4 Jenis Passive Income Modal Tenaga

0

KabarUang.com, Jakarta – Seperti yang kita ketahui bahwa ada dua hal yang mendasar dari passive income. Passive income bisa didapat dengan modal uang ataupun tenaga. Modal uang bisa dicontohkan seperti investasi. Sedangkan passive income bermodal tenaga adalah penghasilan yang didapat setelah menginvestasikan tenaga atau waktu.

Ilustrasi via Cara Investasi Bisnis

Berikut ini 4 jenis passive income modal tenaga :

1. Menjual foto stok

Bagi anda yang memiliki hobi fotografi, anda bisa menjual foto yang anda miliki untuk mendapatkan passive income. Ternyata foto yang anda hasilkan bisa dijual secara online. Sistemnya yakni anda memasukkan foto yang sudah anda ambil ke marketplace yang menjual foto-foto.

Jika ada orang yang membeli foto anda, maka anda akan mendapatkan komisi. Karena ini merupakan produk digital, satu foto yang anda jual bisa dibeli berulang-ulang kali. Untuk menjual fotomu, anda bisa mengunjungi situs foto stok premium seperti shuter stock, getty image, 123rf, dan masih banyak lagi. Setelah itu, anda mendaftar diri sebagai kontributor, lalu ikuti skema pendaftarannya. Rata-rata anda akan mendapatkan komisi sebesar 20 hingga 60% dari hasil penjualan foto.

Baca Juga  E-Commerce Kini Mulai Berburu Konsumen Dengan Perang Promo Bulan Ramadan

2. Membuat e-book atau panduan kursus online

Selanjutnya anda juga bisa mendapatkan passive income dengan membuat panduan online kursus atau e-book. Sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, e-book yang anda buat, bisa dijual berulang kali tanpa anda harus mencemaskan inventori dan pengiriman barangnya.

Proses pembuatan e-book ini hampir sama dengan pembuatan buku biasa, yakni anda harus research topic, menetukan topik, target pembaca lalu dilanjutkan dengan proses menulis selesai. Selanjutnya anda bisa menjual e-book anda melalui situs yang sudah ada seperti google play, amazon kindle, dan payhip. Di Indonesia juga anda bisa menjual e-book di market place seperti Tokopedia dan Lazada. Rata-rata penghasilan yang akan anda dapatkan adalah 35 hingga 70% dari hasil penjualan.

Baca Juga  Rupiah Sedang Melemah ke Angka Rp14.081/USD Pasca Isu BI Turunkan Suku Bunga

Sedangkan untuk pembuatan video kursus online bisa anda jual di situs udemy.com. Udemy memberikan keuntungan sebesar 35 hingga 90% bagi instrukturnya. Udemy juga menyediakan studio untuk proses shooting pembuatan videonya. Jadi, yang anda butuhkan adalah tenaga dan usaha di awal.

3. Sewaan property atau kendaraan

Apakah anda memiliki kendaraan yang tidak digunakan atau ruangan kosong dirumah yang tidak digunakan? Di zaman ini kita bisa dengan mudah menyewakan kendaraan kita atau ruangan kosong yang kita miliki untuk mendapatkan passive income. Untuk solusi digital menyewakan mobil ada platform yang bernama movic. Disini anda bisa menyewakan mobil di hari-hari tertentu saja.

Apabila anda memiliki kamar kosong atau ruangan kosong, anda bisa memasarkannya lewat airbnb.com. Jadi, nantinya tamu bisa meyewakan kamar kosong atau ruangan kosong yang anda miliki. Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar 20% dari transaksi yang anda dapatkan.

Baca Juga  3 Cara Investasi Saham Bagi Pemula

4. Menjadi Youtuber

Para youtuber menghasilkan passive income dari iklan google yang selalu muncul di awal atau tengah video. Setiap kali iklan mucnul, youtuber mendapatkan komisi. Namun, iklan ini tidak akan langsung aktif. Anda harus memiliki minimal 1000 subscriber dan video kita sudha ditonton selama 4.000 menit selama kurun waktu 12 bulan kebelakang.

Itulah beberapa jenis passive income modal tenaga atau waktu yang bisa anda lakukan dari rumah.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here