6 Cara Membuat Laporan Keuangan Bagi Pemula

0
Metode penyusunan laporan keuangan
Ilustrasi Akuntan via unsplash/tfrants

Cara membuat laporan keuangan dengan baik dan benar sebaiknya dipahami oleh seorang akuntan. Beberapa akuntan pemula sering menemukan masalah dalam proses penyusunan laporan keuangan.

Hal ini tentu sangat wajar karena akuntan pemula ini belum mengetahui teknis pembuatan laporan keuangan yang efektif. Laporan keuangan sendiri adalah bentuk pertanggungjawaban sebuah perusahaan kepada semua orang yang terlibat dalam kehidupan perusahaan tersebut.

Laporan keuangan ini wajib dibuat di setiap akhir periode atau kurun waktu tertentu misalnya saja akhir tahun. Jika anda adalah pengusaha atau pemilik perusahaan, anda juga perlu membaca dengan teliti laporan keuangan perusahaan anda.

Adanya laporan keuangan ini akan membantu pemilik perusahaan dalam mengambil langkah dan keputusan untuk operasional perusahaan. Suatu perusahaan juga bisa menilai apakah perusahaan itu bangkrut atau tidak dari laporan keuangannya.

Bagi anda yang pemula dalam pembuatan laporan keuangan dan anda ingin mengetahui cara membuat laporan keuangan yang baik dan benar, anda bisa mendapatkan informasinya di bawah ini.

1. Kumpulkan dan Catat Transaksi Pada Jurnal

Cara membuat laporan keuangan yang pertama adalah mengumpulkan dan selalu mencatat transaksi pada jurnal. Transaksi adalah kegiatan umum dan sering dilakukan oleh perusahaan. Transaksi apa saja yang harus dicatat?

Transaksi yang harus dicatat adalah transaksi pembelian, transaksi penjualan, transaksi penukaran barang, transaksi sewa barang dan lain sebagainya. Bukti transaksi juga sangat penting untuk dicatat dan disimpan dengan baik.

Ini adalah dasar utama pencatatan sebagai komponen untuk membuat laporan keuangan yang tepat dan akurat. Cara membuat laporan ini menjadi sangat efektif dan jauh lebih akurat. Catatan juga harus detail dan rinci misalnya tentang waktu transaksi dan jumlah besaran transaksi yang dilakukan.

2. Memasukkan Jurnal Ke Buku Besar

Contoh Laporan Buku Besar
Ilustrasi contoh Buku Besar via pinterestcom

Cara membuat laporan keuangan yang kedua adalah membuat jurnal dan kemudian memasukkan jurnal atau data-data pada jurnal ke buku besar. Apa itu buku besar?Buku besar ini adalah tempat semua transaksi dipindahkan dan akan dipastikan apakah sama antara pengeluaran dan pemasukan.

Baca Juga  Laporan Keuangan Perusahaan, Pengertian, 4 Contoh, Tujuan, Fungsi, Sifat dan Jenis

Untuk memindahkan semua data ke buku besar butuh ketelitian terlebih jika perusahaan adalah perusahaan yang sangat besar. Jika ada salah satu data yang salah maka tidak akan ditemukan hasil yang seimbang.

3. Cara Membuat Laporan Keuangan dengan Susun Neraca Saldo

Cara membuat laporan keuangan yang selanjutnya adalah dengan menyusun neraca saldo. Neraca saldo ini merupakan daftar dari banyak rekening buku besar yang dilengkapi dengan kredit dan debit. Daftar rekening yang ada di neraca saldo sendiri dikelompokkan dalam kelompok pasiva dan kelompok aktiva.

Neraca saldo ini dapat digunakan untuk mengetahui keseimbangan antara bagian kredit dan bagian debet pada seluruh rekening. Cara membuat laporan yang satu ini akan membantu anda mendapatkan hasil yang tepat dan seimbang.

4. Kumpulkan Data Tambahan 

Cara membuat laporan keuangan yang juga penting untuk dilakukan adalah dengan mengumpulkan data tambahan. Data-data tambahan ini adalah data-data transaksi yang transaksinya terjadi pada akhir atau pada proses pembuatan laporan keuangan sedang berlangsung.

Jika transaksi tidak dicatat tentu akan menghasilkan data yang berbeda. Data-data tersebut harus tetap dikumpulkan dan masuk ke jurnal penyesuaian. Pembuatan laporan keuangan pada tahapan ini seringkali terlewatkan dan menjadi masalah pada akhir pembuatan laporan keuangan perusahaan.

5. Cara Membuat Laporan Keuangan Susun Neraca Lajur

Contoh laporan neraca lajur
Contoh neraca lajur via pinterestcom

Metode penyusunan laporan keuangan yang kelima adalah membuat neraca lajur. Anda perlu menyusun neraca lajur atau kertas kerja yang berisi data yang berada di neraca saldo dan kemudian disesuaikan dengan semua data yang ada di jurnal penyesuaian.’

