Kamu Freshgraduate? Ini 5 Penyebab Kamu Ditolak Kerja!

0

KabarUang.com, Jakarta – Biasanya tahapan setelah lulus kuliah adalah mencari pekerjaan. Namun, saat ini mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Kebanyakan, freshgraduate mengalami penolakan setelah interview. Hal ini karena perusahaan bukan hanya mencari freshgraduate dengan nilai tertinggi, namun ada kualifikasi yang harus terpenuhi.

Ilustrasi via SatriaBajaHitam

Berikut ini 5 penyebab mengapa freshgraduate ditolak :

1. Belum punya pengalaman

Penyebab utama mengapa biasanya freshgraduate ditolak adalah karena belum punya pengalaman. Meskipun hal ini sering diabaikan oleh para freshgraduate karena baru saja lulus, kamu harus punya pengalaman bekerja. Misalnya saja saat liburan semester kamu mencoba magang di suatu perusahaa. Ini nantinya akan menjadi poin plus yang kamu miliki.

Baca Juga  Indonesia Millenial Summit 2020 : Seru Abis!

2. Skill tidak memadai

Selanjutnya, alasan lain mengapa freshgraduate mengalami penolakan adalah skill yang tidak memadai. Saat ini, banyak freshgraduate yang lulus dengan nilai tinggi. Namun, hal ini tidak akan berguna ketika kamu tidak memiliki skill yang memadai. Hal dasar inilah yang nantinya akan masuk kualifikasi untuk lolos diterima kerja. Untuk itu, kamu harus memiliki skill yang memadai agar kamu tidak ditolak setelah interview.

3. Tidak mengerti attitude

Apabila kamu mencoba melamar kerja dan masuk tahap interview, salah satu nilai yang harus kamu miliki adalah attitude. Hal ini penting sekali karena kamu akan bertemu dengan HRD (Human Research Development) yang akan menilai attitudemu. Jangan coba-coba berlaku sombong atau merasa tahu segalaya. Hal ini karena sikapmu yang akan menjadi penilaian utama. Boleh jadi, kamu ditolak karena sikapmu yang kurang baik.

Baca Juga  8 Juta Pebulan? Ini Dia Pajak Untuk Gaji Fresh Graduate

4. Meminta gaji terlalu tinggi

Selanjutnya alasan lain mengapa kamu bisa ditolak adalah meminta gaji terlalu tinggi. Bagi kamu yang baru saja lulus, meminta gaji yang terlalu tinggi adalah hal yang fatal. Boleh jadi, kamu akan ditolak setelah melakukan interview jika hal ini kamu lakukan. Pasalnya kamu belum memiliki pengalaman yang banyak dibidang tersebut. Untuk itu, hindari meminta nominal terlalu tinggi.

5. Kurangnya wawasan

Penyebab terakhir mengapa kamu sebagai fresgraduate bisa ditolak adalah kurangnya wawasan. Perlu diperhatikan, bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan, jangan coba-coba untuk melamar pekerjaan yang kamu tidak tahu sama sekali apa jenis pekerjaannya. Hal ini akan berdampak pada kinerja dan profesionalitasmu saat bekerja nanti. Boleh jadi, kamupun tidak akan bisa menjawab pertanyaan HRD saat interview.

Baca Juga  Mati Listrik Serentak se-Jabodetabek dan Bandung, PLN Dibanjiri Meme dan Kritikan Yang Bikin Kocak

Itulah beberapa alasan mengapa freshgraduate seringkali mengalami penolakan. Hindari 5 hal tersebut agar kamu diterima.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here