5 Langkah yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mencintai Lingkungan, Ayo Diet Plastik!

0

KabarUang.com, Jakarta – Penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari memang tidak bisa dihentikan. Namun, setidaknya kamu sebagai warga negara yang baik bisa membantu mengurangi penggunaan plastik.

Ilustrasi via metro tempo.co

Program diet plastik berguna untuk mengubah kebiasaan kecil kita dalam menggunakan plastik. Berikut ini langkah kecil yang bisa kamu lakukan untuk melakukan diet plastik :

1. Gunakan sedotan stainless steel

Langkah kecil pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi konsumsi plastik adalah dengan menggunakan sedotan stainless steel. Mulailah untuk menolak menggunakan sedotan plastik ketika kamu membeli minuman. Bawalah sedotan stainless steel yang kamu miliki kemanapun kamu berada.

Dengan begitu, kamu sudah mengurangi sampah plastik tanpa kamu sadari. Penggunaan sedotan stainless steel sendiri lebih awet dibanding harus menggunakan sedotan plastik yang hanya bisa dipakai sekali dan mengotori bumi karena plastik sulit diurai.

Baca Juga  Pentingnya Menghindari Perilaku Konsumtif dan Tips Cara Menghindarinya

2. Bawa peralatan yang reusable

Selanjutnya, kamu juga bisa mengurangi sampah plastik dengan membawa peralatan yang reusable kemanapun kamu pergi. Misalnya kamu membawa tas belanja sendiri ketika kamu pergi ke supermarket. Selain itu, kamu juga bisa membawa tumblr mu sendiri untuk keperluan membeli minum atau pergi ke cafe. Kamu juga bis amebawa tempat makanmu ketika kamu membeli makan di warteg atau dimanapun itu. Lakukan ini secara perlahan agar hal ini menjadi sebuah kebiasaan.

3. Kurangi penggunaan cling wrap

Bagi kamu yang sering menggunakan cling wrap untuk membungkus makanan, mulai sekarang, ubahlah kebiasaan itu. Hal ini karena cling wrap menjadi salah satu sumber sampah plastik. Mulailah untuk menggunakan foil yang lebih mudah untuk didaur ulang.

Baca Juga  Milenial Wajib Baca! Untuk Atur Tabungannya

4. Batasi pemakaian kemasan plastik

Langkah selanjutnya untuk mengurangi sampah plastik adalah membatasi pemakaian kemasan plastik. Hal ini mengacu pada sisa kemasan suatu produk yang bisa menjadi sumber sampah plastik. Ada baiknya kamu mulai mengurangi pembelian suatu produk yang menggunakan plastik. Usahakan membeli produk yang tidak menggunakan plastik, seperti menggunakan kemasan kertas atau bahan organik lainnya.

5. Olah sampah plastik menjadi barang baru

Langkah terakhir adalah mengolah sampah plastik menjadi barang baru. Bagi kamu yang kreatif, sampah plastik bisa diolah menjadi barang baru yang bisa kamu gunakan kembali. Bahkan, bagi kamu yang suka berbisnis, sampah plastik bisa menjadi sumber bisnismu.

Baca Juga  Hadapi Cuaca Panas dengan Tips Berikut!

Saat ini banyak sekali kreaivitas yang bisa dibuat dengan bahan sampah plastik. Bahkan sampah plastik bisa diolah menjadi sebuah tas cantik, dompet, vas bunga dan banyak lagi. Dengan begitu, sampah plastik akan menjadi barang yang bermanfaat.

Itulah beberapa langkah kecil yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan diet plastik. Ayo cintai lingkungan dengan diet plastik.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here