Contoh Laporan Keuangan Sederhana, Neraca, Laba Rugi dan Arus Kas

0
Contoh Laporan Keuangan Sederhana - Neraca, Laba Rugi, Arus Kas
Ilustrasi contoh laporan sederhana via unsplash/kmuza

Seperti apa contoh laporan keuangan sederhana? Membuat laporan merupakan hal yang cukup mudah.

Laporan keuangan sendiri merupakan sebuah laporan manajemen yang ada di perusahaan yang mana berkaitan dengan hal kondisi finansial suatu perusahaan.

Jika Anda berada di suatu perusahaan, maka laporan keuangan menjadi hal yang sangat penting khususnya di akhir tahunan melalui pembuatan pembukuan keuangan sederhana.

Hal ini dikarenakan laporan keuangan memiliki manfaat untuk memperkirakan pengeluaran dan beberapa pendapat yang akan didapatkan dari suatu perusahaan di masa yang akan datang.

Berikut beberapa informasi yang Anda perlu ketahui mengenai laporan keuangan.

Tujuan Laporan Keuangan Sederhana

Ketika Anda ingin membuat contoh laporan keuangan sederhana, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai tujuan laporan yang akan Anda buat.

Pada dasarnya, pembuatan laporan keuangan memiliki manfaat diantaranya adalah untuk membantu perusahaan Anda dalam membuat suatu keputusan yang berkaitan dengan hal finansial.

Selain itu juga membantu Anda dalam pembuatan contoh pembukuan keuangan sederhana, dan berfungsi untuk melakukan berbagai jenis pendanaan yang harus Anda lakukan sebagai pemilik perusahaan.

Apa Fungsi Laporan Keuangan?

Pada dasarnya ketika Anda memutuskan untuk melakukan pembuatan contoh laporan keuangan sederhana, Anda harus mengetahui tentang fungsi dari laporan keuangan yang akan Anda buat.

Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan diantaranya adalah laporan keuangan bertujuan untuk bahan review Anda, pedoman dalam pembuatan suatu keputusan, hingga bertujuan untuk menciptakan suatu strategi bagi perusahaan Anda melalui pembukuan keuangan sederhana.

Jenis- Jenis Laporan Keuangan

Terdapat beberapa jenis dan contoh laporan keuangan sederhana yang harus Anda ketahui. Ketika Anda mengetahui tentang jenis- jenis laporan keuangan tersebut, maka hal tersebut dapat memudahkan Anda dalam melakukan pembuatan berbagai jenis pembukuan keuangan sederhana. Berikut jenis- jenis laporan keuangan yang harus Anda ketahui.

Baca Juga  Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur, Pengertian dan Cara Membuat Laporan

1. Laporan Keuangan Laba Rugi

Contoh laporan keuangan sederhana yang pertama adalah laporan keuangan laba rugi. Laporan ini bertujuan untuk memudahkan perusahaan Anda dalam melakukan penjelasan mengenai daftar dan juga rincian keuangan yang ada dalam pengelolaan keuangan tersebut.

Sehingga, perusahaan Anda akan merasa mudah khususnya dalam mengetahui informasi mengenai jumlah keuntungan dan kerugian yang diperoleh melalui contoh pembukuan keuangan sederhana laba rugi.

2. Laporan Keuangan Perubahan Modal

Selain laporan keuangan laba rugi, terdapat contoh laporan keuangan sederhana perubahan modal. Laporan ini bertujuan untuk menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan perubahan laporan modal dalam suatu perusahaan. Sehingga, perusahaan mampu mengetahui hal- hal apa yang dapat menjadikan perubahan modal tersebut melalui contoh pembukuan keuangan sederhana ini.

3. Laporan Keuangan Neraca

Contoh laporan keuangan sederhana bertujuan untuk memberikan informasi mengenai laporan keuangan yang berkaitan dengan suatu entitas bisnis dalam perusahaan tersebut.

Melalui laporan pembukuan keuangan sederhana ini, perusahaan dapat mengetahui dengan mudah tentang jumlah harta, aset, utang, dan ekuitas yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Sehingga, hal tersebut akan memudahkan perusahaan dalam melakukan pembuatan laporan keuangan.

