5 Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, Terbaru, Mudah dan Tanpa Ribet

0
5 Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, Terbaru, Mudah dan Tanpa Ribet
Ilustrasi tutorial 5 cara mudah cek saldo BPJS Ketenagakerjaan

Bingung cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan? Tentunya Anda familiar dengan BPJS. BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Nasional adalah asuransi kesehatan dan pensiun yang wajib dimiliki setiap warga Indonesia.

BPJS adalah jaminan kesehatan yang bersifat universal, namun patut disayangkan karena tidak semua orang benar-benar memahami BPJS dan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Karena itulah, di sini akan dibahas pengertian BPJS, kedua jenis BPJS yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, dan juga cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Selamat membaca.

Pengertian BPJS

BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS berperan untuk menjamin kesejahteraan rakyat Indonesia dalam hal kesehatan dan ekonomi.

Program jaminan sosial ini memiliki keuntungan dibandingkan asuransi pada umumnya. BPJS lebih mudah diakses karena semua warga negara Indonesia wajib mempunyai BPJS. Iuran yang harus dibayar per bulan pun lebih terjangkau. Terlebih lagi, BPJS juga merupakan sebuah investasi untuk hari tua dengan program Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS memiliki dua kategori yaitu BPJS Kesehatan yang wajib untuk semua rakyat Indonesia dan BPJS Ketenagakerjaan yang diwajibkan untuk pekerja yang menerima upah atau gaji. Cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan dengan mudah.

Program BPJS Ketenagakerjaan

1. Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

JKK menjamin pekerja dari risiko kecelakaan yang berkaitan dengan kerja, termasuk risiko penyakit karena pekerjaan atau kecelakaan dalam perjalanan dari dan ke tempat kerja. JKK dapat diklaim sampai 2 tahun setelah terjadinya kecelakaan.

Iuran JKK dihitung berdasarkan tingkat risiko lingkungan kerja dan dibayarkan oleh pemberi upah. Semakin tinggi tingkat risikonya, semakin tinggi pula iurannya.

2. Program Jaminan Kematian (JKM)

JKM dicairkan ketika peserta meninggal dunia yang tidak disebabkan karena kecelakaan. Iuran JKM adalah sebesar 0,3% dari upah atau gaji setiap bulan. Bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang tidak menerima upah, iurannya sebesar Rp 6.800,00 per bulan.

Baca Juga  Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang, 12 Tahapan Lengkap dan Penjelasannya

Ahli waris akan menerima JKM dalam bentuk tunai. Bentuk jaminan yang diterima adalah santunan sekaligus dan berkala, biaya pemakaman, beserta beasiswa pendidikan untuk dua orang anak dari peserta BPJS yang meninggal dunia.

3. Program Jaminan Hari Tua (JHT)

Fungsi JHT yakni mengantisipasi masalah kesehatan dan finansial yang mungkin timbul setelah seorang pekerja pensiun. Pekerja akan menerima JHT saat mencapai umur 56 tahun, mengalami PHK dan tidak bekerja setelahnya, akan pindah ke luar negeri dan tidak kembali ke Indonesia, atau mengalami cacat permanen sehingga harus berhenti bekerja.

Jika pekerja meninggal dunia sebelum umur 56 tahun, dana tersebut akan dicairkan kepada pihak tertentu yang berhak, seperti janda atau duda, saudara kandung, anak, cucu, atau mertua.

Sekarang JHT bisa diambil walaupun Anda belum berusia 56 tahun. Namun, Anda hanya bisa mengambil maksimal 30% untuk biaya perumahan dan 10% untuk persiapan masa pensiun. Sisa saldo JHT bisa dicek dengan cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang akan dijelaskan di bawah.

Setiap pekerja membayar iuran JHT berupa 2% dari upah, sedangkan pemberi upah membayar 3,7%. Pembayaran paling lambat tanggal 15 setiap bulan dan jika terlambat akan didenda sebesar 2% dari jumlah iuran.

Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Setiap tahun, BPJS akan mengirimkan informasi saldo BPJS Ketenagakerjaan kepada pekerja. Tetapi, Anda tidak perlu menunggu sampai dokumen tersebut dikirim kepada Anda. Ada beberapa cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui internet, SMS, aplikasi BPJS, ataupun langsung ke kantor BPJS.