Cara membuat laporan keuangan dengan neraca lajur ini akan sangat memudahkan akuntan untuk menyusun laporan keuangan. Nantinya saldo yang telah disesuaikan dan terlihat dalam kolom neraca saldo akan disesuaikan kembali dan akan dijadikan saldo yang kemudian dilaporkan dalam neraca dan juga dilaporkan di laporan rugi dan laba.

Baca Juga  Pajak Google Ads Bantu Tambah Penerimaan Negara

6. Mulailah Membuat Laporan Keuangan Akhir

Laporan keuangan akhir
Ilustrasi laporan keuangan akhir via unsplash/helloquence

Cara membuat laporan keuangan memang tidak bisa dilakukan langsung ke laporan keuangan akhir namun melalui serangkaian pembuatan laporan, pencatatan laporan dan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas. Metode penyusunan laporan ini yang selanjutnya setelah kelima cara selesai di lakukan adalah menyusun pada neraca lajur.

Anda perlu menulis dengan rapih sesuai dengan standar pembuatan laporan. Anda akan sangat mudah melakukannya karena pada laporan neraca lajur sudah dipisahkan beberapa data yang kemudian dimasukan dalam neraca dan laporan rugi dan laba. 

Saat ini cara membuat laporan keuangan sendiri sudah sangat modern. Beberapa akuntan menggunakan bantuan jurnal atau software khusus akuntansi karena mereka lebih mudah memasukkan data dan dapat terhindar dari kesalahan manusia dalam pencatatan.

Dalam pembuatan laporan keuangan juga sering ditemukan beragam masalah. Masalah-masalah yang timbul tersebut sangat mengganggu dan mengurangi keakuratan laporan keuangan yang dibuat. Masalah-masalah apa saja yang sering kita hadapi ketika membuat laporan keuangan?

  • Tidak teliti dalam menyimpan bukti transaksi. Seperti yang telah dijelaskan di atas, cara membuat laporan keuangan dengan baik dan akurat adalah dengan mengumpulkan bukti transaksi dan menyimpannya dengan baik. Apabila bukti transaksi hilang maka akan ada satu data yang juga hilang. Selalu simpan kuitansi dan segala nota transaksi.
  • Piutang Perusahaan. Masalah lain yang sering muncul adalah adanya piutang yang terlewat. Cara membuat laporan yang berhubungan dengan piutang juga harus dipelajari dengan baik. Anda harus selalu memeriksa status piutang anda sebelum akhirnya membuat laporan sebagai piutang yang terbayar. metode penyusunan laporan ini sendiri memang terlihat sedikit rumit karena harus selalu melacak piutang atau menggunakan proses hitung-hitungan yang jelas.
  • Kesalahan Hitung
Baca Juga  Google Bayar Pajak 945 Juta Euro Ke Perancis

Bagi pemula, cara membuat laporan keuangan yang sangat panjang mungkin akan membuat ingin mundur dari pekerjaan. Banyak akuntan yang memang semakin ahli ketika jam terbang juga tinggi. Para akuntan membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi dan ketelitian yang juga sangat tinggi agar kesalahan hitung tidak terjadi.

Teknik membuat laporan keuangan terlihat sulit karena belum dilakukan dengan baik. Anda perlu menghindari kesalahan hitung. Anda bisa menggunakan bantuan teknologi untuk menghitung sehingga hasil yang didapatkan sangat akurat.

  • Kesalahan Penulisan Nominal

Ketika kita berbicara tentang teknis penyusunan laporan keuangan yang baik dan benar maka kita akan berbicara soal kesalahan penulisan desimal atau nominal. Penulisan desimal ini sangat penting karena salah atau kurang satu angka saja bisa membuat laporan keuangan menjadi tidak akurat dan harus diulangi kembali.

Cara membuat laporan keuangan untuk perdagangan dengan metode pembuatan laporan keuangan untuk jenis usaha jasa mungkin akan berbeda walau akan melewati beberapa tahapan yang sama.

Metode penyusunan laporan keuangan untuk perdagangan dirasa lebih rumit karena terkadang data yang dimasukkan sangat banyak dan butuh ketelitian yang teramat sangat.  Banyak website yang bisa anda jadikan referensi ketika anda ingin mengetahui bagaimana teknis pembuatan laporan keuangan yang cepat dan benar.

Laporan keuangan memang tidak hanya harus rapi tapi juga harus akurat dan benar. Ini saatnya anda memulai membuat laporan keuangan setelah paham 6 cara membuat laporan keuangan di atas.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here