

Tujuan Laporan Keuangan

Tujuan dari suatu laporan keuangan khususnya bagi perusahaan diantaranya adalah laporan keuangan dapat memberikan informasi mengenai posisi keuangan. Selain itu, laporan keuangan juga digunakan untuk menganalisis kinerja keuangan yang ada di perusahaan tersebut. Tujuan terakhir adalah sebagai suatu kas perusahaan.

Siapa yang Membutuhkan Laporan Keuangan?

Siapa saja yang membutuhkan laporan keuangan? Pada dasarnya laporan keuangan diperlukan oleh semua pihak. Baik pihak yang memiliki bisnis, kegiatan, atau hal lainnya yang membutuhkan pertanggungjawaban rincian keuangan. Beberapa organisasi tersebut antara lain dapat Anda lihat di organisasi pemerintah, institusi, organisasi, keagamaan, organisasi swasta, dan berbagai institusi serta organisasi lainnya.

Bagaimana Sifat Laporan Keuangan?

Pada dasarnya, pengertian laporan keuangan memiliki sifat- sifat yang tidak dimiliki oleh manajemen lainnya. Ketika melakukan pembuatan laporan keuangan, Anda harus memastikan bahwa Anda telah menyusunnya dengan benar sehingga hal tersebut akan mengurangi tingkat kesalahan ketika Anda telah menyusun laporan tersebut. Sifat- sifat dari laporan keuangan diantaranya adalah historis dan bersifat menyeluruh. 

Maksud dari laporan bersifat historis adalah pembuatan laporan keuangan dibuat berdasarkan laporan dari masa lalu ke masa yang akan datang. Sehingga, laporan keuangan dirancang agar data- data laporan tersebut dapat diketahui meskipun telah melewati beberapa tahun yang telah berlalu.

Sedangkan laporan menyeluruh adalah laporan keuangan disusun berdasarkan standar yang sangat mudah untuk ditetapkan sehingga hal tersebut harus dibuat sebaik mungkin.

Apa Jenis – Jenis Laporan Keuangan

Pada dasarnya, pengertian laporan keuangan memiliki beberapa jenis yang harus Anda ketahui. Jenis- jenis laporan tersebut akan memudahkan Anda dalam melakukan penyusunan laporan keuangan dan juga berfungsi untuk mengetahui jenis- jenis dan cara pembuatan laporan keuangan. Sehingga, hal tersebut secara tidak langsung akan memudahkan pekerjaan Anda.

Baca Juga  PT Pertamina Pastikan Telah Hentikan Impor Solar dan Avtur Untuk Tahun 2019

Beberapa jenis laporan keuangan ketika Anda belajar tentang laporan ini antara lain adalah laporan keuangan neraca atau yang disebut sebagai balance sheet, laporan keuangan laba dan rugi, laporan keuangan perubahan modal, dan yang terakhir adalah laporan keuangan pos luar negeri atau yang disebut sebagai arus kas.

Jenis- jenis tersebut harus Anda ketahui secara menyeluruh agar Anda dapat dengan mudah mengetahui manfaat dan jenis- jenis dari laporan keuangan yang akan Anda susun selanjutnya di perusahaan Anda.

Karakteristik Laporan Keuangan Kualitatif

Mungkin Anda masih bingung mengenai karakteristik kualitatif pengertian laporan keuangan. Maksud dari karakteristik ini adalah suatu laporan keuangan diharuskan untuk memiliki ciri khas yang sangat lengkap sehingga hal ini akan memudahkan pemakai laporan untuk menggunakan laporan tersebut dan mengetahui informasi yang terkandung di dalamnya.

Untuk menciptakan karakteristik laporan keuangan tersebut, maka diperlukan pemahaman karakter dari laporan keuangan diantaranya adalah bersifat relevan, andal, dapat diandalkan, dan juga laporan keuangan harus mudah untuk dipahami.

Itulah beberapa informasi yang harus Anda ketahui tentang pengertian laporan keuangan. Bagaimana? Mudah bukan? Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan yang mana bergerak di bidang keuangan atau Anda bekerja sebagai bidang akuntansi, maka mempelajari laporan keuangan merupakan salah satu hal yang penting dan harus Anda kuasai.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here