Adik Sering Bertengakar dengan Kakak? Ini Tips Menghadapinya!

0

KabarUang.com, Jakarta – Adik kakak seringkali meributkan banyak hal. Mulai dari memperebutkan mainan, bertengkar karena cemburu akan perlakuan orangtua yang berbeda, dan masih banyak lagi.

Hal ini memang sangat normal, bertengkar juga bukan hal buruk bagi mereka. Seorang psikolog dari Manhattan, New York, Amerika Serikat mengatakan bahwa adik kakak memiliki kebutuhan yang berbeda.

Ilustrasi via WordPress

“Setiap hubungan memiliki konflik, karena mereka memiliki konflik, karena mereka adalah dua individu (atau lebih) yang memiliki kebutuhan berbeda,”ungkap Laura Markham, Ph.D.

Penulis buku berjudul “Peaceful Parent, Happy Siblings” juga mengatakan meskipun mereka sering bertengkar, bukan berarti orangtua boleh mengabaikan mereka.

Berikut ini tips bagi orangtua untuk memecahkan konflik yang terjadi diantara kakak-adik :

1. Mempersiapkan sang kakak untuk menyambut adik

Jika Ibu sedang mengandung anak kedua, maka tugas Ibu adalah memberi pengertian kepada anak pertama bahwa dia akan memiliki adik. Cobalah untuk mengobrol dengan anak dengan cara yang humanis. Lalu, bicarakan pula bahwa sang adik juga memiliki keinginan dan kebutuhan. Hal ini penting untuk meningkatkan rasa cinta diantara kakak-adik.

Baca Juga  5 Hal Sederhana Ini Bisa Tumbuhkan Karakter Positif pada Anak!

Menurut studi dari peneliti University of Michigan dan University of Toronto hubungan persaudaraan akan lebih baik ketika salah satu bisa memahami dan mengerti kebutuhan orang lain.

Selanjutnya, penting bagi seorang Ibu untuk memberitahukan kepada anaknya bahwa ada bagian-bagian dari bayi yang harus diperlakukan secara lembut. Ibu bisa memperkenalkannya menggunakan media, yakni boneka.

2. Berikan perlakuan yang adil

Seringkali kita menemukan banyak momen dimana sang kakak cemburu pada adik. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Brenda Volling, Ph.D di niversity of Michigan menemukan bahwa banyak anak merasa tidak ada gangguan setelah kelahiran adiknya.

Baca Juga  Kuliah Sambil Bisnis ? Kenapa Enggak !

Bahkan Volling mengatakan bahwa kebanyakan anak akan bersemangat menyambut kelahiran sang adik. Namun, masa transisi mengurus bayi dan anak pertama bukanlah hal yang mudah. Hal ini karena snag kakak akan tetap menyadari bahwa perhatian kepada dirinya berkurang.

Solusi yang bisa dilakukan adalah luangkan waktu untuk bermain, bercerita dengan anak pertama. Cobalah untuk saling bergantian dengan pasangan anda. Lalu, berikan pula mereka perhatian seperti memuji anak ketika dia melakukan hal yang baik untuk membantu anda. Dengan begini, dia akan merasa menjadi kakak yang baik dan bisa membantu.

Ketika sang adik merebut mainan kakaknya, berilah pengertian bahwa sang adik tidak mengerti akan hal itu. Ungkapkan pula padanya tidak masalah jika mereka merasa kesal, namun harus ada batasannya. Selanjutnya, cobalah untuk tidak memfavoritkan salah satu anak. Bersikaplah adil, sebagaimana mestinya.

Baca Juga  7 Tips Sukses agar Anak Berprestasi Ala Nadiem Makarim

3. Jadilah mediator ketika mereka bertengkar

Terakhir, jadilah seorang mediator ketika kakak-adik sedang bertengkar. Peran orangtua disini adalah membantu anak menyelesaikan konflik dengan menjaga agar mereka tetap tenang.

Perlakukanlah kakak-adik dengan adil, lalu bantulah mereka untuk menemukan akhir dari konflik tersebut. Ajaklah anak anda untuk berkompromi. Ini sama seperti anda sedang membangun skill berdiskusi yang akan bermanfaat untuk masa depan mereka.

Itulah beberapa tips yang bisa orangtua lakukan dalam menghadapi kakak-adik.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here