Kumur Air Garam, Tips Redakan Flu Saat Musim Hujan Tiba

Tenggorkan sakit dan gatal biasanya menjadi gejala awal datangnya flu. Banyak cara yang dilakukan orang untuk meredakan gejala ini, entah itu menggunakan bahan alami atau obat dari apotek. Tapi, daripada menempuh cara yang merepotkan, ada trik sederhana untuk meredakan sakit atau radang tenggorokan dengan segera.

0
ilustrasi via lyfestyle kompas com
ilustrasi via lyfestyle kompas com

KabarUang.com , Jakarta – Tenggorkan sakit dan gatal biasanya menjadi gejala awal datangnya flu. Banyak cara yang dilakukan orang untuk meredakan gejala ini, entah itu menggunakan bahan alami atau obat dari apotek. Tapi, daripada menempuh cara yang merepotkan, ada trik sederhana untuk meredakan sakit atau radang tenggorokan dengan segera.

Selain efektif, cara ini juga lebih alami, yakni berkumur atau gargling dengan air garam. Air garam diketahui memberikan banyak manfaat kesehatan dan aman.

Berkumur dengan air garam merupakan resep kuno tapi ilmu pengetahuan juga mengakui efektivitas ramuan ini. Dikutip dari laman Times of India, saat kamu berkumur dengan air garam, tercipta sebuah efek osmosis karena air menarik cairan dari tenggorokan kamu.

Baca Juga  Ternyata Orang-orang Positif Berpotensi Panjang Umur Dibanding Dengan Orang-orang Pesimis

Air garam memecah mucus atau lendir, menghilangkan penyebab iritasi seperti alergen, bakteri dan jamur, karena itu air garam dapat membersihkan tenggorokan. Air garam juga menghilangkan patogen berbahaya dari gusi kamu dan mencegahnya berkembang biak.

Ada banyak manfaat kesehatan dari berkumur dengan air garam. Beberapa di antaranya adalah membantu meringankan sakit tenggorokan, peradangan, flu, dan infeksi sinus. Selain itu air garam bisa bisa meredakan sakit akibat gusi berdarah dan bisa juga mengurangi gusi berdarah dengan menggunakannya secara rutin.

Baca Juga  Tips Membentuk Kedisiplinan untuk Diri Sendiri

Berkumur dengan air garam dapat menetralkan asam dalam mulut dan menjaga keseimbangan pH di dalamnya yang bisa membantu mencegah gigi radang gusi. Air garam juga bisa melindungi penyebaran infeksi jamur di mulut dan tenggorokan.

Untuk membuat ramuan air garam ini yang kamu butuhakn adalah setengah sendok makan garam. Lalu, masukkan ke dalam segelas air hangat dan aduk rata. Masukkan larutan tersebut ke dalam mulut dalam jumlah yang cukup banyak, arahkan kepala ke belakang lalu berkumurlah selama 30 detik.

Baca Juga  Ini Dia Yang Perlu Kamu Pelajari Sebelum Usia 30-an

Kemudian kumur-kumur air di dalam mulut dan buang. Ulangi proses ini sebanyak 5-7 kali. Kalau kamu menderita flu atau sakit tenggorokan, kumur air garam paling tidak dua kali sehari.

Ingat, pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas, jika tidak mulut kamu akan terbakar. Airnya harus sedikit hangat supaya kamu mudah berkumur. Perlu dicatat juga bahwa garam yang berlebihan bisa membuat jaringan di dalam mulut dan tenggorokan kamu kering.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here