Amal Pangkal Kaya, Sederet Konglomerat Ini Tidak Tanggung Keluarkan Dana Amal

Kegiatan amal menjadi hal yang penting bagi setiap konglomerat di dunia. Mereka memiliki harta kekayaan berlimpah, dan beberapa dari mereka pun tak segan-segan untuk mengamalkan hartanya dalam jumlah yang besar.

0
ilustrasi via blibliotika com
ilustrasi via blibliotika com

KabarUang.com , Jakarta – Kegiatan amal menjadi hal yang penting bagi setiap konglomerat di dunia. Mereka memiliki harta kekayaan berlimpah, dan beberapa dari mereka pun tak segan-segan untuk mengamalkan hartanya dalam jumlah yang besar.

Sepanjang 2019, Forbes telah menghitung jumlah amal yang dikeluarkan oleh para konglomerat. Delapan dari sepuluh donasi dan amal akan diberikan langsung ke organisasi nirlaba, seperti universitas dan kelompok bantuan atau penyedia layanan, sedangkan donasi lainnya yang masuk dua terbesar dalam daftar ini adalah pengalihan aset menjadi yayasan amal.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar konglomerat dunia yang paling banyak beramal sepanjang 2019:

Baca Juga  Merek dagang Adidas Tiga-Stripe Dinyatakan Tidak Sah Oleh Pengadilan UE

1. Azim Premji

Miliarder teknologi dari India ini memberikan donasi terbesar. Dia memberikan saham perusahaan perusahaan outsourcing IT Wipro Limited ke organisasi amal, The Azim Premji Foundation, yang berfokus pada pendidikan senilai 7,6 miliar dolar AS atau Rp 106,4 triliun.

2. Warren Buffet

Setiap tahun Warren Buffett yang juga dikenal sebagai Oracle of Omaha memberikan saham bernilai miliaran dolar di Berkshire Hathaway, perusahaan yang dia jalankan yang memiliki saham di Kraft Heinz dan Dairy Queen dan menjadikannya orang terkaya keempat di dunia.

Baca Juga  IPO-nya Saudi Aramco Arab Saudi Lebih Menarik Bagi Investor Asing

Pada bulan Juli 2019, Buffett memberikan donasi terbesarnya berupa saham senilai 3,6 miliar dolar AS atau setara Rp 50,4 triliun ke Yayasan Bill & Melinda Gates, Yayasan Susan Thompson Buffett (dinamai untuk mendiang istri pertamanya) dan ke yayasan yang dikelola oleh ketiga anaknya: Yayasan Sherwood, Yayasan Howard G.

Forbes memperkirakan sepanjang usianya hingga saat ini, Buffett sudah mendonasikan 38 miliar dolar AS harta kekayaannya.

3. Stewart dan Lynda Resnick

Miliarder buah dan kacang California Stewart dan Lynda Resnick menggelontorkan Rp 10,5 triliun kepada Institut Teknologi California yang lebih dikenal dengan CalTech untuk mendanai penelitian perubah iklim.

Baca Juga  Kuota Impor Sapi Naik, PPSKI Menilai Akan Ada Kenaikan Tahun Depan

4. T Denny Sanford

T Denny Sanford, seorang miliarder kartu kredit menyumbang Rp 4,9 triliun ke Universitas Nasional di San Diego yang sekarang dikenal dengan nama Universitas Nasional Sanford. Sanford memberikan sebagian besar untuk perawatan kesehatan dan pendidikan.

5. Philip Terry Ragon dan Susan Ragon

Memberikan sumbangan sebesar Rp2,8 triliun ke Rumah Sakit Umum Massachussetts untuk mendani pusat penelitian vaksin. Ragon mengumpulkan kekayaannya melalui perusahaan perangkat lunak InterSyestems yang membantu rumah sakit dan bank menganalisis data besar.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here