Ayo Lebih Produktif di Tempat Kerja, Berikut Tipsnya

0

KabarUang.com, Jakarta – Bagi anda pekerja kantoran, pasti ada kalanya anda merasa bahwa pekerjaan anda keteteran alias menumpuk. Hal ini bisa jadi karena anda belum bisa memanage waktu dengan baik.

Ilustrasi via Medcom

Berikut ini tips yang bisa anda lakukan untuk menjadi lebih produktif di kantor :

1. Jangan multitasking

Sibuk dan produktif adalah dua hal yang berbeda. Hal ini dijelaskan berdasarkan penelitian. Ketika anda merasa sibuk dan berusaha untuk mencoba menyelesaikan semua pekerjaan dalam satu waktu hal ini malah akan berdampak pada produktivitas anda. Kemungkinan anda tidak akan melakukan tugas dengan baik jika hal itu anda lakukan.

Maka menjadi produktif adalah solusinya. Cobalah untuk mengerjakan satu per satu tugas. Setelah anda merasa tugas yang satu selesai, maka lanjutkan tugas berikutnya. Jangan mencoba multitasking jika memang anda tidak bisa melakukannya.

Baca Juga  Tips Atur Keuangan Bagi yang Baru Merintis Usaha

Dalam bukunya yang berjudul “Essentialism : The Disciplined Pursuit of Less,”, Greg McKeown memberikan saran bagi anda yang ingin produktif. “Saran pertama yang akan saya berikan kepada seseorang yang ingin menjadi lebih produktif adalah keluar dari pola pikir melakukan lebih banyak hal, dan ke dalam pola pikir melakukan lebih banyak hal yang benar,”tulisnya.

2. Simpan ponsel dan fokus pada prioritas

Seringkali ketika sedang mengerjakan tugas anda mengalami banyak gangguan. Terutama notifikasi yang muncul dari ponsel anda. Adanya notifikasi yang muncul dari ponsel anda membuat anda membukanya. Tak jarang anda jadi lupa waktu karena keasyikan bermain ponsel.

Untuk itu, ketika anda sedang bekerja, jauhkanlah ponsel dari jangkauan anda. Fokuslah pada pekerjaan anda. Selain itu, pilihan lain yang bisa anda lakukan adalah mematikan ponsel atau mengalihkannya dengan nada hening.

Baca Juga  Ini Dia Rahasia Gaya Hidup Milyader Yang Patut Kamu Tiru

Seperti yang dikatakan oleh Mckeown, bermain ponsel hanya akan memakan waktu produktif yang anda miliki. Anda harus fokus pada apa yang menjadi prioritas anda.

3. Jangan mudah terganggu

Seseorang bisa lebih produktif mengerjakan sesuatu karena mereka fokus dan tidak terganggu. Untuk itu, anda bisa memberitahukan rekan anda untuk tidak menganggu anda ketika anda sedang mengerjakan tugas kantor.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh penulis Ashley Stahl, penting untuk memberi tahu orang disekelilin anda bahwa anda sedang sibuk. Hal ini agar mereka tidak mengganggu seperti menelepon tiba-tiba atau meminta nada untuk melakukan hal lain diluar kesibukan anda saat ini.

4. Terorganisir

Pengorganisasian sangat penting untuk memberikan anda gambaran tentang jadwal kerja serta tujuan jangka panjang kedepannya. Dengan begini,anda bisa membuat jadwal tertulis untuk mengetahui apa yang harus anda lakukan di hari itu.

Baca Juga  Tips Belajar Efektif Ala Clarin Hayes

Anda bisa membuat jadwal ini di buku kantor atau di ponsel pintar anda. Luangkanlah waktu selama 30 menit untuk merencanakan apa yang akan anda kerjakan. Hal ini akan jauh lebih efektif karena anda tahu apa yang harus anda lakukan pada hari itu.

Itulah tips yang bisa anda lakukan agar anda lebih produktif.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here