Corona Virus Melanda, Ketahui Cara Pencegahannya!

0

KabarUang.com, Jakarta – Saat ini masyarakat dunia tengah digegerkan dengan wabah penyakit yang mematikan, Novel Corona Virus. Virus Corona ini ditemukan diwilayah Wuhan, China karena salah satu warganya terindikasi virus Corona ini.

Ternyata penyebaran virus Corona ini begitu cepat hingga banyak menewaskan korban. Untuk itu, masyarakat dunia pun tengah sibuk melakukan berbagai upaya untuk mencegah virus corona. Tak terkecuali termasuk Pemerintah Republik Indonesia (RI).

Ilustrasi via Harian Haluan

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan jangan panik meskipun penyebaran virus corona ini bisa terjadi lewat pintu gerbang internasional.

“Sepanjang masyarakat memahami gejala, karakteristik serta cara-cara pencegahannya, masyarakat penting melakukan beberapa antisipasi secara mandiri, terhadap ancaman penyebaran virus corona,”ungkap Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dr. Reviono dr SpP(K), Senin (27/1), dilansir wartaekonomi.com.

Baca Juga  Bank Dunia Ingatkan Pentingnya Kualitas Pembelanjaan Di Negara Asia Timur dan Pasifik

Menurut beliau, virus corona ini adalah virus baru yang menyebabkan sakit di saluran pernafasan. Virus ini memiliki kedekatan dengan virus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS).

Dr. Revino mengatakan bahwa penyebaran virus ini sangat cepat terlebih melalui manusia ke manusia. Untuk itu, masyarakat harus mengetahui gejala klinis yang patut diwaspadai guna mencegah penyebaran virus corona ini.

Gejala dan cara mencegah virus corona

Beliau mengatakan gejalanya berupa batuk, demam, kesulitan bernafas. Selain itu, ada kontak fisik dengan pasien yang sudah positif mengidap virus corona.

Baca Juga  SPBU Kini Sudah Tersedia di Sepanjang Tol Trans Jawa

“Jika ada yang mengalami gejala seperti itu, maka segera periksakan diri ke pelayanan kesehatan atau rumah sakit, supaya bisa dicek dan memperoleh tindakan medis yang semestinya,”ungkap Dosen Fakultas Kedokteran UNS ini.

Dia juga mengatakan bahwa ada beberapa tips yang bisa dilakukan guna mencegah virus corona ini. Caranya yakni dengan membiasakan mencuci tangan yang bersih dengan sabun antiseptik. Terutama setelah bepergian.

“Karena tangan kita kan sering menyentuh pegangan pintu, pegangan tangga dan lainnya, maka dikhawatirkan tangan kita bisa terkena virus,”tambahnya.

Baca Juga  Usai Dengar Penjelasan Mati Listrik, Jokowi Langsung Tinggalkan Kantor PLN Tanpa Tersenyum Sedikitpun

Bukan hanya itu, penting pula untuk menggunakan masker saat keluar rumah, mengonsumsi gizi seimbang, memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Lalu, jaga kesehatan ubuh dengan menghindari sumber infeksi dan istirahat yang cukup. Terakhir, hindari konsumsi daging yang tidak dimasak.

“Jika sedang menderita flu, jangan keluar rumah supaya tidak jadi sumber infeksi,”jelasnya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here