Baca Juga  [Infografik] Data Beban Berat Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan 100 Persen

Berikut adalah beberapa alternatif cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJS

Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJS BPJSTKU via android atau IOS
Ilustrasi instalasi aplikasi BPSJ Ketenagakerjaan BPJSTKU

Pertama-tama, unduhlah aplikasi BPJSK Mobile terlebih dahulu ke telepon Anda. Aplikasi tersebut dapat digunakan di sistem operasi Android, iOS, dan BlackBerry dan gratis.

Setelah mengunduh aplikasi BPJSK Mobile, Anda harus melakukan registrasi untuk mendapatkan PIN. Syaratnya adalah sebagai berikut:

  1. Nomor KPJ di kartu BPJS Ketenagakerjaan
  2. NIK
  3. Tanggal lahir
  4. Nama

Setelah melakukan registrasi, Anda bisa mengecek saldo lewat BPJSK Mobile. Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat BPJSK Mobile adalah cukup dengan membuka aplikasi.

Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Website

Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
Ilustrasi cek saldo BPJS via website BPJS Ketenagakerjaan

Jika Anda tidak dapat mengunduh aplikasi BPJSK Mobile, ada cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan lain yang bisa dilakukan melalui internet. Anda bisa melihat jumlah saldo lewat situs resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Setelah membuka sso.bpjsketenagakerjaan.go.id Anda perlu melakukan registrasi. Di laman pendaftaran Anda harus mengisi formulir. Berikut adalah data yang dibutuhkan untuk mengisi formulir:

  1. Nomor KPJ yang tertera di kartu BPJS Ketenagakerjaan
  2. NIK
  3. Tanggal lahir
  4. Nama lengkap
  5. Nama ibu kandung
  6. Nomor telepon
  7. Email

Setelah registrasi, Anda akan mendapatkan PIN aktivasi yang akan dikirimkan melalui email dan nomor telepon yang Anda daftarkan. Jika sudah mendaftar, Anda dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui situs sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah lewat menu layanan. Untuk mengaksesnya, Anda perlu:

  1. Isi alamat email dan password
  2. Di menu layanan, pilih cek saldo JHT
  3. Masukkan PIN yang dikirim lewat SMS dan email
  4. Saldo Anda akan ditunjukkan di layar

Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui SMS

Pertama, Anda harus mendaftar dulu lewat SMS dengan mengirim SMS ke 2757 dengan format:

Baca Juga  Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan, Naik Jadi Rp160.000?

Daftar (spasi) SALDO#NO KTP#TANGGAL LAHIR(HH-BB-TTTT)#NO PESERTA#EMAIL(jika punya)

Setelah mendaftar, Anda akan menerima balasan yang berisi beberapa layanan. Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan mengirim lagi SMS ke 2757 dengan format di bawah ini:

SALDO (spasi) NO PESERTA

Di dalam SMS balasan yang Anda terima, Anda akan melihat saldo BPJS dan tanggal iuran terakhir.

Layanan ini memiliki kelebihan yaitu bisa juga digunakan untuk mengganti PIN BPJS. Kekurangannya adalah per SMS dikenai tarif Rp 165.

Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui ATM BNI

Petunjuk Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui ATM BNI
Ilustrasi pengecekan saldo BPJS melalui ATM BNI

Apakah Anda nasabah BNI? Jika iya, Anda bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat ATM BNI terdekat. Di ATM, pilihlah menu cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan
Ilustrasi cara pengecekan saldo BPJS melalui kantor BPJS terdekat via lamposco

Jika tidak bisa menggunakan keempat cara di atas, ada cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lainnya yaitu langsung mendatangi kantor BPJS terdekat. Hanya dengan menunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda, petugas akan mencetak slip saldo BPJS untuk Anda.

Cara ini kurang praktis karena Anda harus ke kantor BPJS. Tetapi, kelebihannya adalah cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan paling bisa diandalkan. Jika Anda tidak mengetahui di mana kantor BPJS yang terdekat dengan Anda, tinggal mencari di internet.

Sekarang Anda sudah memahami semua yang perlu Anda ketahui mengenai BPJS Ketenagakerjaan. Mulai dari definisi, komponen, sampai cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Semoga bermanfaat.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here