Coba 5 Trik Ini Supaya Bisa Mapan Secara Finansial

Sudahkah Anda menentukan target untuk mencapai kemapanan dalam hal keuangan? Jika belum, ada baiknya Anda membuat kriteria hal tersebut agar kondisi keuangan lebih terjaga dan terarah dengan baik.

0
ilustrasi via ruangcerita com
ilustrasi via ruangcerita com

KabarUang.com , Jakarta – Sudahkah Anda menentukan target untuk mencapai kemapanan dalam hal keuangan? Jika belum, ada baiknya Anda membuat kriteria hal tersebut agar kondisi keuangan lebih terjaga dan terarah dengan baik.

Meski makna kemerdekaan dalam hal finansial berbeda-beda, hal tersebut tentu memiliki tujuan yang didasarkan pada keinginan yang dimiliki seseorang. Beberapa individu mungkin memiliki patokan kesuksesan keuangan yang tinggi, dan beberapa lainnya mungkin sedang-sedang saja.

Ada sebagian yang mendefinisikan mapan keuangan sebagai kondisi di mana mereka telah mampu memiliki rumah dan kendaraan pribadi, angka di tabungan telah mencapai nominal tertentu, atau memiliki mobil mewah.

Bebas dari utang hingga meraih keuntungan yang besar dari investasi yang dijalankan juga dapat dikatakan sebagai tujuan yang mengindikasikan kemapanan finansial seseorang.

Setiap orang tentu perlu menentukan target-target yang harus dilampauinya untuk meraih finansial mapan. Tidak jarang, makna kemapanan tersebut merupakan harapan yang timbul dari kondisi yang tengah dialami.

Siapapun pasti bisa meraih kemapanan finansial mereka, termasuk Anda. Untuk memudahkan Anda meraihnya, berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan agar mapan keuangan.

1. Ketahui dan Pahami Makna Kemapanan Keuangan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, makna kemapanan finansial pasti berbeda-beda pada tiap orangnya. Untuk bisa meraihnya, Anda harus mengetahui tujuan apa yang ingin dicapai pada kondisi keuangan saat ini.

Baca Juga  Yuk Kenali Tips Berikut, Agar Tak Salah Pilih Beli Furniture

Jika masih belum memiliki tujuan yang pasti, bagaimanakah Anda bisa meraih kesuksesan dalam bidang finansial? Mengetahui indikator mapannya keuangan dapat membantu Anda untuk menentukan arah agar bisa mencapainya.

Setelah mengetahui goals pada kondisi keuangan Anda, tentukan langkah-langkah dan strategi yang harus Anda tempuh, serta berapa nominal uang yang perlu Anda sisihkan untuk bisa meraih misi tersebut.

Sebagai contoh, saat ini Anda masih tinggal di kontrakan dan menganggap bahwa memiliki hunian pribadi adalah tanda keuangan Anda telah mencapai kemerdekaanya. Upaya yang bisa membantu Anda dalam meraih kesuksesan tersebut adalah mulai dengan menjabarkan detail tempat tinggal yang diinginkan.

Ini penting guna mengetahui berapa banyak uang yang harus Anda kumpulkan. Anda perlu membuat keputusan pada hal seperti, membeli rumah ataukah apartemen, lokasi yang sesuai, serta tipe atau desain seperti apa yang Anda inginkan.

Dengan mengetahui definisi merdekanya finansial, Anda sudah selangkah lebih maju untuk bisa meraihnya. Langkah selanjutnya tinggal memikirkan cara untuk dapat merealisasikan tujuan keuangan tersebut.

2. Tinjau Kembali Bagaimana Kondisi Keuangan

Apabila definisi mengenai mapan keuangan telah Anda temukan dan arah untuk meraihnya telah Anda ketahui, tinjau kembali kondisi keuangan Anda. Hal ini perlu Anda lakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Anda dalam mencapai target-target yang telah ditentukan tersebut.

