5 Hal yang Harus Dilakukan agar Kamu Dewasa di Tahun 2020

0

KabarUang.com, Jakarta – Momen pergatian tahun juga ditandai dengan adanya resolusi baru. Diantaranya adalah resolusi perubahan. Dimana kamu tahun ini dituntut untuk lebih dewasa menghadapi kehidupan.

Ilustrasi via Tribun Bali

Berikut ini 5 hal yang harus kamu lakukan agar kamu dewasa :

1. Berkomunikasi dengan diri sendiri

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berbicara dengan dirimu sendiri. Jika kamu merasa ada banyak yang ingin kamu keluhkan soal dirimu, kamu merasa tidak sebebas yang diinginkan. Boleh jadi hal ini datang dari dirimu sendiri dan bukan orang lain yang mengatur hidupmu.

Solusinya adalah cobalah untuk berkomunikasi dengan dirimu. Cobalah bertanya tentang apa yang ingin kamu lakukan di tahun ini. Tentang apa yang ingin kamu raih di tahun ini. Perasaan tidak bebas akan mimpi yang kamu miliki disebabkan karena kamu tidak mendengar hatimu.

Baca Juga  Tips untuk Mengatur dan Mencapai Wishlist

Saat ini, cobalah untuk memberi ruang kepada diri sendiri agar kamu bisa mengenali diri sendiri lebih dalam.

2. Jangan meragukan kemampuan diri

Salah satu indikasi bahwa kamu sudah dewasa adalah keika kamu percaya pada dirimu sendiri. Pola pikir inilah yang harus kamu terapkan ketika kamu ingin menjadi dewasa di tahun 2020 ini.

Setiap manusia lahir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, hal yang harus kamu lakukan adalah memaksimalkan kelebihan yang ada pada diri. Tidak merasa insecure dengan kekurangan. Justru, latihlah kekurangan yang kamu miliki agar kamu bisa berkembang. Lalu, percayalah pada dirimu bahwa kamu bisa melakukannya.

3. Jangan mudah puas dengan skill yang dimiliki

Perasaan puas hanya akan membuatmu sulit berkembang. Kamu cenderung merasa hebat dan tidak lagi mau belajar ketika kamu merasa puas. Untuk itu, cobalah tetap mencari kekurangan diri agar kamu terus belajar dan mengembangkan dirimu. Jangan cepat puas dengan satu skill yang kamu miliki.

Baca Juga  Tips Berinvestasi Anak Wakil Presdir BCA

Cobalah cari skill baru yang ingin kamu miliki. Belajarlah hingg kamu bisa menjadi ahli pada bidangnya. Poin terpenting terus belajar dan jangan merasa hebat karena sudah menguasainya.

4. Jika kamu merasa gagal, coba lagi.

Ketika kamu belajar sesuatu yang baru lalu kamu merasa gagal, jangan menyerah. Tugasmu adalah mencoba lagi, bukan menyerah. Cobalah untuk terus berusaha ketika kamu merasa kamu gagal. Habiskan jatah gagalmu karena kita tidak pernah tahu kapan kesuksesan itu akan gagal. Boleh jadi kesuksesan itu baru datang ketika kita gagal ratusan kali. Jangan patah semangat.

5. Dengarkan saran yang membangun, lupakan kritikan pedas

Di perjalananmu untuk menjadi pribadi yang dewasa, kamu akan menemui banyak karakter manusia. Tidak semua manusia itu selalu menyenangkan, boleh jadi diantara mereka ada yang menyakiti hatimu.

Baca Juga  Tips Membentuk Kedisiplinan untuk Diri Sendiri

Entah dengan kritikan pedas, komentar yang membuatmu merasa ingin menyerah atau hal lain yang lebih buruk. Namun, diantara mereka juga akan ada yang memberikan saran yang membangun. Maka, tugasmu adalah dengarkan saran yang membangun dan lupakan kritikan pedas yang membuatmu merasa ingin menyerah.

Itulah beberapa hal yang harus kamu lakukan agar kamu bisa menjadi pribadi yang dewasa di tahun ini.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here