4. Laporan Keuangan Arus Kas

Selain laporan keuangan diatas, terdapat laporan keuangan arus kas. Laporan keuangan ini menjadi salah satu yang contoh laporan keuangan sederhana penting. Hal ini dikarenakan, jenis laporan ini bertujuan untuk menunjukkan suatu pendapatan atau dana yang masuk dalam perusahaan tersebut dan pengeluaran yang dibayarkan atau dikeluarkan oleh suatu perusahaan. Sehingga, pembukuan keuangan sederhana ini sangat membantu dalam pembuatan laporan keuangan dalam suatu perusahaan.

Baca Juga  Rupiah Pada Pagi Ini Menguat ke Angka Rp14.335/USD

Ciri- Ciri Laporan Keuangan

Sebelum Anda belajar mengenai proses pembuatan laporan keuangan, hal yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah ciri- ciri laporan keuangan. Laporan keuangan memiliki beberapa ciri- ciri atau karakteristik yang harus Anda ketahui. Berikut beberapa karakteristik dari laporan keuangan yang perlu Anda ketahui.

1. Relevan

Ciri- ciri pertama dari pembuatan laporan keuangan sederhana adalah laporan keuangan harus bersifat relevan. Sehingga, laporan keuangan harus berusaha untuk memengaruhi dan membantu pengguna dalam melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang diadakan selanjutnya. Sehingga, hal ini akan menghindari dampak negatif atau kesalahan selanjutnya dalam pembuatan contoh pembukuan keuangan sederhana.

2. Mudah Dibandingkan

Ciri- ciri selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah pembuatan laporan keuangan harus dapat dengan mudah dibandingkan. Sehingga, dengan menggunakan laporan pembukuan keuangan, maka pengguna dapat dengan mudah melakukan pembandingan terhadap perubahan- perubahan yang ada terhadap laporan keuangan sederhana sebelumnya dalam waktu berkala.

3. Mudah Dipahami

Ciri- ciri terakhir dalam pembuatan laporan keuangan adalah laporan keuangan harus dapat dengan mudah dipahami oleh semua orang. Sehingga,hal ini akan memudahkan mereka dalam melakukan evaluasi terhadap beberapa laporan keuangan sederhana. Penyajian yang mudah dipahami sangat diperlukan dalam pembuatan laporan keuangan ini bagi setiap perusahaan.

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana

Ketika Anda menginginkan untuk membuat contoh laporan keuangan sederhana, maka Anda harus mempersiapkan beberapa hal yang Anda perlukan. Misalnya, jika Anda menginginkan untuk membuat laporan keuangan perusahaan Anda selama 1 bulan, maka langkah utama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan catatan laporan dan informasi yang akan Anda olah sebagai pembuatan laporan keuangan. 

Baca Juga  Modal Pedagang Tergerus, Harga Cabai Kian Meroket

Beberapa catatan yang Anda perlukan antara lain adalah catatan pembelian dan penjualan barang, catatan biaya, utang piutang, dan yang terakhir adalah catatan kas usaha. Catatan- catatan tersebut harus Anda susun secara baik sehingga Anda dapat dengan mudah untuk membuat laporan keuangan sederhana tersebut dan mengolahnya. 

Contoh Laporan Keuangan Sederhana Neraca

Berikut laporan pembukuan keuangan sederhana neraca yang perlu Anda ketahui.

Contoh Laporan Keuangan Neraca

Contoh Laporan Keuangan Sederhana Laba Rugi

Ketika Anda telah berhasil untuk membuat laporan keuangan sederhana neraca, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat laporan keuangan mengenai laba dan rugi. Laporan keuangan laba rugi ini bertujuan agar Anda dapat mengetahui lebih mudah tentang berapa keuntungan dan kerugian yang Anda dapatkan selama periode tersebut.

Contoh laporan laba rugi

Selain contoh laporan keuangan sederhana laba dan rugi, Anda juga diharuskan untuk membuat laporan keuangan mengenai arus kas masuk dan keluar. Laporan tersebut bertujuan untuk mengetahui berapa jumlah pendapatan atau uang kas yang telah masuk di perusahaan Anda dan jumlah yang keluar. Biaya- biaya tersebut akan memudahkan perusahaan untuk mengetahui biaya operasional yang ada di perusahaan tersebut.

Contoh Laporan Keuangan Sederhana Arus Kas Bulanan

Contoh laporan arus kas bulanan
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here