Baca Juga  Simak Tips Sukses Bisnis Kuliner dari Sang Pakar

Semakin kecil masalah keuangan, semakin mudah pula usaha yang Anda butuhkan untuk bisa melampaui target-target keberhasilan keuangan. Oleh sebab itu, apabila Anda masih memiliki masalah dalam bidang finansial, segera lakukan evaluasi dalam sistem pengelolaan keuangan Anda.

Program evaluasi pengelolaan keuangan tidak hanya bertujuan untuk menyelesaikan masalah keuangan yang tengah dihadapi. Namun, Anda juga dapat mengetahui sejauh mana progres yang telah ditempuh untuk mencapai kemapanan keuangan Anda.

3. Susun Rencana Keuangan yang tepat Sasaran

Selain melakukan peninjauan kembali dalam bidang pengelolaan keuangan, upaya yang harus Anda lakukan agar semakin dekat dengan keuangan yang mapan yaitu menyusun rencana. Rencana tersebut baiknya berkisar pada jangka waktu pendek ataupun panjang.

Rencana yang dibuat untuk mencapai target tentu harus sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Jangan sampai alokasi dana Anda menjadi berat sebelah hanya agar tujuan keuangan bisa cepat terpenuhi.

Hal ini juga pasti akan menyebabkan pemenuhan kebutuhan dan pelunasan tagihan menjadi berantakan. Dalam contoh kasus ingin memiliki hunian pribadi, strategi awal yang perlu Anda tempuh adalah mengetahui kisaran harga hunian yang diinginkan, down payment (DP) dan juga cicilannya.

Kemudian, Anda dapat meninjau anggaran rutin dan tentukan berapa persen dari pemasukan yang dapat Anda sisihkan untuk memenuhi rencana tersebut. Anda juga harus mempertimbangkan apakah perlu untuk membuka bisnis atau mencari pekerjaan tambahan agar bisa mendapatkan pemasukan lebih.

Baca Juga  Maskapai Garuda Kini Tidak Akan Audit Ulang Laporan Keuangannya

Alternatif tersebut akan menjadi sangat bermanfaat untuk mempercepat proses pencapaian mapan keuangan Anda dengan cara berinvestasi. Dengan ‘menanam’ uang, maka keuntungan yang akan didapat nanti akan menjadi sangat berguna untuk meraih target yang Anda inginkan tersebut.

4. Segera Selesaikan Masalah Finansial Sebelum Berlarut-larut

Seperti yang tertera pada poin kedua, mapan keuangan dapat diraih dengan mudah apabila tidak banyak masalah pada keuangan Anda. Artinya, jika saat ini Anda tengah menghadapi berbagai masalah keuangan, maka tidak ada kata “nanti” untuk menyelesaikannya.

Semakin cepat masalah tersebut bisa terselesaikan, semakin lekas pula Anda mencapai keuangan mapan. Salah satu masalah yang membutuhkan upaya untuk berjaga-jaga yaitu pengeluaran yang di luar rencana anggaran Anda, seperti saluran air yang bocor ataupun reparasi kendaraan.

Karena sifatnya yang mendadak, maka tentunya Anda tidak akan pernah tahu apakah Anda akan menghadapi masalah tersebut atau tidak. Namun, sebagai tindakan preventif, sisihkan? sebagian pemasukan Anda untuk dialokasikan ke dana cadangan guna menanggulangi masalah tak terduga tersebut.

5.Jadikan Definisi Kemerdekaan Finansial Sebagai Motivasi Bekerja

Hal mendasar yang membuat pencapaian kemapanan keuangan menjadi jauh lebih mudah adalah dengan menjadikan tujuan tersebut sebagai motivasi Anda dalam bekerja. Semakin Anda ingin meraih kesuksesan finansial tersebut, semangat Anda dalam bekerja tentu akan menjadi semakin menggebu-gebu.

Kemampuan Anda dalam mengatur keuangan serta menanggulangi masalah yang muncul akan menjadi lebih proaktif. Dengan demikian, Anda akan semakin berusaha dalam meraih kemapanan keuangan yang telah ditentukan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here