Awali Tahun 2020 dengan Menabung, Berikut Tipsnya!

0

KabarUang.com, Jakarta – Tahun baru biasanya setiap orang memiliki resolusi yang baru, termasuk resolusi keuangan di tahun 2020. Banyak orang berharap agar tidak terlibat hutang dan bisa menabung. Memiliki gaji besar atau kecil bukanlah masalah utama. Siapapun bisa menabung.

Ilustrasi via Liputan6

Berikut ini tips yang bisa anda lakukan agar bisa menabung :

1. Cari tahu berapa banyak uang yang bisa ditabung

Hal pertama yang bisa anda lakukan sebelum menabung adalah membuat sebuah anggaran. Anggaran ini berupa pemasukan dan pengeluaran anda. Pakar uang di Layanan Money and Pensions Service, Andrew Johnson mengatakan bahwa membuat anggaran berguna agar anda tahu berapa banyak uang yang bisa anda tabung.

Caranya yakni mencatat berapa banyak uang yang masuk ke akun anda setiap bulan (gaji atau faktur yang dibayar ketika anda freelance). Setelah itu, catat juga berapa banyak uang yang harus anda keluarkan setiap bulannya (pembayaran sewa, tagihan rumah tangga dan debit langsung lainnya).

Baca Juga  Tips Hidup Sederhana Ala Desi Anwar

Jika perlu, anda juga melakukan sedikit audit biaya rumah tangga. Caranya yakni dengan melihat apakah anda dapat mengurangi pengeluaran anda dan menghemat pengeluaran untuk melihat perbedaannya.

2. Membayar hutang

“Mungkin akan lebih bijaksana jika mempertimbangkan untuk menghapus utang atau pinjaman yang anda miliki sebelum mulai menabung,”ungkapnya.

Hal ini dikatakan oleh Johnson karena hutang juga termasuk kedalam anggaran. Hutang yang dimaksudkan adalah hutang seperti kartu kredit atau pinjaman pribadi dari bank. Pembayaran hutang harus segera dilakukan karena bunganya cenderung lebih besar.

3. Tetapkan tujuan dengan perhitungan matematis

Tetapkan tujuan penting untuk dilakukan agar anda semangat dalam menabung. “Orang yang memiliki tujuan dalam pikiran cenderung menghemat uang lebih cepat daripada mereka yang tidak memiliki tujuan,”ungkap Johnson.

Baca Juga  Milenial Wajib Baca! Untuk Atur Tabungannya

Selain itu juga, dengan menatapkan tujuan, anda tahu berapa banyak yang anda butuhkan. Lalu, cari tahu berapa banyak yang harus anda tabung setiap bulan untuk mencapai tujuan ini,”jelasnya.

4. Pertimbangkan untuk membuka dua akun

Selanjutnya, anda juga harus berapa banyak yang anda keluarkan dan berapa banyak yang perlu anda simpan untuk sisanya. Johnson mengatakan bahwa anda perlu mempertimbangkan membuka dua akun untuk menyimpan dana ini. Nantinya dana ini bisa digunakan untuk biaya yang tidak terduga seperti perbaikan mobil atau rumah bahkan biaya pengobatan.

Baca Juga  Ingin Body Goals? Yuk Coba Tips Ini Tanpa Ribet Diet

5. Jadwalkan tabungan yang ditarik setelah gajian

Langkah terakhir adalah segera mentransfer uang ke rekening tabungan setelah anda menerima gaji. Hal ini agar anda terbiasa dengan jumlah dana yang anda siapkan untuk memenuhi kebutuhan bulanan anda. Diharapkan juga untuk tidak mengambil uang tabungan di akhir bulan.

“Menabung pada akhirnya adalah kebiasaan yang baik. Dan cara terbaik untuk menabung adalah dengan mengirim sebagian dari penghasilan anda ke rekening tabungan segera setelah di rekening anda,”ungkap Helen Saxon, editor perbankan ahli penghematan uang.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here