Marak Soal Penyebaran Corona, Ini Dampaknya ke Ekonomi

0

KabarUang.com, China – Dewasa ini, dunia kesehatan sedang digegerkan oleh virus corona yang datang dari Wuhan, China. Ternyata penyebaran virus ini bukan saja menyebabkan meninggalnya seseorang tetapi berdampak buruk bagi ekonomi negara.

Direktur Riset Center of Rforms on Economics (CORE) Piter Abdullah mengatakan bahwa virus corona ini membahayakan ekonomi yang terkena dampak corona. Termasuk China itu sendiri.

Ilustrasi via Menara62

“Kalau China itu dmapaknya sangat besar, produktivitas daerah Wuhan otomatis terhenti. Kegiatan ekonomi akan terhenti di situ, otomatis akan mempengaruhi output pada daerah yang terdampak,”ungkap Piter dilansir detik.com, Minggu (26/1).

Bahkan beberapa sektor ekonomi di China lumpuh akibat virus ini. Terlebih saat virus ini menyebar bertepatan pada perayaan tahun baru China yang seharusnya jadi momentum untuk dobrak ekonomi.

“Yang sudah kena dampaknya cukup signifikan hanya China saat ini karena kalau China daerah Wuhan itu diisolasi dan kegiatan ekonomi disana terhenti jadi dampaknya besar,”tambahnya.

Baca Juga  Bursa Saham Ikut Terinfeksi Virus Corona , Makin Hari Kian Makin Anjlok

Namun, lebih jauh Piter belum tahu akan seberapa besar dampak virus ini bagi perekonomian Indonesia. Hal ini tergantung pada seberapa tanggap pemerintah Wuhan bisa mengatasi virus ini. Apabila dibiarkan, maka semakin besar pula kerugian yang didapat.

“Kalau tidak bisa diatasi dengan cepat maka dampaknya lebih signifikan. Tapi kalau dalam waktu 2-3 bulan bisa idatasi maka dampaknya bisa diminimalkan,”ungkapnya.

Untuk saat ini, virus corona memnag belum memberikan dampak yang signifikan terhadap Indonesia. Namun, jika dibiarkan semakin merebak, tidak menutup kemungkinan dampaknya bisa meluas ke Indonesia.

Beberapa dampak yang dirasakan China pasca penyebaran virus corona diantaranya :

1. Harga minyak yang anjlok

Ganasnya virus corona yang menyerang China ini membuat harga minyak anjlok. Wabah cirus corona bisa menurunkan harga minyak sekitar US$ 3 per barel. Selain itu, permintaan bahan bakar jet pun menurun.

Baca Juga  Pemerintah Putuskan Untuk Tunda Penerbangan Dari China Dengan Alihkan Rute ke Asia Selatan

“Menerjemahkan perkiraan dampak permintaan SARS ke dalam volume 2020 menunjukkan potensi tekanan negatif 260.000 barel per hari terhadap rata-rata permintaan minyak global. Proyeksi itu mencakup hilangnya 170.000 barel per hari dari permintaan bahan bakar jet,”jelas Goldman, dikutip CNBC Internasional, Minggu (26/1).

2. Disneyland di Tutup

Shanghai Disney Resort membuat pengumuman di situs resminya sejak Sabtu (25/1/2010). Hal ini untuk mengantisipasi maraknya virus corona.

“Disneyland Shanghai ditutup sebagai respons terhadap pencegahan dan pengendalian wabah penyakit,”tulisnya.

Saat ini belum ada kabar pasti kapan akan dibuka kembali wahana permainan itu.

“Kami akan terus memonitor situasi dan akan terus berkomunikasi dengan pemerintah lokal. Kita akan umumkan lagi kapan pembukaan kembali dilakukan,”tulisnya lagi.

3. McDonalds dan Starbucks Juga Tutup

Selanjutnya sejumlah restoran McDonald’s memutuskan untuk tutup di lima kota di China. Diantaranya di Wuhan, Ezhou, HUanggang, Qianjiang dan Xiantao pada hari Jumat (24/1).

Baca Juga  IHSG Berpeluang Menguat Selama Pekan Ini Terpengaruh Optimisme AS-China

“Keamanan staf dan pelanggan adalah prioritas utama kami dan kami memiliki langkah-langkah komprehensif dan berhati-hati yang diterapkan untuk semua operasi restoran dan staf kantor,”ungkap Juru Bicara Perusahaan, Barry Sum.

Bukan hanya McDonald’s, Starbucks juga tutup.

“Semua toko Starbucks dan pengiriman bintang khusus di Huber akan ditutup sementara. Karyawan Hubei diminta untuk beristirahat di rumah, meminimalkan keluar, berhati-hati untuk melindungi diri mereka sendiri dan keluarga mereka. Semua karyawan toko yang dijawalkan untuk bekerja selama periode penutupan akan dibayar seperti biasa,”tulis pihak manajemen.

Itulah beberapa dampak negatif yang membuat ekonomi China menjadi terganggu akibat wabah virus corona.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here